Perbandingan Komposisi Premi Harus Tepat

Asuransi

Jika kita lihat di lapangan, ternyata banyak sekali nasabah asuransi unit link yang seharusnya sudah mengetahui segala sesuatunya tentang asuransi unit link, ee…. Ternyata malah tidak tahu apa – apa. Ini sangat saya sayangkan karena orang mengambil keputusan seharusnya sudah mempelajari pengetahuan wajib tentang asuransi unit link dan melalui pertimbangan yang tepat.

Orang bisa membuat pertimbangan kalau dia sudah memahami apa yang direncanakan. Kondisi di atas dapat dimanfaatkan oleh pihak – pihak yang tidak bertanggung jawab.

APASAJA KOMPOSISI PREMI

Apapun asuransi unit link yang anda ikuti, premi yang akan anda bayarkan biasanya terdiri dari 2 bagian yaitu premi berkala dan premi tabungan ( premi saver ). Masing – masing perusahaan asuransi kemungkinan berbeda dalam memberikan istilah terhadap kedua jenis premi tersebut.

Contoh, jika anda mengikuti asuransi unit link dengan premi Rp. 500.000, maka dari jumlah tersebut akan dipecah ke dalam dua bagian, misalnya Rp. 250.000 untuk premi berkala dan Rp. 250.000 untuk premi tabungan ( premi saver ).

Itulah yang saya maksud dengan komposisi premi. Komposisi premi tersebut sifatnya adalah fleksibel, artinya perbandingan antara premi berkala dengan premi tabungan dapat direkayasa, sehingga perbandingan ini bisa berbeda antara nasabah yang satu dengan nasabah yang lain.

Dalam menentukan perbandingan komposisi premi ini biasanya merupakan inisiatif agen, namun calon nasabah seharusnya juga memahami sehingga dapat memberikan masukan kepada agen.

Kadang – kadang jika agen asuransinya nakal dan calon nasabahnya awam tentang asuransi unit link, mereka membuat perbandingan kedua premi tersebut menjadi tidak proporsional sehingga menguntungkan agen saja dan merugikan nasabah, karena agen asuransi mendapatkan komisi dari premi berkala.

Menetapkan perbandingan premi tersebut harus tepat karena ini akan mempengaruhi jumlah Uang Pertanggungan ( UP ) yang akan anda terima dan Tingkat hasil investasi yang anda rencanakan.

BAGAIMANA PERBANDINGAN YANG TEPAT?

Sudah saya jelaskan di atas, premi asuransi unit link itu terdiri dari premi berkala dan premi tabungan ( premi saver ). Juga sudah saya jelaskan bahwa perbandingan kedua premi tersebut juga mempengaruhi besarnya Uang Pertanggungan dan tingkat hasil investasi anda.

Jika anda berpikir perbandingan yang tepat adalah harus seimbang 50 % : 50 % , kalau menurut saya kemungkinan itu tidak tepat, karena untuk mendapatkan kombinasi manfaat asuransi unit link lengkap anda pasti diminta menambah premi berkalanya.

Jika premi tabungan dibuat terlalu tinggi, hasil investasi anda akan lebih tinggi tetapi hanya sedikit manfaat yang bisa anda dapatkan dari asuransi ini dan Uang Pertanggungannya pun akan kecil sekali. Berarti perbandingan semacam ini juga salah.

Jika premi berkala dibuat terlalu tinggi, maka anda akan mendapatkan kombinasi manfaat yang lebih lengkap dan Uang Pertanggungan ( UP ) yang lebih tinggi, namun hasil investasi anda akan kecil sekali sehingga anda tidak akan dapat merencanakan dana pendidikan dan dana pensiun anda.

Lalu bagaimana perbandingan yang tepat?

Intinya, menetapkan besaran alokasi premi harus dapat membuat investasi bisa kembali pada tahun yang telah direncanalkan. Saya tekankan anda harus memahami tentang konsep premi ini SEBELUM MEMUTUSKAN MEMBELI ASURANSI UNIT LINK, ada banyak kasus alokasi premi ini tidak proporsional. Sehingga tingkat pengembalian investasi kecil sekali, ini berarti masa pengembalian investasi akan lebih lama dari yang direncanakan.

Pelajari : Rahasia Membeli Asuransi Unit Link Yang Menguntungkan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *