HOME
Email Autoresponder
Home » Penyakit Ginjal » Penyakit Ginjal Pengertian Dan Macamnya

Penyakit Ginjal Pengertian Dan Macamnya

Posted at April 19th, 2017 | Categorised in Penyakit Ginjal

Pengertian Penyakit Ginjal

Penyakit ginjal adalah suatu kondisi dimana fungsi ginjal tidak dapat bekerja dengan semestinya sehingga ginjal tidak dapat membuang sisa metabolisme yang terjadi pada tubuh manusia. Yang terjadi kemudian adalah sisa metabolisme yang tidak dapat dikeluarkan akan menjadi racun bagi tubuh manusia.

Akibat lebih lanjut dari kondisi tersebut, gejala penyakit ginjal yang kemudian dirasakan adalah merasa mual, muntah, sakit kepala yang hebat hingga kesadaran menurun.

Pada kondisi ini penyakit ginjal yang dirasakan sudah mencapai tahap gagal ginjal . Cairan yang tidak bisa keluar dari tubuh akan menyebabkan terjadinya penumpukan cairan di seluruh rongga tubuh sehingga terjadi sembab dan sesak nafas. Bila tidak segera diatasi , penyakit ginjal yang sudah mencapai tahap gagal ginjal tersebut dapat menemui kematian.

Macam – Macam Penyakit Ginjal

Penyakit ginjal dibagi menjadi 2 golongan yaitu penyakit ginjal akut yang timbul secara tiba – tiba dalam hitungan hari atau minggu, dan penyakit ginjal kronik yang timbul perlahan secara menahun. Secara terperinci, macam – macam penyakit ginjal adalah sebagai berikut :

  • Pyelonephritis. Penyakit ginjal ini terjadi karena infeksi dan peradangan jaringan ginjal dan renal pelvis ( ruang yang terbentuk dari perluasan ujung atas ureter tubulus yang menyalurkan urin ke kandung kemih ).
  • Glomerulonephritis. Penyakit ginjal jenis initerjadi karena adanya peradangan sebagian glomeruli ginjal.
  • Batu ginjal. Disebut juga Renal Calculus, Plural Renal Calculi. Penyakit ginjal jenis ini terjadi karena terkumpulnya mineral dan benda organik yang membentuk seperti batu yang melumpuhkan fungsi ginjal.
  • Gagal ginjal. Disebut juga Renal Failure. Penyakit ginjal jenis ini terjadi karena hilangnya sebagian atau keseluruhan fungsi ginjal. Gagal ginjal dibagi menjadi 2 yaitu : gagal ginjal akut ( serangannya tiba – tiba ) dan gagal ginjal kronis ( serangannya lambat menahun ).

Demikianlah sekilas pembahasan tentang penyakit ginjal, mudah – mudahan bermanfaat. Jangan lupa, temukan kumpulan artikel lainnya pada halaman selanjutnya.

INFO :

Asuransi unit link menghindarkan anda dari risiko kerugian finansial akibat penyakit ginjal. Pelajari rahasia membeli asuransi prudential Indonesia unit link. Pelajari informasi selanjutnya tentang asuransi prudential.

No comment for Penyakit Ginjal Pengertian Dan Macamnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Related Post to Penyakit Ginjal Pengertian Dan Macamnya

obat batu ginjal

Cara Membuat Ramuan Obat Batu Ginjal Tradisional

Posted at April 20, 2017

Obat batu ginjal. Hal pertama yang penting untuk dilakukan oleh penderita batu ginjal adalah bagaimana dapat mengatur pola makan yang tepat... Read More

mencegah penyakit ginjal

Cara Cerdas Mencegah Penyakit Gagal Ginjal

Posted at April 19, 2017

Mencegah penyakit ginjal atau gagal ginjal sama halnya melakukan langkah – langkah yang dapat menjauhkan diri dari risiko terkena gagal ginjal.... Read More

obat gagal ginjal

Obat Gagal Ginjal Murah Tapi Manjur

Posted at April 19, 2017

Obat gagal ginjal. Jika mendengar istilah gagal ginjal sepertinya mengerikan sekali, ini termasuk jenis penyak it ginjal yang berbahaya. Sesuai namanya,... Read More

gejala penyakit ginjal

Gejala Penyakit Ginjal Sering Luput Dari Perhatian

Posted at April 19, 2017

Gejala penyakit ginjal. Berbicara mengenai penyakit ginjal, ternyata cakupannya masih terlalu umum, karena penyakit ginjal itu banyak macam dan jenisnya. Jika... Read More

fungsi ginjal pada manusia

Fungsi Ginjal Bagi Tubuh Manusia

Posted at April 19, 2017

Fungsi Ginjal Fungi Ginjal. Fungsi ginjal bagii tubuh manusia sangat vital, oleh karena itu jika ginjal mengalami kerusakan maka akan menimbulkan... Read More


error: !