Pengertian Definisi Apa Itu Penyakit Wasir / Ambeien

definisi pengertian wasir ambeien

Apa itu penyakit wasir / ambeien. Berikut ini pengertian definisi penyakit wasir dan cara mengobatinya.

 

PENGERTIAN / DEFINISI APA ITU WASIR ( AMBEIEN )

Apa itu wasir ? Kita tentu pernah atau bahkan sering mendengar tentang penyakit wasir. Untuk memperjelas pemahaman kita tentang penyakit wasir, berikut ini kami ulas singkat tentang wasir / ambeien. Kami juga membagikan resep tradisional cara mengobati wasir.

Pengertian Wasir atau hemoroid adalah pembengkakan yang berisi pembuluh darah yang membesar yang terjadi di dalam rektum atau di dalam anus. Kebanyakan hemoroid adalah penyakit ringan dan bahkan tidak menimbulkan gejala.

Dari pengertian atau definisi wasir ( ambeien ) dia atas, awalnya wasir memang bukan termasuk jenis penyakit berbahaya dan mematikan. Namun jika tidak segera diobati akan berpotensi menjadii parah, dalam kondisi tersebut … tentu akan menjadi penghalang bagi yang rutin beraktifitas, sehingga harus segera dicarikan solusinya.

 

JENIS WASIR

Jika di atas kita sudah membahas tentang pengertian apa itu wasir atau ambeien, untuk melengkapi definisi penyakit wasir, berikut ini adalah penjelasan tentang jenis wasir / ambeien :

  • Wasir Internal. Seperti namanya, wasir internal merupakan wasir yang pembengkakanya terjadi area dalam anus. Dan kondisinya terkadang tidak menimbulkan rasa sakit yang berarti pada tubuh anda. Wasir internal dapat dikenali dengan adanya pendarahan ketika anda buang air kecil.
  • Wasir Eksternal. Apa itu wasir eksternal? Wasir eksternal akan timbul dibagian bawah anus. Hemorrhoid jenis ini sangat mudah terlihat dan sangat mudah tergambarkan. Sehingga saat melakukan pengobatan pun dokter sudah dapat mendiagnosisi kondisi yang sedang kamu alami. Gejala yang umum terjadi pada wasir eksternal adalah rasa gatal dengan disertai rasa sakit pada bagian anus. Terkadang pembengkakan yang cukup keras akan menimbulkan rasa sakit sehingga membuat anda merasa tidak nyaman.

 

GEJALA PENYAKIT WASIR

Untuk mengetahui apakah seseorang sedang mengalami penyakit wasir, atau ambeien dapat dikenali dari ciri – ciri atau gejala yang muncul atau kondisi yang dirasakan seperti berikut ini :

  • Benjolan tergantung di luar anus. benjolan ini bisa kembali ke dalam setelah buang air besar, terkadang harus didorong ke dalam.
  • Mengalami gatal-gatal di sekitar anus.
  • Terdapat lendir setelah buang air besar.
  • Pendarahan setelah buang air besar. Warna darah berwarna merah terang.
  • Pembengkakan, rasa nyeri, dan kemerahan di sekitar anus.

 

CARA MENGOBATI WASIR / AMBEIEN SECARA ALAMI TRADISIONAL

Seseorang yang mengalami gejala penyakit wasir sering menjadi panik, apa yang dibayangkan adalah bagaimana cara mengobatinya, apakah harus dengan tondakan operasi oleh dokter.

Yang ditakutkan orang jika mengalami wasir adalah jika diharuskan operasi. Namun kabar baiknya, ada cara tradisional untuk mengobati wasir atau ambeien. Caranya cukup memanfaatkan lidah buaya. Baca : lidah buaya untuk mengobati wasir

 

MENURUNKAN RISIKO WASIR

Untuk mendukung pengobatan penyakit wasir, kita juga perlu melakukan hal – hal yang dapat membantu pengobatan dan menurunkan risiko penyakit wasir. Diperlukan juga perubahan dalam gaya hidup sehari – hari seperti di bawah ini :

  • Meminum banyak air putih. Kurangi mengonsumsi kafein dan minuman beralkohol.
  • Menambah asupan serat di dalam makanan: buah, sayuran, beras merah atau beras cokelat, biji-bijian, kacang-kacangan, dan biji-bijian utuh.
  • Tidak menunda untuk buang air besar. Sebaliknya, jika mengabaikan dorongan untuk buang air besar, bisa membuat tinja keras dan kering hingga memaksa kita harus mengejan saat buang air besar.
  • Berolahraga secara teratur: Bisa mencegah terjadinya konstipasi, menurunkan tekanan darah, dan membantu menurunkan berat badan.
  • Menurunkan berat badan.
  • Menghindari obat-obatan yang menyebabkan konstipasi seperti obat pereda rasa sakit yang mengandung kodein.

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: dilarang meng copy bro !!