HOME
Email Autoresponder
Home » Wordpress » Pengertian Apa Itu Plugin Pada Blog WordPress

Pengertian Apa Itu Plugin Pada Blog WordPress

Posted at June 7th, 2018 | Categorised in Wordpress

Pengertian plugin Wordpress berikut ini akan memperjelas pemahaman anda tentang apa itu plugin WordPress, fungsi ataupun peruntukannya.

 

PENGERTIAN PLUGIN WORDPRESS

Plugin WordPress sebenarnya merupakan istilah yang populer ketika kita memasuki dunia blogging, khususnya untuk platform WordPress. Jika pada halaman sebelumnya kita sudah mempelajari cara membuat blog di WordPress dan cara membuat blog dengan blogger (blogspot), maka jika anda membuat blog berbasis WordPress, pembahasan tentang pengertian plugin WordPress berikut ini wajib anda pelajari.

Pengertian plugin Wordpess menurut pengertian saya pribadi adalah aplikasi tambahan yang bisa dipasang atau ditambahkan pada instalasi blog WordPress untuk tujuan menambah fitur blog sesuai dengan keinginan pemilik blog.

Plugins WordPress juga bisa diartikan sebagai script tambahan yang dirancang untuk melakukan fungsi tertentu di WordPress Anda. Fungsi tambahan dari Plugin inilah yang membuat WordPress menjadi powerful saat membuat Website. Ada begitu banyak jenis varian Plugins yang dapat ditambahkan ke WordPress Anda untuk menambah fungsional dari Website Anda. Setiap jenis varian Plugins memiliki fungsi spesifik yang berbeda antara satu plugin dengan yang lainnya.

Pengertian Plugin Menurut WordPress :

Plugin WordPress yaitu sebuah program tambahan yang bisa diintegrasikan dengan WordPress untuk memberikan fungsi-fungsi lain yang belum tersedia pada instalasi standar, bisa di sebut juga sebuah atau seperangkat program aplikasi tambahan yang berisi fungsi script dalam bahasa PHP yang memberikan fitur-fitur atau layanan yang spesifik untuk meningkatkan fungsi dalam penggunaan blog wordpress, yang dapat digabungkan dengan blog menggunakan akses poin dan metode yang disediakan oleh wordpress.

Bagi anda yang pemula dan baru belajar cara membuat website , penting sekali memahami pengertian plugin tersebut terutama jika anda memiliih membuat blog dengan WordPress dengan hosting milik sendiri. Oh ya, perlu anda ketahui, untuk membuat blog WordPress bisa dilakukan dengan cara gratisan dan berbayar. Apa bedanya … jika membuat blog dengan WordPress gratisan dan dengan cara berbayar ( sewa hosting ).

Jika anda membuat blog WordPress gratisan, anda tidak bisa menambahkan plugin. Sedangkan jika anda membuat blog dengan WordPress berbayar, anda harus membeli domain dan hosting, kelebihannya … anda bisa menambahkan plugin sesuai dengan keinginan anda tentunya sesuai dengan kebutuhan.

 

FUNGSI PLUGIN WORDPRESS UNTUK APA AJA ?

Setelah di atas kita membahas tentang pengertian plugin WordPress, kita sedikit melangkah lebih jauh … membahas tentang fungsi dan kegunaan plugin WordPress. Fungsi plugin wordpress dalam pengelolaan blog WordPress ditujukan untuk berbagai alasan, antara lain adalah:

  • Memungkinkan pihak ketiga membuat tambahan kemampuan pada aplikasi wordpress
  • Mendukung fitur yang belum terlihat oleh para pengguna wordpress.
  • Mengurangi ukuran aplikasi wordpress
  • Memisah kode sumber karena tidak kompatibel dengan software yang berlisensi

Dari uraian fungsi plugin WordPress tersebut, dalam pemahaman sederhana … plugin berguna untuk menambahkan fitur pada situs WordPress sesuai dengan keinginan Anda. Dengan banyaknya plugin WordPress yang bertebaran di internet, plugin WordPress memiliki banyak sekali kegunaan yang berbeda-beda untuk memenuhi kebutuhan pengguna WordPress sehingga platform WordPress dapat digunakan untuk membuat berbagai macam website.

Seperti yang sudah dibahas dalam cara membuat blog , secara default ketika pertama kali Anda install maka blog hanya memiliki fitur yang minimal dan mungkin itu hanya bisa Anda gunakan untuk membuat situs seperti blog atau situs dengan kemampuan yang minimalis dan berjalan kurang maksimal. Tapi ketika Anda menambahkan plugin untuk optimasi SEO maka WordPress akan menjadi sangat powerfull dan siap bersaing di mesin pencarian. Atau ketika Anda ingin membutuhkan WordPress untuk membangun situs toko online maka Anda perlu untuk menginstall plugin eCommerce.

Berikut ini adalah beberapa contoh macam plugin WordPress dan peruntukannya :

  • Ketika Anda ingin membuat toko online maka Anda membutuhkan plugin WooCommerce.
  • Ketika Anda ingin WordPress ramah dengan mesin pencari Anda membutuhkan plugin SEO seperti All in One SEO atau SEO by Yoast.
  • Ketika Anda ingin meningkatkan keamanan WordPress Anda membutuhkan plugin Security seperti iThemes Security.
  • Ketika Anda ingin menambahkan fitur kontak Anda bisa menggunakan plugin Contact Form 7.
  • Dan masih banyak lagi…

Jadi intinya, plugin WordPress itu ditambahkan pada blog sesuai dengan kebutuhan, tentunya untuk mendukung tujuan pembuatan blog itu sendiri, sehingga blog memiliki fungsi sesuai yang diinginkan.

Selanjutnya pelajari : Plugin WordPress Terbaik Yang Harus Diinstall Pada Blog WordPress

No comment for Pengertian Apa Itu Plugin Pada Blog WordPress

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Related Post to Pengertian Apa Itu Plugin Pada Blog WordPress

cara membuat akun wordpress

Tutorial Lengkap Cara Membuat Akun WordPress

Posted at October 9, 2017

Cara membuat akun WordPress. Berikut ini tutorial lengkap cara membuat akun WordPress beserta gambar dan penjelasannya. Cara membuat akun WordPress merupakan... Read More

Tutorial Cara Membuat Blog Di WordPress Dengan Mudah

Posted at April 29, 2017

Cara membuat blog di wordpress.  WordPress merupakan platform blog yang paling banyak digunakan. Untuk membuatnya bisa dilakukan dengan cara gratis dan... Read More

Template Terbaik Blog WordPress Untuk Google Adsense

Posted at April 29, 2017

Template terbaik blog WordPress untuk Google Adsense. Untuk dapat menghasilkan dollar dari program Google Adsense, disamping harus mempunyai blog yang mapan... Read More

Plugin WordPress Terbaik Yang Harus Diinstall Pada Blog WordPress

Posted at April 29, 2017

Plugin wordpress terbaik. Apa itu plugin? secara sederhana plugin dapat didefinisikan sebagai aplikasi tambahan yang dapat diinstall pada blog wordpress dengan... Read More

cara posting artikel di wordpress

Cara Posting Membuat Artikel Pada Blog WordPress

Posted at April 28, 2017

Cara membuat artikel pada wordpress. Setelah sebelumnya kita belajar tentang wordpress, sudah tahu bagaimana cara membuat blog, juga telah memahami cara... Read More


error: !