Pengertian Apa Itu Hosting Dan Fungsinya

pengertian apa itu hosting dan fungsinya

Apa itu hosting? Berikut ini adalah pengertian hosting dan fungsinya, pelajari selengkapnya berikut ini.

 

PENGERTIAN HOSTING

Dalam dunia internet, istilah domain dan hosting tentu bukan hal yang asing lagi. Bagi anda yang memiliki blog atau website tentu juga sudah memahami tentang perangan hosting ini. lalu apa itu hosting? Berikut ini adalah penjelasan tentang pengertian apa itu hosting dan fungsinya.

Hosting adalah Tempat dimana anda akan menyimpan seluruh data dari Website anda,data yang disimpan dapat berupa gambar,suara,video, maupun tulisan. Jadi tempat penyimpanan/Hosting adalah sebuah Komputer yang hidup selama 24jam nonstop tanpa dimatikan, sehingga anda bisa mengakses website anda secara penuh dan terus-menerus dengan koneksi internet. Baca juga : pengertian domain

 

BEBERAPA ISTILAH DALAM HOSTING

Pada halaman cara membuat blog sudah disinggung tentang istilah dalam hosting ini. Jika di atas adalah pengertian apa itu hosting, di bawah ini juga penting untuk anda ketahui karena berhubungan erat dengan hosting itu sendiri, bahwa perlu anda pertimbangkan ketika ingin membeli layanan hosting.

1. Kapasitas Disk (quota)
Seperti Komputer pada umumnya yang memiliki Hard Disk (Tempat Penyimpanan) , maka Hosting juga memiliki batas dari penyimpanan data anda, anda bisa memilih ukuran dari Disk Space dengan paket-paket murah untuk anda yang sesuai dengan kebutuhan website anda.

2. Bandwith
Bandwith adalah banyaknya data pada jalur akses yang keluar masuk untuk mengakses website anda. Pada umumnya Bandwith ini dihitung dalam satuan “MB” (Mega Byte) jadi jika paket hosting yang anda pilih mempunyai Bandwith 2000MB, maka batas maksimal untuk mengakses website anda adalah 2000MB/Bulan, dan jika Website anda berukuran besar dalam segi isi dan data-nya, maka Bandwith akan berkurang dengan lebih cepat. Seperti halnya paket Internet pada Kartu GSM (seluler) yang selalu memberikan Bandwith pada kebutuhan akses internet anda. Kami juga menyediakan paket Hosting dengan Bandwith Melimpah, bahkan “UNLIMITED” dengan Harga yang sangat terjangkau.

 

FUNGSI HOSTING

Untuk melengkapi penjelasan tentang pengertian apa itu hosting dan fungsinya, maka setelah memahami pengertian hosting di atas… berikut ini adalah penjelasan tentang fungsi hosting.

Berikut ini adalah beberapa fungsi web hosting yang perlu anda ketahui :

1. Fungsi hosting sebagai tempat penyimpanan data

Fungsi hosting yang pertama adalah untuk menjadi tempat penyimpanan segala file yang dibutuhkan untuk memungkinkan suatu website atau aplikasi online milik pengguna dapat dijalankan oleh pengguna yang lainnya. Web hosting dapat diibaratkan sebagai sebuah perpustakaan, dengan situs atau data-data web sebagai sebuah buku. Perpustakaan menyediakan tempat, seperti rak, fasilitas seperti meja baca, dan akses seperti jam berkunjung yang memungkinkan seseorang untuk mengakses berbagai macam buku yang ada di perpustakaan tersebut. Web hosting, kurang lebih juga berfungsi seperti itu. Dengan penyimpanan ini para pengguna atau pemilik website dapat menyediakan data-data yang dibutuhkan oleh pengunjung website mereka.

2. Fungsi hosting sebagai alamat akses data situs

Fungsi hosting yang ini juga perlu anda ketahui, yaitu berfungsi sebagai redireksi akses situs dari DNS tertentu. Maksudnya begini, misalkan situsmu memiliki alamat “abcd.com”. Situs abcd tersebut memiliki alamat domain yang teregister ke dalam DNS tertentu. Saat kamu berusaha untuk mengakses situs tersebut, maka server atau penyedia domain dari situsmu tersebut akan mengakses alamat hosting yang kamu gunakan untuk menjalankan situsmu tersebut. Tanpa adanya web hosting, walaupun alamat situsmu terdaftar dalam list DNS yang kamu gunakan, akan tetapi web atau situsmu tidak akan dapat diakses. Bahkan mungkin akan memunculkan error tidak ada alamat terhubung dan semacamnya ketika kamu berusaha mengakses webmu tersebut.

3. Menjaga situs tetap online

Fungsi hosting yang ini tidak kalah penting, menjaga agar situs tetap online, karena tanpa hosting situs website anda tidak dapat online. Dengan mengaktifkan web hosting, maka situs yang kamu miliki akan tetap online selama penyedia layanan hosting yang kamu miliki tersebut senantiasa terjaga dengan baik. Dengan demikian situsmu pasti dapat diakses oleh siapa saja dan kapan saja tanpa perlu khawatir situsmu tiba-tiba akan mati. Pada beberapa kasus memang situsmu akan benar-benar mati, akan tetapi hal itu berpeluang lebih kecil apabila kamu menggunakan layanan yang berbayar dan memiliki garansi uptime sangat tinggi. Bila kamu ingin memiliki situs untuk kepentingan profesi, atau bisnis, maka sangat disarankan kamu menggunakan situs yang tahan banting, dalam arti dapat senantiasa online sekalipun banyak user yang melakukan akses dan lain sebagainya.

 

JENIS HOSTING

Sudah tahu bukan, pengertian apa itu hosting dan fungsinya? Setelah belajar cara membuat website, agar bisa online, kita perlu membeli layanan hosting … saatnya kita mempelajari jenis – jenis hosting. Jika anda ingin membeli layangan hosting, anda juga perlu mempertimbangkan perbedaan – perbedaan dari jenis hosting. Berikut ini adalah beberapa jenbis hosting yang wajib anda ketahui :

1. Shared Hosting

Shared Hosting adalah istilah yang digunakan untuk layanan web hosting di mana beberapa situs berbagi sumber daya dari web server yang besar. Banyak WordPress web hosting penyedia menawarkan shared hosting dengan harga yang sangat terjangkau berkisar dari $1,89 per bulan dan juga $3.89 per bulan. Shared web hosting adalah jenis pilihan yang termurah dan paling terjangkau dari web hosting lain seperti VPS atau Dedicated Server.

Karena biaya rendah, shared web hosting dianggap ideal untuk usaha kecil, blog, dan situs web portofolio. Kebanyakan pemula tidak perlu sesuatu yang lebih dari shared web hosting. Saya menyarankan untuk menjaga biaya tetap rendah ketika anda ingin memulai untuk bisnis online anda. Anda tidak perlu mengeluarkan uang untuk sumber daya yang anda tidak perlu.

2. Dedicated Hosting

Dedicated hosting adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan paket web hosting yang menyediakan dedicated server dengan sumber daya yang didedikasikan untuk klien tunggal. Dedicated hosting yang ideal untuk website WordPress dengan jumlah pengunjung yang sangat besar. Banyak Penyedia Layanan WordPress hosting menawarkan Hosting Dedicated Plan Shared dengan VPS hosting Plan.

3. VPS Hosting

VPS hosting adalah singkatan untuk Virtual Private Server hosting. Virtual Private Server hosting menawarkan mesin virtual untuk klien. Konsep virtualisasi mirip dengan shared hosting di mana satu komputer server dapat memiliki beberapa situs yang berjalan di atasnya. Namun, teknologi virtualisasi memungkinkan setiap account harus diperlakukan sebagai mesin sendiri dengan sumber daya sendiri yang berdedikasi dan sistem operasi.

Untuk Contoh: Dalam lingkungan shared hosting semua klien berbagi sumber daya dari komputer yang sama. Kebanyakan penyedia layanan shared hosting memiliki skrip yang membatasi sumber daya masing-masing klien, sehingga tidak ada satu klien yang menggunakan semua sumber daya. Namun, klien tidak dijamin sumber daya komputasi yang dapat berfluktuasi dari waktu ke waktu tergantung pada berapa banyak klien yang menggunakan sumber daya pada saat yang sama.

4. Cloud Hosting

Cloud Hosting adalah jenis hosting teknologi terbaru yang mungkin belum dapat Anda temui pada semua penyedia layanan web hosting. Cloud hosting adalah jenis hosting yang menggunakan teknologi konsep komputasi awan yang mempunyai kecepatan yang lebih baik dan terkenal lebih aman karena tidak hanya mengandalkan satu server saja melainkan menggunakan banyak server yang tersebar diberbagai titik dan berbagai negara. Hal inilah yang menjadikan cloud hosting terbukti lebih aman karena jika satu server tidak bekerja maka server lain akan menggantikan.

5. Managed Woredpress Hosting

Managed WordPress Hosting adalah jenis hosting yang di bangun khusus untuk menjalankan website dengan platform WordPress. Seperti yang kita semua tahu bahwa WordPress adalah platform website terpopuler dan menguasai semua jenis platform yang ada saat ini, dengan mengetahui hal tersebut banyak penyedia layanan hosting membangun server mereka khusus untuk pengguna WordPress

You May Also Like

1 Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: dilarang meng copy bro !!