Manfaat Khasiat Cengkih Untuk Kesehatan Dan Kecantikan

manfaat khasiat cengkih

Manfaat cengkih tidak sebatas untuk bahan rokok, ternyata cengkih / cengkeh bermanfaat untuk kesehatan.

Cengkih adalah tanaman asli Indonesia, banyak digunakan sebagai bumbu masakan pedas di Indonesia dan negara-negara Eropa, dan sebagai bahan utama rokok kretek khas Indonesia. Lebih dari itu khasiat cengkih juga besar dalam bidang pengobatan dan kesehatan.

Manfaat cengkih tidak terlepas dari kandungan obat di dalamnya. Cengkeh mengandung minyak asiri 16-20%, eugenol 80-82%, asetil eugenol, kariofilen, furfural, metal-amilketon, vanillin, kariofilen, tannin, gom, serat, air, asam galatanat, kalsium oksalat.

 

MANFAAT CENGKIH DALAM KESEHATAN

Berikut ini adalah beberapa khasiat dan manfaat cengkih dalam kesehatan yang perlu anda ketahui :

1. Membantu Mengobati Sakit Gigi

Minyak cengkeh telah digunakan berabad-abad lamanya untuk mengobati sakit gigi, ini adalah cara mengobati sakit gigi yang efektif. Caranya cukup mudah yaitu dengan menempatkan/mengoleskan minyak cengkeh tersebut pada lubang tempat sakit gigi. Hasilnya sangat luar biasa, kandungan zat yang terdapat pada cengkeh diyakini memiliki sifat antibiotik yang sangat ampuh dalam membunuh bakteri.

2. Mencegah bau mulut dan badan
Khasiat cengkih dengan wanginya yang khas akan membantu Anda dalam mengatasi bau mulut serta bau badan berlebih. Bisa jadi bau tidak sedap yang muncul dari tubuh Anda merupakan akibat dari jenis makanan yang Anda konsumsi.

3. Mencegah Peradangan

Berbagai zat aktif seperti flavanoid ditemui pada minyak asli cengkeh. Flavanoid bekerja dengan sifat anti inflamasinya sehingga akan mengurangi peradangan pada penyakit rematik misalnya. Rasanya yang hangat juga bisa menjadi ekspektoran untuk mengobati berbagai kondisi gangguan saluran pernapasan.

4. Mengatasi pilek

Jika anda pilek, ada baiknya anda mencampurkan minyak cengkeh dengan madu lalu meminumnya satu – dua kali satu hari untuk memberikan efek hangat. Selain itu mengoleskan minyaknya pada hidung juga dapat membantu meringankan pilek.

5. Mengatasi mual dan Muntah

Cengkeh memiliki berbagai kandungan yang sangat ampuh untuk mengatasi mual dan muntah, selain cengkeh, minyaknya juga ampuh untuk mengatasi keluhan mual dan muntah ini.

6. Mengatasi Sinusitis

Ada berbagai penelitian yang mengaitkan antara manfaat cengkeh dengan masalah sinusitis. Cara pemanfaatannya adalah dengan memanfaatkan bubuk cengkeh dan meletakkannya di bagian dalam hidung.

7. Meredakan batuk

Mengunyah cengkeh dapat menyembuhkan batuk yang disebabkan oleh gatal yagn terdapat di tenggorokan. Rasanya mungkin sedikit getir dan ada pahitnya, tetapi kandungan kimia dalam cengkeh adalah ekspektoran alami yang mengencerkan dahak.

8. Menjaga tubuh tetap hangat

Cengkeh merupakan salah satu herbal yang dapat menjaga tubuh agar tetap hangat baik jika di kunyah secara langsung ataupun dengan mengoleskan minyak di bagian tubuh yang dingin juga sangat efektif memberikan rasa hangat.

9. Meringankan Infeksi saluran pernafasan

Cengkeh memiliki berbagai kandungan antioksidan dan berbagai zat yang dapat menghilangkan rasa sakit serta membunuh kuman yang menyebabkan infeksi saluran pernafasan.

10. Meningkatkan sistem pencernaan

Cengkeh membantu mengendurkan lapisan kelancaran saluran pencernaan, sehingga mereka membantu meringankan muntah, diare, gas usus dan sakit perut. Namun pengunaannya harus diperhatikan karena mereka memiliki zat yang cukup kuat sehingga dapat mengiritasi lambung. Baca juga : cara mengatasi sakit maag

11. Menyehatkan jantung

Sudah sejak lama penyakit jantung menjadi momok menakutkan penduduk dunia. Kandungan Eugenol pada cengkeh berfungsi untuk mencegah pembekuan pada darah yang mencegah terjadinya penyakit jantung dan stroke.

12. Mengatasi ketombe
Minyak cengkeh juga sangat efektif sekali dalam mengatasi masalah ketombe. Caranya yaitu anda tinggal oleskan minyak cengkeh pada rambut dan kulit kepala. Minyak cengkeh akan mencegah kulit kepala mengelupas yang merupakan penyebab utama munculnya ketombe.

13. Mengatasi jerawat
Minyak cengkeh juga merupakan salah satu minyak yang sangat ampuh untuk mengatasi masalah jerawat. Minyak cengkeh bersifat anti-mikroba yang dapat membunuh bakteri penyebab jerawat. Untuk menggunakannya sangat mudah sekali, anda cukup mengoleskan minyak cengkeh pada kulit anda yang berjerawat. Dengan demikia, kuman akan mati dan jerawat akan sembuh.

14. Sebagai kondisioner yang menurtrisi rambut
Minyak cengkeh juga dapat anda jadikan sebagai kondisioner untuk menutrisi rambut. Minyak cengkeh akan menutrisi serta mengatasi berbagai masalah pada rambut seperti rambut kering, kusam, bercabang dan lain sebagainya. Minyak cengkeh juga membantu rambut menjadi lebih hitam berkilau.

15. Mengatasi bekas luka atau goresan pada kulit
Memiliki bekas luka atau goresan pada kulit memang sangat menggagu penampilan, terlebih jika bekas luka tersebut terdapat pada kulit wajah. Nah anda dapat mengatasi bekas luka dengan menggunakan minyak cengkeh. Caranya anda cukup rajin mengoleskan minyak cengkeh pada bekas luka atau goresan luka tersebut.

16. Menghilangkan noda atau flek hitam pada kulit wajah
Noda atau flek hitam pada kulit memang sangat mengganggu sekali, noda hitam membuat wajah menjadi kusam dan gelap, sehingga membuat kita menjadi tidak percaya diri. Namun anda tak perlu khawatir, masalah noda atau flek hitam dapat diatasi dengan menggunakan minyak cengkeh. Cara menggunakannyapun sangat mudah sekali, yaitu anda oleskan minyak cengkeh pada kulit anda yang terdapat noda atau flek hitam. Baca juga : cara memutihkan wajah secara alami

17. Mengatasi rambut rontok
Berbicara masalah rambut, mungkin ingatan kita tertuju pada manfaat lidah buaya untuk rambut, ternyata tidak kita duga… cengkih juga memiliki khasiat untuk rambut. Minyak cengkeh juga sangat ampuh sekali untuk mengatasi masalah rambut rontok. Seperti yang kita ketahui, rambut rontok merupakan masalah serius serta momok yang sangat menakutkan sekali karena dapat menyebabkan kebotakan. Nah anda dapat mengatasi masalah rambut rontok dengan menggunakan minyak cengkeh. Caranya anda cukup mengoleskan minyak cengkeh pada rambut dan kulit kepala anda.

You May Also Like

About the Author: topTips

www.EdyUtomo.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: dilarang meng copy bro !!