HOME
Home » Penyakit Maag » Makanan Yang Tidak Boleh Dikonsumsi Penderita Maag Kronis

Makanan Yang Tidak Boleh Dikonsumsi Penderita Maag Kronis

Posted at December 19th, 2018 | Categorised in Penyakit Maag

Makanan yang tidak boleh dikonsumsi penderita maag kronis penting sekali kita ketahui agar penyakit maag tidak berkembang parah.

Makanan memang menjadi salah satu faktor yang dapat mempengaruhi perkembangan kesehatan apalagi jika sudah terserang penyakit seperti halnya maag kronis, jika makanan tersebut termasuk pantangan penyakit maag maka akan membuat penyakit maag semakin memburuk, tentu ini adalah jenis makanan yang tidak boleh dikonsumsi penderita maag. Disamping itu kita perlu membiasakan mengkonsumsi jenis makanan untuk sakit maag yang baik dan aman dikonsumsi.

makanan yang tidak boleh dikonsumsi penderita maag kronis

Makanan memang menjadi salah satu faktor yang dapat mempengaruhi perkembangan kesehatan apalagi jika sudah terserang penyakit seperti halnya maag kronis, jika makanan tersebut termasuk pantangan penyakit maag maka akan membuat penyakit maag semakin memburuk, tentu ini adalah jenis makanan yang tidak boleh dikonsumsi penderita maag. Disamping itu kita perlu membiasakan mengkonsumsi jenis makanan yang baik dan aman untuk penyakit maag.

Intinya sebenarnya kita wajib menghindari apa yang menjadi penyebab penyakit maag, dan membiasakan mengkonsumsi makanan yang baik untuk penyakit maag, syukur – syukur jenis makanan tersebut memberi dampak positif pada kondisi lambung. Lalu apa sih sebenarnya jenis makanan yang tidak boleh dikonsumsi penderita maag kronis?

JENIS MAKANAN YANG TIDAK BOLEH DIKONSUMSI OLEH PENDERITA MAAG KRONIS

Maag kronis merupakan penyakit maag yang terjadi secara berulang dan dalam jangka waktu yang lama. Jika anda menderita penyakit maag kronis, disamping pengobatan yang tepat penting sekali anda menjaga dan memperhatikan jenis makanan yang anda konsumsi, hindari dan tinggalkan makanan yang tidak boleh dikonsumsi penderita maag kronis, karena akan memperburuk kondisi penyakit maag anda.

Berikut ini adalah beberapa jenis makanan yang tidak boleh dikonsumsi penderita maag kronis :

  1. Semua jenis minuman bersoda. Tidak salah jika minuman bersoda termasuk ke dalam kategori makanan yang tidak boleh dikonsumsi penderita maag kronis. Minuman bersoda akan menghasilkan banyak gas dan membuat perut terasa kembung. Buat yang sehat, ini mungkin menjadi kegemaran, namun ini harus ditinggalkan buat anda yang menderita penyakit maag kronis.
  2. Makanan yang rasanya pedas.  Apapun itu jika makanan rasanya pedas, tinggalkan saja, ini memang jenis makanan yang tidak boleh dikonsumsi penderita maag kronis, anda akan merasakan reaksinya seketika. Ternyata makanan pedas bisa menyebabkan lambung terluka dan menyebabkan asam yang lebih tinggi. Rasa pedas dari cabai, paprika, dan rempah seperti lada akan memicu naiknya asam lambung dengan cepat. 
  3. Semua jenis minuman beralkohol. Ini juga merupakan pantangan maag kronis. Ada beberapa jenis minuman beralkohol yang mengandung asam tinggi. Kandungannya dapat menyebabkan asam lambung naik dan perutmu akan terasa nyeri dan melilit. Bahkan kalau tidak segera ditangani, tubuhmu akan terasa sangat lemas dan dehidrasi. Buat penderita maag kronis, tentu ini akan membuat semakin menderita. 
  4. Makanan atau minuman yang mengandung kafein. Tentu ini sudah menjadi pantangan penyakit maag yang sangat populer. Walaupun banyak referensi yang mengungkapkan manfaat kopi dan teh, ternyata mengkonsumsi teh dan kopi juga berdampak buruk pada kesehatan lambung, tentu ini juga menjadi makanan yang tidak boleh dikonsumsi penderita maag kronis. Mengonsumsi kopi atau teh setiap hari tidak baik untuk kesehatan lambungmu. Kandungan kafeinnya bisa meningkatkan asam lambung lho. Dan harus ditinggalkan jika anda mengalami penyakit maag kronis. 
  5. Semua jenis gorengan. Gorengan mungkin menjadi favorit anda, namun hati – hati … ini termasuk akanan yang tidak boleh dikonsumsi penderita maag kronis. Setiap makanan yang digoreng sebenarnya memiliki efek berbahaya untuk penderita maag, apalagi maag yang sudah kronis. Gorengan mengandung lemak jenuh yang bisa memicu asam lambung dan menyebabkan iritasi. Apalagi makan gorengan sambil lalap cabai, wah bakalan dobel tuh sakitnya. 
  6. Daging berlemak tinggi. Mengapa daging berlemak termasuk kategori jenis makanan yang tidak boleh dikonsumsi penderita maag kronis? Daging berlemak tinggi antara lain sapi, kambing, atau domba. Mereka harus kamu hindari. Kandungan lemaknya dapat bertahan lama di perut dan meningkatkan kemungkinan refluks asam, kondisi asam lambung naik ke kerongkongan. 
  7. Makanan yang memiliki kadar gula yang tinggi.  Kenapa makanan ini tidak boleh dikonsumsi penderita maag kronis? Selain tidak baik bagi penderita diabetes, makanan yang memiliki kadar gula yang tinggi juga tidak baik untuk penderita maag kronis. Lambung bisa mengalami luka dan iritasi akibat makanan yang mengandung gula tinggi. Di antaranya seperti kue kering, roti, minuman manis, kue tart, dan cokelat.

Anda mengalami penyakit maag yang tidak sembuh – sembuh?  pelajari bagaimana cara mengatasi penyakit maag secara alami tanpa obat

BENARKAH MIE INSTAN TIDAK BOLEH DIKONSUMSI PENDERITA MAAG?

Tentu anda pernah mendengar, “kalau punya penyakit maag jangan mengkonsumsi mie instan”. Ternyata pernyataan tersebut tidak salah, memang mie instan bisa berakibat buruk buat penderita maag, apalagi sudah kronis.

Mie instan terbuat dari tepung terigu yang mengandung karbohdirat tinggi dan bumbunya mengandung sodium yang tinggi. Berdasarkan hasil penelitian kandungan karbohidrat dan sodium yang tinggi inilah yang dapat memicu naiknya asam lambung ke arah kerongkongan karena pintu masuk yang menghubungkan lambung dan kerongkongan mengalami gangguan.

Naiknya asam lambung ini menimbulkan gejala berupa ulu hati terasa sakit, dada terasa panas atau rasa terbakar pada dada/kerongkongan, pada kasus tertentu penderitanya sulit membedakan apakah ini serangan jantung atau penyakit asam lambung. Oleh karena itu tidak berlebihan jika mie instan merupakan jenis makanan yang tidak boleh dikonsumsi penderita maag kronis.

TIPS BUAT PENDERITA MAAG KRONIS

Menderita penyakit maag kronis memang membuat segala sesuatunya harus diatur, tidak bisa sembarangan. Berikut adalah beberapa tips jika menghadapi sakit maag :

  1. Hindari konsumsi makanan yang dapat mengiritasi saluran pencernaan seperti makanan pedas, makanan yang banyak bumbu, mie instan, makanan terlalu panas.
  2. Cukupi asupan cairan.
  3. Konsumsi selalu makanan dengan menu seimbang secara teratur
    Hindari jenis makanan yang mengandung lemak tinggi karena lemak lebih lama dicerna dan mengakibatkan meningkatnya produksi asam lambung.
  4. Hindari makanan yang mengandung kafein seperti kopi, teh, coklat, minuman soda.
  5. Hindari stres dan selalu berpikir positif dan optimis.
  6. Hindari konsumsi obat penghilang sakit karena dapat memperparah keluhan, misalnya asam mefenamat.
  7. Biasakan konsumsi camilan di sela jam makan utama, seperti kurma, buah-buahan

No comment for Makanan Yang Tidak Boleh Dikonsumsi Penderita Maag Kronis

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Related Post to Makanan Yang Tidak Boleh Dikonsumsi Penderita Maag Kronis

makanan untuk sakit maag

Makanan Terbaik Untuk Penderita Penyakit Maag

Posted at July 7, 2017

Makanan untuk sakit maag. Jika kita mendengar tentang penyakit maag biasanya dihubungkan dengan faktor makanan, atau pola makan yang tidak teratur.... Read More

agar penyakit maag tidak kambuh

Agar Penyakit Maag Tidak Kambuh Saat Berpuasa

Posted at June 14, 2016

Agar penyakit maag tidak kambuh. Sakit maag menjadi pengalaman yang tidak menyenangkan bagi saya beberapa tahun yang lalu. Persoalan tenyang penyakit... Read More


error: !