mahalnya biaya pendidikan

Bagaimana Cara Mengantisipasi Mahalnya Biaya Pendidikan

Pendidikan

Mahalnya biaya pendidikan. Seiring dengan meningkatnya harga – harga barang yang berarti turunnya nilai uang rupanya juga sangat berpengaruh pada dunia pendidikan. Biaya pendidikan pada masing – masing sekolah dan perguruan tinggi jumlahnya bervariasi, namun kenaikan biaya pendidikan merupakan hal yang pasti.

mahalnya biaya pendidikan

Inflasi merupakan salah satu faktor penyumbang mahalnya biaya pendidikan di Indonesia. Jika kita menengok ke tahun – tahun lalu, tentunya biaya pendidikan akan lebih kecil dari tahun ini, yang berarti merupakan pelajaran bagi kita untuk memperhitungkan tingkat inflasi dan kenaikan biaya pendidikan anak dalam membuat perencanaan keuangan untuk keluarga.

Akibat mahalnya biaya pendidikan, sekarang ini dan banyaknya masyarakat yang berada dibawah garis kemiskinan tidak begitu peduli atau tidak memperhatikan pentingnya pendidikan bagi sang buah hatinya karena memang untuk makan sehari – hari aja susah. Sehingga tidak jarang pendidikan anak putus, anak tersebut hanya mendapat pendidikan sampai pada jenjang sekolah menengah pertama atau sekolah menengah atas. Padahal pemerintah ingin menuntaskan wajib belajar sembilan tahun, tidak ada lagi yang putus sekolah. Jika masalah ini tidak mendapat perhatian maka program tersebut tidak akan terealisasi.

Mahalnya biaya pendidikan di Indonesia perlu di antisipasi dengan membuat perencanaan keuangan yang lebih akurat dengan memperhitungkan faktor – faktor seperti biaya pendidikan sekarang, tingkat inflasi, usia anak sekarang, dan pada tahun ke berapa biaya tersebut dikeluarkan.

Ini sangat penting untuk menetukan jumlah biaya pendidikan yang harus dikeluarkan pada waktunya nanti. Dengan demikian setiap keluarga dapat mulai merencanakan berapa uang yang harus ditabungkan mulai sekarang untuk mengantisipasi mahalnya biaya pendidikan di Indonesia.

 

PERENCANAAN KEUANGAN TEPAT, MENGANTISIPASI MAHALNYA BIAYA PENDIDIKAN

Pendidikan di Indonesia masih merupakan investasi yang mahal namun harus tetap dipikirkan demi mewujudkan cita – cita anak,  sehingga diperlukan perencanaan keuangan yang tepat misalnya asuransi pendidikan yang harus mulai dipersiapkan sejak sekarang. Sebagai contoh, anda bisa mempelajari perhitungan asuransi pendidikan Prudential .

Mengingat anggung jawab orang tua sangatlah berat karena harus membiayai anak sejak dia lahir juga membiayai mahalnya biaya pendidikan sampai ke jenjang yang lebih tinggi, perlu juga memperhitungkan FAKTOR RISIKO.

Asuransi pendidikan saja tidaklah cukup jika hanya merencanakan biaya pendidikan untuk mengantisipasi semakin mahalnya biaya pendidikan, risiko sakit dan risiko meninggal … yang mengancam pencari nafkah juga wajib diperhitungkan. Lalu asuransi pendidikan yang baik itu seperti apa?

JAWABNYA : tentu asuransi pendidikan yang disamping memberikan jaminan dana pendidikan buat anak, juga memberikan asuransi jiwa sekaligus asuransi kesehatan buat orang tua yang mencari nafkah. Jenis asuransi ini bisa anda dapatkan jika anda membeli Asuransi Unit Link .

Dengan begitu, walaupun orang tua mengalami risiko sakit yang biaya pengobatannya besar, dana pendidikan anak tetap terjamin walaupun semakin mahalnya biaya pendidikan. Atau jika orang tua meninggal, santunan dan nilai tunai investasi cukup untuk menjamin dana pendidikan anak. Keluarga juga bisa melanjutkan hidupnya karena nilai tunai investasi dapat dimanfaatkan sebagai jaminan hari tua atau dana pensiun . Pelajari selengkapnya : Panduan Asuransi Unit Link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *