Khasiat Manfaat Kentang Untuk Kesehatan Yang Tidak Terduga

manfaat khasiat kentang

Manfaat kentang untuk kesehatan besar sekali tidak terbatas sebagai bahan baku pembuatan kue dan sayuran.

Kentang adalah jenis sayuran yang sudah tidak asing lagi buat kita karena ini adalah merupakan jenis sayuran yang sering kita temui sehari hari. Dalam keseharian kita, kentang lebih identik dengan kue donat kentang ataupun perkedel kentang. Dibalik itu semua … khasiat atau manfaat kentang juga besar dalam hal kesehatan.

Manfaat atau khasiat kentang juga tidak lepas dari kandungannya. Kandungan nutrisi pada kentang mengandung banyak karbohidrat dan pati. Disamping itu setiap 100 gram kentang mengandung sekitar 80 kalori. Kentang juga mengandung air dan banyak serat. Selain itu, kentang juga mengandung vitamin B, vitamin C, vitamin E, vitamin K, kalium (banyak), kalsium, zat besi, magnesium, mangan, dan seng.

 

MANFAAT KENTANG

Jika sebelumnya kita mempelajari tentang manfaat lidah buaya, berikut ini adalah beberapa manfaat kentang untuk kesehatan :

  1. Pencegahan kanker

Manfaat kentang yang pertama ini dalam hal mencegah kanker. Vitamin B6 pada kentang ampuh melawan terjadinya pembentukan tumor dalam tubuh yang sangat memicu kanker, dalam hal ini adalah kanker prostat pada pria dan kanker rahim pada wanita. Mengkonsumsi kentang akan mencegah tumbuhnya sel kanker dalam tubuh dan telah banyak studi yang membuktikannya.

2. Mengobati Wajah Berjerawat

Manfaat kentang juga baik sekali untuk kecantikan kulit. Keadaan wajah dengan jerawat sangat mengurangi penampilan, untuk mengatasinya dengan cara Kentang di iris tipis kemudian dicuci bersih. Irisan kentang tempelkan pada bagian wajah yang berjerawat. Angkat ketika kentang sudah keabu-abuan. Dapat digunakan saat ingin tidur malam

3. Mengurangi kadar kolesterol

Manfaat kentang dalam mengurangi kadar kolesterol berasal dari kandungan zat potasium yang cukup banyak dalam dirinya. Seperti yang dapat kita temui pada manfaat pisang, zat potasium membantu menghalangi penumpukan kolesterol dalam darah. Kalori yang rendah pada kentang, dapat menjadi menu diet rendah kolesterol anda, tentu saja tanpa di goreng.

4. Kesehatan Tulang

Kentang sangat baik untuk tulang, kandungan zat besi yang terdapat pada kentang memastikan ia sangat membantu pertumbuhan dan kesehatan tulang secara keseluruhan. Zat Besi, kalsium, fosfor, magnesium, dan seng yang ada dalam kentang merupakan kombinasi sempurna untuk membangun dan membentuk struktur serta kekuatan tulang.

5. Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Jika anda penderita tekanan darah tinggi, manfaat kentang yang satu ini layak anda baca. Asupan natrium harus dikurangi agar dapat membantu dalam hal menurunkan tekanan darah, namun meningkatkan asupan kalium cukup penting untuk menurunkan tekanan darah ini. Sumber zat lain seperti kalium, magnesium, dan kalsium merupakan zat yang dipercaya dapat menurunkan anda yang memiliki tekanan darah tinggi.

6. Mengurangi resiko batu ginjal

Memang pada kentang kandungan kalsium dan zat besi dapat memicu pembentukan batu ginjal, namun magnesium yang kaya pada kentang dapat menolak kalsium yang ada pada jaringan ginjal. Pada orang-orang penderita batu ginjal, kentang bukan merupakan makanan yang ‘haram’ bahkan beberapa menu diet juga melibatkan kentang.

7. Menutrisi Kulit

Manfaat kentang juga bagus untuk memberikan nutrisi untuk kulit. Kulit kentang bersama dengan air mawar dan air perasan lemon untuk menghilangkan noda gelap dan bintik hitam akibat terbakar sinar matahari. Kentang mentah atau sarinya dapat digunakan langsung pada kulit untuk membantu penyembuhan jerawat dan menghilangkan bintik hitam. Kentang tumbuk bersama dengan madu dapat dioleskan pada kulit untuk membuat kulit tampak lebih bersinar, lembut, dan kenyal.

8. Kesehatan Jantung

Ada banyak zat gizi yang terdapat di dalam sebuah kentang yang dapat mendukung kinerja jantung yang sehat, Serat, kalium, vitamin C dan vitamin B-6 adalah beberapa diantaranya. Kentang juga tidak memiliki kandungan kolesterol yang tinggi semuanya sangat baik untuk menghindari penyakit Jantung.

 

Manfaat Lainnya :

Berbagai manfaat lain dari kentang bagi kesehatan anda adalah:

  • Membantu meningkatkan kadar hemoglobin (zat besi)
  • Membantu proses pembentukan hemoglobin (vitamin B6)
  • Membantu mencegah pembentukan batu ginjal (magnesium) dengan cara mencegah penumpukkan kalsium di dalam tubuh
  • Meredakan mata bengkak (pati dan katekolase yang terdapat pada kombinasi sari kentang dan timun)
  • Mencegah terjadinya gejala rematik (magnesium dan kalsium)
  • Membantu meredakan inflamasi pada usus dan saluran pencernaan (vitamin C, vitamin B, dan kalium)

You May Also Like

1 Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: !