Keajaiban Khasiat Manfaat Tomat Yang Perlu Anda Ketahui

khasiat manfaat tomat

Manfaat tomat berikut ini layak anda catat, merupakan buah sekaligus sayuran yang layak anda konsumsi karena khasiatnya yang tidak diragukan lagi.

Buah tomat, siapa yang tidak mengenalnya … tentu sehari – hari kita sering mendengarnya, disamping itu buah tomat sering kita jumpai pada berbagai sayuran yang kita konsumsi sehari hari.

Mungkin anda penasaran tentang manfaat buah tomat untuk kesehatan. Tomat bisa dikatakan sebagai jenis buah-buahan, namun dalam penggunaanya paling sering adalah sebagai sayuran. Rasanya yang asam seringkali dianggap menambah kelezatan banyak jenis masakan. Sebagai buah, tomat masak juga lezat dikonsumsi mentah; dan ada yang menarik, yaitu tomat cukup enak untuk dibuat minuman buah atau jus. Lalu apa manfaat tomat bagi kesehatan, termasuk dilihat dari kandungan nurrisinya? Tomat diketahui mengandung sejenis antioksidan kuat yang disebut Lycopene.

Likopen banyak terdapat dalam sayuran dan buah yang berwarna cerah seperti merah, kuning, atau oranye seperti halnya buah tomat. Inilah yang membuat manfaat buah tomat tidak diragukan lagi. Contoh makanan yang banyak mengandung likopen selain buah tomat adalah semangka, jambu biji, anggur pink, dan pepaya. Makan makanan tersebut dapat memenuhi asupan likopen dalam tubuh. Selain dari bahan makanan alami, anda juga dapat memperoleh asupan likopen dari suplemen vitamin yang mengandung likopen.

Likopen memiliki sifat antioksidan sehingga sangat bermanfaat melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas. Antioksidan bertindak sebagai penangkal radikal bebas yang dapat menyerang dan merusak sel-sel tubuh. Likopen memiliki kemampuan mencegah kanker terutama kanker perut, kanker kolon, kanker paru-paru, kanker kulit, kanker prostat, kanker serviks, dan kanker payudara. Likopen bermanfaat bagi kesehatan kardiovaskular (jantung dan pembuluh darah) karena berpotensi mencegah aterosklerosis dan penyakit jantung. Likopen juga bermanfaat mengurangi inflamasi, menjaga kesehatan mata, dan menjaga kesehatan kulit. Likopen dikenal ampuh mencegah kerusakan kulit akibat sinar UV (ultraviolet) dari cahaya matahari dan telah digunakan pada beberapa produk perawatan kulit. Anda dapat melihat manfaat tomat secara lengkap di bawah ini .

RAGAM KHASIAT MANFAAT TOMAT

Berikut ini adalah beberapa manfaat khasiat tomat yang sangat baik untuk menjaga kesehatan tubuh anda, antara lain :

  • Menormalkan Tekanan darah : Manfaat tomat yang pertama ini mungkin pernah anda dengar. Mengurangi asupan natrium sangat penting untuk menurunkan tekanan darah bagi penderita hipertensi, namun meningkatkan asupan kalium juga mungkin sama pentingnya karena efek vasodilatasinya. Menurut literatur, asupan kalium tinggi dikaitkan dengan penurunan risiko kematian dari semua penyebab hingga 20%. Dalam hal ini tomat juga tinggi akan kandungan kalium.
  • Menurunkan resiko Kanker. Ternyata manfaat tomat juga efektif untuk menghindari kanker. Karena tomat mengandung berbagai antioksidan kuat seperti vitamin C dan likopen, maka sering makan tomat bisa membantu mencegah pembentukan radikal bebas yang telah diketahui bisa menyebabkan kanker, termasuk jenis yang paling umum yaitu kanker prostat, dan kanker kolorektal(kanker usus). Likopen dalam tomat dikaitkan menurunkan resiko kanker prostat, sementara betakaroten yang tinggi pada tomat dikaitkan dengan pencegahan kanker kolorektal.
  • Menjaga kesehatan jantung. Jika anda berisiko penyakit jantung, agaknya perlu mempelajari manfaat tomat ini. Kandungan potasium dapat membantu tubuh menjaga kesehatan jantung selain itu kandungan serat, kalium, vitamin C, dan kolin dalam sebuah tomat sangat penting untuk jantung. Jenis asupan kalium dan dikombinasikan dengan diet rendah natrium dapat membantu menghindarkan kita dari penyakit akrdiovaskular.
  • Manfaat tomat bagi diabetes : Penelitian telah menunjukkan bahwa penderita diabetes tipe dengan diet tinggi serat memiliki kadar glukosa darah yang rendah, dan pada diabetes tipe 2 mungkin mendapatkan manfaat untuk kadar gula darah, lipid, dan kadar insulin. Secangkir tomat menyediakan sekitar 2 gram serat.
  • Meremajakan Kulit . Manfaat tomat tentu juga sangat populer dalam hal kecantikan. Keberadaan Kolagen(zat yang mendukung kulit), keberadaannya sangat bergantung pada vitamin C. Hal ini karena vitamin C adalah nutrisi penting yang bekerja dalam tubuh sebagai antioksidan, yang berguna untuk mencegah kerusakan kulit akibat panas matahari, polusi, kerutan, dan secara keseluruhan meningkatkan tekstur kulit.
  • Meningkatkan daya penglihatan. Vitamin A yang disediakan oleh tomat dapat meningkatkan kemampuan penglihatan dan membantu mencegah rabun senja. Penelitian terbaru menunjukkan bahwa mengkonsumsi tomat dapat membantu mengurangi risiko degenerasi makula, sebuah kondisi mata yang serius dan tidak dapat diobati.
  • Mencegah sembelit : Sembelit adalah kondisi yang sangat menyiksa, dan jika sering terjadi bahkan bisa meningkatkan resiko kanker usus. Makan makanan yang tinggi kandungan air dan serat seperti halnya tomat bisa membantu untuk terhidrasi dan melancarkan BAB. Serat sangat penting untuk meminimalkan kejadian sembelit dan mengeluarkan seluruh feses tanpa tersisa.
  • Mencegah hipertensi. Apa hubungannya manfaat tomat dengan hipertensi?  Meningkatkan asupan potasium sangat penting untuk membantu dalam mencegah terjadinya hipertensi atau tekanan arah tinggi.
  • Mengatasi kulit berminyak. Jerawat dapat dicegah dengan penggunaan masker tomat setiap seminngu dua kali. Kombinasi kasker tomat dan alpukat juga membantu mengatasi komedo karena keduanya bersinergi dengan zat alami anti kuman dan mencegah iritasi pada kulit. Cara Penggunaan : Iris buah tomat segar seperlunya, Tempelkan pada kulit berminyak 10-15 menit, Bilas dengan air bersih, Lakukan secara rutin pagi dan malam sebelum tidur. Minyak pada kulit akan segera menghilang. Baca selengkapnya : Manfaat Tomat untuk Wajah
  • Mencegah komedo. Penyebab utama komedo adalah adanya minyak yang mengendap di kulit wajah. Menjadikan tomat sebagai masker akan sangat efektif mencegah dan menghilangkan komedo. Cara Penggunaan : Iris 1 buah tomat, Tempelkan pada kulit wajah tempat jerawat anda, Biarkan 30 menit, Bilas dengan air bersih, Lakukan secara rutin.

Terkait juga : Cara Memutihkan Wajah Secara Alami

You May Also Like

About the Author: topTips

www.EdyUtomo.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: dilarang meng copy bro !!