Keajaiban Khasiat Manfaat Buah Semangka Dalam Kesehatan

khasiat manfaat buah semangka

Manfaat semangka untuk kesehatan berikut ini akan membuat anda ingin mengkonsumsinya setiap hari.

Ingin sehat ternyata tidak harus dengan biaya mahal, bisa dengan cara alami yang murah, cukup mengkonsumsi buah – buahan segar misalnya semangka. manfaat semangka dikenal luas di tengah masyarakat … bagus untuk kesehatan.

Disamping memiliki kadar air yang tinggi dan rasanya yang manis, buah semangka memiliki kandungan berbagai nutrisi yang bermanfaat mencegah berbagai macam penyakit. Jika ada buah semangka yang segar yang menyehatkan, buat apa kita membeli suplemen yang mahal. Lalu apa saja sih manfaat buah semangka ?

 

KANDUNGAN BUAH SEMANGKA

Dalam 100 gram buah semangka, terkandung zat-zat gizi sebagai berikut (Sumber: USDA National Nutrient data base):

Kandungan                     Nilai Gizi          Persentase RDA

Energi                             30 Kkal           1,5%
Karbohidrat                     7,6 g               6%
Protein                            0,6 g               1%
Lemak total                     0,15 g            0,5%
Kolesterol                       0 mg               0%
Serat makanan               0,4 g              1%

Vitamin
Folat                               3 mcg            1%
Niasin                            0.178 mg        1%
Asam pantotenat           0,221 mg        4,5%
Piridoksin                       0,045 mg       3,5%
Thiamin                         0,033 mg        3%
Vitamin A                       569 IU            19%
Vitamin C                       8,1 mg           13,5%
Vitamin E                       0,05 mg         0,5%

Elektrolit
Sodium                         1 mg               0%
Kalium                          112 mg           2,5%
Mineral Kalsium            7 mg              0,7%
Tembaga                      42 mcg           4,5%
Besi                              0,24 mg          3%
Magnesium                  10 mg            2,5%
Mangan                        0,038 mg      1,5%
Seng                             0,10 mg        1%
Phyto-nutrient              303 mcg        –
Crypto-xanthin             78 mcg          –
Lutein-zeaxanthin        8 mcg            –
Lycophene                   4532 mcg       –

 

MANFAAT BUAH SEMANGKA DALAM KESEHATAN

Berikut ini adalah manfaat atau khasiat semangka yang bagus sekali untuk menjaga kesehatan dan mencegah berbagai macam penyakit :

1. Mencegah Penyakit Kanker

Bagaimana manfaat semangka bisa mencegah kanker?  Seperti halnya manfaat tomat yang karena kandungan lycopene – nya, buah semangka juga memiliki kandungan lycopene. Buah Semangka mengandung senyawa tumbuhan yang dapat mencegah penyakit kanker yaitu senyawa Lycopene (Likopen). Lycopene atau Likopen adalah pigmen karatenoid yang merupakan antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas. Seperti diketahui, Radikal bebas adalah penyebab terjadinya penyakit kanker.

2. Mencegah Dehidrasi

Ini adalah manfaat semangka yang sudah dikenal luas. Dehidrasi adalah suatu kondisi dimana tubuh kita kekurangan air mineral. Gejala dehidrasi adalah haus, pusing, jarang buang air, mulut kering dan cepat kelelahan. Semangka yang mengandung kadar air tinggi (91% dari semangka adalah air) dengan beberapa jenis mineral ini dapat membantu kita mengatasi dehidrasi.

3. Memelihara kesehatan kulit

Buah Semangka mengandung dua Vitamin penting bagi kesehatan kulit dan rambut yakni vitamin A dan vitamin C. Vitamin C membantu tubuh kita memproduksi Kolagen yaitu protein yang dapat membuat kulit menjadi kenyal dan rambut menjadi lebih kuat. Sedangkan Vitamin A bekerja membantu memperbaiki sel kulit yang rusak. Tanpa vitamin A yang cukup, kulit kita akan terlihat kering dan bersisik. Disamping Vitamin A dan Vitamin C, senyawa Likopen dan Beta-Karoten yang terkandung dalam buah semangka juga membantu melindungi kulit dari sengatan matahari. Ternyata besar sekali manfaat semangka untuk kulit.

4. Menjaga kesehatan jantung

Manfaat buah semangka yang satu ini wajib anda catat. Likopen atau Lycopene yang terkandung dalam buah semangka dapat berfungsi untuk membantu memelihara kesehatan jantung. Senyawa asam animo Citrulline dalam buah semangka juga dapat membantu menurunkan darah tinggi yang merupakan salah satu penyebab terjadinya penyakit jantung.

5. Membantu sistem pencernaan

Disamping menyegarkan, ternyata manfaat semangka bagus sekali untuk kesehatan pencernaan. Buah Semangka mengandung kadar air tinggi dan Serat yang berperan penting dalam sistem pencernaan dalam tubuh kita. Serat dapat meningkatkan massa feses sementara air dapat membantu menjaga saluran pencernaan kita bergerak secara efisien. Memakan makanan yang kadar air yang tinggi dan berserat dapat membantu usus bergerak secara normal sehingga sistem pencernaan pada tubuh kita dapat bekerja dengan baik.

6. Membantu meringankan Nyeri Otot

Manfaat semangka juga didukung dengan kandungan asam animo Citrulline yang berada di dalamnya. Senyawa asam animo Citrulline yang terkandung dalam buah semangka dapat meringankan nyeri otot. Sebuah penelitian dilakukan pada Atlet membuktikan bahwa jus semangka yang ditambahkan dengan Citrulline dapat mengurangi nyeri otot serta pemulihan denyut jantung yang lebih cepat. Penelitian lainnya juga menyatakan bahwa Citrulline dapat meningkatkan kinerja pada saat olahraga.

7. Menurunkan Tekanan Darah Tinggi (Hipertensi)

Ini adalah salah satu manfaat semangka yang populer. Tekanan darah tinggi merupakan salah satu faktor penyebab penyakit kronis dan kematian. Semangka mengandung Senyawa tumbuhan yaitu Citrulline yang diperlukan oleh tubuh kita untuk memproduksi Nitrogren Monoksida (Nitric Oxide). Nitrogen Monoksida adalah molekul-molekul gas yang dapat membantu otot-otot kecil di sekitar pembuluh darah menjadi kendur dan melebar sehingga dapat menurunkan tekanan darah. Beberapa penelitian membuktikan bahwa konsumsi semangka dapat menurunkan tekanan darah dan kekakuan Arteri pada pasien yang memiliki tekanan darah tinggi. Baca juga : makanan penurun darah tinggi

8. Mengatasi Peradangan (Inflammation)

Peradangan atau inflammation adalah salah satu faktor pendorong yang menyebabkan penyakit kronis. Buah Semangka yang kaya akan senyawa Likopen dan vitamin C dapat berfungsi sebagai anti-peradangan yang baik sehingga dapat membantu menurunkan peradangan dan kerusakan oksidatif. Jika anda mengalami peradangan, ingat selalu manfaat semangka di atas.

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: !