kadar kolesterol normal

Batas Standar Atau Kadar Kolesterol Normal Yang Wajib Dijaga

Kolesterol

Kadar kolesterol normal. Walaupun kolesterol merupakan salah satu zat gizi yang dibutuhkan di dalam tubuh manusia, namun perlu dijaga untuk memastikan kadar kolesterol selalu dalam keadaan normal. Karena jika batas kolesterol menjadi tinggi tidak terkendali maka ini akan menjadi masalah, aliran darah yang melewati pembuluh darah menjadi tersumbat yang dapat mengakibatkan komplikasi penyakit lainnya.

Lalu bagaimana kita dapat mengetahui jika kadar kolesterol normal. Ya tentunya dengan pemeriksaan dokter, dengan begitu kita akan mengetahui toleransi batas normal kolesterol dinyatakan normal dan aman. Pemeriksaan dokter merupakan salah satu pencegahan penyakit kolesterol tinggi, karena akan segera dicari solusi cara menurunkan kolesterol.

 

KADAR KOLESTEROL NORMAL

Sebagai tindakan pencegahan, pernahkah anda memeriksakan diri ke dokter? Berapa kadar kolesterol anda? Lalu berapa tingkat kadar standar rata rata kolesterol normal dalam darah manusia?

Berikut ini adalah standar, tingkat, kadar atau batas normal kolesterol dalam darah manusia :

  • Kadar kolesterol kurang dari 200 mg/dl. Ini adalah kadar kolesterol normal yang harus dijaga. Apabila kadar LDL, HDL, dan Trigliserida kurang dari 200 mg/dl, maka kita tidak beresiko terkena penyakit jantung. Walaupun demikian ada baiknya kita tetap membatasi konsumsi makanan yang menjadi pantangan kolesterol tinggi, rajin berolah raga dan menghindari rokok.
  • Kadar kolesterol 200 – 239/dl. Ini adalah kadar kolesterol yang cukup, namun perlu pemeriksaan kadar LDL, HDL, dan Trigliserida, untuk memastikan tidak ada kemungkinan risiko penyakit jantung.
  • Kadar kolesterol lebih dari 240 mg/dl. Ini adalah kadar kolesterol tidak normal dan beresiko tinggi. Penderita kolesterol tinggi dengan kadar seperti itu berisiko 2 kali lebih besar terkena serangan jantung.
  • Kadar HDL. Semakin tinggi kadar HDL, semakin kecil risiko terkena penyakit jantung. Kadar HDL yang normal untuk pria adalah antara 40 – 50 mg/dl, dan untuk wanita antara 20 – 60 mg/dl.
  • Kadar LDL. Semakin kecil kadar LDL, maka semakin risiko terkena penyakit jantung. Berikut ini adalah kategori kadar LDL : Kurang dari 100 mg/dl = sangat baik, 100 – 129 mg/dl = di atas rata – rata, 130 – 159 mg/dl = cukup, 160 – 189 mg/dl = buruk ( risiko tinggi ), Lebih dari 190 mg/dl = sangat buruk ( risiko sangat tinggi ).
  • Kadar Trigliserida. Meningkatnya trigliserida juga dapat meningkatkan kadar kolesterol. Faktor yang mempengaruhi kadar trigliserida adalah kegemukan, konsumsi alkohol dan makanan berlemak. Berikut ini kategori kadar trigliserida : Kurang dari 150 mg/dl = baik, 150 – 199 mg/dl = cukup, 200 – 499 mg/dl = tinggi, 500 mg/dl ke atas = sangat tinggi

Dengan mengetahui batas standar atau kadar kolesterol normal seperti standar di atas, akan lebih mudah di dalam mengendalikan tingkat kolesterol tersebut. Paling tidak dapat mengkonsumsi bahan – bahan seperti makanan penurun kolesterol dan membatasi konsumsi makanan yang menjadi pantangan kolesterol tinggi.

 

TIPS MEMPERBAIKI KADAR KOLESTEROL

Beberapa tips di bawah ini perlu anda lakukan untuk dapat memperbaiki kadar kolesterol Anda :

  • Olahraga. Olahraga yang cukup dan berkelanjutan, paling tidak 30-40 menit setiap hari, lima kali dalam seminggu, seperti jalan, jogging, bersepeda, berenang adalah pilihan yang sangat baik untuk memperoleh kadar kolesterol yang normal. Apakah Anda gemuk atau tidak, olahraga dapat menurunkan kadar kolesterol Anda. Olahraga moderat yang Anda lakukan secara teratur dapat meningkatkan kolesterol baik (HDL) dan menurunkan kolesetrol buruk (LDL).
  • Pertahankan berat badan normal. Pada kebanyakan orang, kadar kolesterol juga menjadi baik seiring dengan menurunnya berat badan. Ini tidak hanya disebabkan kehilangan berat badan, tetapi juga akibat diet yang lebih sehat, dan olahraga yang dilakukan. Dengan kata lain, perubahan gaya hidup yang diperlukan untuk mempertahankan berat badan normal atau menurunkan berat badan juga membantu memperbaiki kadar kolesterol. Mengurangi berat badan 5-10 persen dapat menurunkan kadar kolesterol secara signifikan.
  • Batasi lemak jenuh. Lemak jenuh, biasanya mengacu pada lemak yang berasal dari hewan, terutama didapatkan pada kulit unggas, produk susu, daging merah dari sapi, domba, dan babi. Sebaiknya konsumsi ini dibatasi, karena dapat memacu produksi kolesterol dan meningkatkan total kolesterol dan kolesterol jahat (LDL). Dengan memilih diet yang mengandung rendah kolesterol jenuh ini, Anda sebenarnya sudah mengambil salah satu langkah yang bijak untuk memperbaiki kadar kolesterol Anda. Pada diet mediteranian, konsumsi daging merah ini hanya dianjurkan satu kali dalam satu bulan. Ternyata diet ini dapat menurunkan angka kematian akibat penyakit kardiovaskuler yang bermakna.
  • Berhenti Merokok. Di samping sebagai faktor risiko penting untuk penyakit jantung, dan keganasan, rokok juga dapat mengakibatkan penurunan kadar kolesterol HDL. Jika Anda perokok, berhenti merokok saja dapat menaikan kolesterol baik (HDL) hingga 10 persen.
  • Hindari lemak trans (trans fat). Trans Fat secara alami terdapat di beberapa produk daging dan susu dalam jumlah sedikit, namun yang lebih berbahaya adalah Trans Fat olahan. Kue, biskuit dan banyak makanan yang digoreng, seperti donat dan kentang goreng, tergantung proses pembuatannya, mungkin mengandung Trans Fat yang tinggi. Margarin juga bisa banyak mengandung Trans Fat. Tran sfat, kemungkinan mempunyai akibat yang lebih berbahaya daripada lemak jenuh karena dapat meningkatkan kadar kolesterol buruk (LDL) dan menurunkan kolesterol baik (HDL). Karena itu kurangilah makanan yang banyak mengandung trans fat sperti makanan yang diolah melalui penggorengan.
  • Kunjungi dokter Anda secara teratur. Bila gaya hidup yang Anda lakukan ternyata belum membantu menurunkan kadar kolesterol Anda, atau Anda mempunyai riwayat keluarga dengan kolesterol tinggi atau sakit jantung, Anda mungkin perlu bantuan dokter. Dokter Anda akan membantu, pilihan obat yang tepat untuk Anda.
  • Trans Fat secara alami terdapat di beberapa produk daging dan susu dalam jumlah sedikit, namun yang lebih berbahaya adalah Trans Fat olahan. Kue, biskuit dan banyak makanan yang digoreng, seperti donat dan kentang goreng, tergantung proses pembuatannya, mungkin mengandung Trans Fat yang tinggi. Margarin juga bisa banyak mengandung Trans Fat.

INFO : Hanya asuransi unit link yang bisa memberikan jaminan finansial dan menghindarkan anda dari kebangkrutan,  jika anda mengalami risiko. INGAT ! masa depan keluarga bergantung kepada anda sebagai kepala keluarga.  Baca : Rahasia Membeli Asuransi Unit Link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *