Jenis Makanan Sehat Untuk Pemain Bola Basket

makanan sehat untuk pemain basket

Makanan sehat untuk pemain basket mungkin tidak perah terpikirkan, padahal faktor makanan juga sangat penting dalam menunjang performa saat bertanding menghadapai lawan. Dengan mengkonsumsi makanan yang sehat, seorang pemain bola basket akan selalu fit sehingga teknik bola basket yang dimilikinya dapat berkembang.

Jenis makanan sehat untuk pemain basket juga bukan berarti selalu makanan yang mahal, sebenarnya ada banyak jenis makanan yang sederhana namun memiliki kandngan gizi tinggi sehingga layak dikonsumsi oleh pemain bola basket. Jika anda berniat menjadi pemain basket profesional, tentu wajib memperhatikan jenis makanan sehat yang seharusnya anda konsumsi. Baca juga : teknik dasar bola basket

 

NUTRISI MAKANAN SEHAT UNTUK PEMAIN BOLA BASKET

Berbicara tentang makanan sehat untuk pemain bola basket akan berhubungan erat dengan persoalan unsur gizi. Kebutuhan gizi atlet bola basket sebenarnya sama dengan orang biasa, mulai dari karbohidrat, lemak, protein, vitamin, mineral, air, hingga serat. Yang penting, semua harus tetap seimbang. Makanan bisa dibilang gizinya seimbang ketika mengandung jumlah kalori dengan proporsi 60-70%, karbohidrat 10-15 %, protein 20-25 % lemak, serta cukup vitamin, mineral dan air. Baca juga : olah raga basket meninggikan badan

Jenis makanan sehat untuk pemain basket merupakan menu makan atlet harus diatur ketat sedemikian rupa sehingga dapat selalu tampil prima dalam setiap pertandingan. Jenis makanan yang bergizi seimbang memegang peranan penting untuk mempertahankan serta meningkatkan status gizi dan kondisi fisik pemain sebelum dan selama bertanding, seperti :

Karbohidrat kompleks. Karbohidrat diperlukan pebasket untuk pasokan dan ketersediaan energi mereka selama pertandingan. Untuk karbohidrat kompleks, para pemain basket bisa mengkonsumsi oat (gandum) atau beras merah. Untuk mengkonsumsi karbohidrat kompleks, ia menganjurkan agar dilakukan ketika tiga jam atau empat jam sebelum bertanding, dengan kadar porsi sekitar 200 gram. Hal tersebut akan cukup untuk memasok dan menopang cadangan energi para pemain basket.

Protein. Kenapa menjadi bagian dari makanan sehat pemain basket? Asupan protein penting untuk pembentukan otot para atlet, termasuk pemain basket. Makanan bisa didapatkan dari daging tanpa digoreng, susu, dan yogurt.

Vitamin dan mineral. Vitamin dan mineral akan membantu proses metabolisme pemain basket tetap prima. Mengkonsumsi sayur dan buah juga merupakan langkah yang harus dilakukan oleh para pemain basket.

 

MAKANAN TINGGI PROTEIN

Protein sangat berguna dalam membantu menambah massa otot dan perkembangan otot yang lebih baik, tapi bukan berarti sekali makan itu berlebihan

Makanan tinggi protein yaitu :

Protein Nabati :
Gandum
Brokoli
Kacang Kedelai
Almond,dsb

Protein Hewani :
Ikan
Dada Ayam
Daging Sapi
Telur
Susu Sapi
Keju,dsb

Makanan pagi dan makanan ringan

Sarapan dengan makanan yang tinggi karbohidrat baik untuk memulai hari dengan stamina yang kuat. Makanan yang mengandung karbohidrat tinggi contohnya roti gandum dengan telur, atau pisang dengan secangkir susu rendah lemak. Untuk menjaga energi otot-otot Anda tetap kuat dan mampu menjalani aktivitas, makanlah makanan ringan sebagai makanan tambah beberapa jam setelah makan.

Makanan siang dan makanan ringan

Jika Anda akan memulai pertandingan basket sekitar tiga sampai empat jam lagi, luangkan waktu Anda untuk makan siang. Makan makanan yang tinggi karbohidrat dan beberapa protein. Misalnya konsumsi pasta gandum yang dicampur dengan brokoli, wortel, kembang kol bisa dijadikan menu makan siang pemain basket.

Satu sampai dua jam sebelum pertandingan dimulai, makanlah makanan rendah lemak, rendah serat, dan karbohidrat tinggi yang bisa Anda dapatkan dari roti gandum dengan selai atau pisang dengan susu rendah lemak. Jangan lupa juga untuk terus menjaga asupan cairan Anda.

Makan malam

Makan malam yang sehat untuk pemain basket mungkin termasuk ayam, kentang, kacang polong, salad tumis dan segelas susu rendah lemak. Penting juga tetap menjaga tubuh Anda agar tetap terhidrasi. Minum minuman yang tidak hanya menggantikan cairan tapi juga elektrolit, terutama setelah pertandingan.

 

ISTIRAHAT

Jangan lupa satu hal, selain pemenuhan asupan makanan sehat untuk pemain basket seperti di atas, ada hal lain yang juga penting, yaitu masalah istirahat. Biarpun ini bukan merupakan pola makan, namun pola istirahat juga merupakan salah satu faktor yang akan mempengaruhi performa seorang atlet basket. Dengan istirahat yang cukup, seorang atlet akan memiliki cukup energi dan fokus selama latihan dan bertanding. Jadi, jangan dibiasakan begadang ya guys!

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: !