HOME
Email Autoresponder
Home » Blogging » Jenis Macam Link Atau Hyperlink Dan Cara Menuliskannya

Jenis Macam Link Atau Hyperlink Dan Cara Menuliskannya

Posted at April 29th, 2017 | Categorised in Blogging

Jenis atau macam link dan cara menuliskannya ke dalam kode HTML sebenarnya mudah, pada halaman berikut ini akan dibahas dengan jelas. Materi belajar HTML kali ini kita akan membahas tentang hyperlink atau link. Link adalah kata – kata atau teks yang diberi tanda khusus, dimana kalau kata atau teks tersebut diklik maka akan muncul halaman yang dituju oleh link tersebut.

Pada halaman cara membuat website, kita telah membahas bahwa untuk membuat website dapat menggunakan cara instan menggunakan blogger, wordpress atau joomla. Dengan cara tersebut, untuk membuat link tentu sangat mudah hanya dengan memanfaatkan tombol yang tersedia dan semuanya beres. Namun jika kita ingin membuat situs penjualan seperti bisnis online kita dituntut untuk dapat memahami cara menuliskan kode HTML termasuk cara menuliskan link.

Link biasanya ditandai dengan teks yang berwarna biru dan bergaris bawah. Satu lagi ciri khasnya adalah pointer mouse akan berubah menjadi gambar telunjuk tangan jika diarahkan ke link tersebut. Link dapat berbentuk teks atau gambar.

Untuk membuat teks atau gambar menjadi sebuah link, berikut ini adalah rumus cara menuliskannya :

<a href=”lokasi halaman yang dituju”>teks yang diinginkan </a>

Contoh kalimat : aneka resep nusantara.

Dari kalimat di atas, kata “ resep “akan dibuat link menuju halaman berikut ini :

https://edyutomo.com/resep-makanan

Maka cara menuliskan link adalah sebagai berikut :

aneka <a href=”https://edyutomo.com/resep-makanan”> resep</a>nusantara.

Sehingga link itu akan tampak seperti di bawah ini :

aneka resep nusantara

MACAM – MACAM LINK

Berdasarkan lokasi halaman tujuan dari sebuah link, hyperlink atau link dapat dibagi menjadi bebearapa macam :

1. Link yang menuju ke halaman utama, cara menuliskan adalah : href=”http://www.namasitus.com

2. Link yang menuju ke halaman lain dalam situs lain, cara menuliskannya , disamping kita menuliskan URL halaman utama kita juga harus menuliskan lokasi file / foldernya. Contoh : href=”https://edyutomo.com/internet-dan-komputer/tips-dan-tahapan-seo“

3. Link yang menuju ke halaman lain dalam situs yang sama, maka cukup menuliskan lokasi filenya tanpa menuliskan URL halaman utama. Ini dibagi menjadi beberapa macam :

  • Bila lokasi / halaman yang dituju berada pada folder yang sama dengan file dari link tersebut, maka cukup dituliskan nama filenya saja, contoh : href=”latihan.html”.
  • Bila lokasi / halaman yang dituju berada pada folder yang lain di bawah folder yang ditempati oleh link tersebut, maka harus dituliskan juga nama foldernya, contoh : href=”panduan/latihan.html”.
  • Bila lokasi / halaman yang dituju berada pada folrder yang lain di atas folder yang ditempati oleh link tersebut, maka cara menuliskan link seperti berikut ini : href=”../gambar01.jpg”
  • Bila lokasi / halaman yang dituju berada pada folder yang letaknya berada di dua tingkat di atas folder yang ditempati oleh link tersebut. Caranya : href=” ../../gambar01.jpg”

4. Link yang menuju ke bagian tertentu dari sebuah halaman. Ini dilakukan dengan cara memberi nama bagian atau area yang dituju sebelum dibuatkan linknya. Untuk memberi nama pada bagian tersebut digunakan tag <a name=”nama yg diinginkan”></a>. Untuk embuat linknya ada 2 cara seperti :

  • Bagian atau tempat yang dituju berada pada halaman yang sama dengan link yang dibuat. Cara menuliskannya adalah href=”#nama yg diinginkan”
  • Bagian atau tempat yang dituju berada pada halaman yang lain, maka nama filenya harus ditulis baru diikuti dengan nama bagian / areanya. Contoh href=halaman1.html#nama area

5. Link yang mengarah ke file yang bukan file HTML, misalnya file audio, video atau file gambar. Caranya sama dengan poin 1,2 dan 3. Yaitu href=”lokasi filenya”

6. Link yang mengarah ke alamat email tertentu. Contoh cara menuliskannya adalah href=”mailto:info@edyutomo.com”

Artikel berkaitan :

Belajar SEO – cara mudah no. 1 di Google nggak pake lama
Cara membuat blog profesional dengan mudah

No comment for Jenis Macam Link Atau Hyperlink Dan Cara Menuliskannya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Related Post to Jenis Macam Link Atau Hyperlink Dan Cara Menuliskannya

belajar SEO panduan belajar SEO

Belajar SEO, Materi Ini Yang Wajib Anda Kuasai

Posted at September 11, 2018

Belajar SEO. Berikut ini adalah materi yang harus anda kuasai untuk menembus peringkat 1 di Google.  Sebelum menyinggung bagaimana kita belajar... Read More

cara membuat blog gratis dan menghasilkan uang

Cara Membuat Blog Gratis Dan Menghasilkan Uang

Posted at August 4, 2018

Cara membuat blog gratis dan menghasilkan uang yang merupakan pengalaman pribadi, dan sudah banyak dibuktikan oleh para internet marketer dunia, dan... Read More

pengertian apa itu hosting dan fungsinya

Pengertian Apa Itu Hosting Dan Fungsinya

Posted at June 12, 2018

Apa itu hosting? Berikut ini adalah pengertian hosting dan fungsinya, pelajari selengkapnya berikut ini.   PENGERTIAN HOSTING Dalam dunia internet, istilah... Read More

siapa yang perlu memiliki blog

Siapa Saja Yang Perlu Memiliki Blog Atau Website

Posted at October 24, 2017

Jika kita mendengar istilah blog atau website, pertanyaan mendasar yang ada di pikiran kita adalah “untuk apa sih memiliki blog?” atau... Read More

belajar SEO

Perlunya Belajar SEO Untuk Blog Kesayangan Anda

Posted at October 2, 2017

Blog atau website sangat berhubungan erat dengan SEO ( Search Engine Optimization ). Sebenarnya SEO itu apa sih? SEO tidak lain... Read More


error: !