Hal Penting Yang Selalu Dilewatkan Nasabah Asuransi Unit Link

perencanaan manfaat asuransi

Ada satu hal penting yang selalu dilewatkan oleh nasabah asuransi unit link, yaitu perencanaan manfaat asuransi dan investasi. Ini bisa membuat manfaat asuransi anda tidak optimal.

Perencanaan manfaat asuransi dan manfaat investasi adalah hal penting yang selalu dilewatkan oleh nasabah asuransi. Padahal ini adalah hal penting yang harus dilakukan agar manfaat asuransi menjadi optimal, juga agar manfaat investasi memberikan keuntungan yang maksimal. Pada umumnya nasabah asuransi tidak memperhatikan perencanaan manfaat ini, mereka hanya memikirkan membayar premi saja.

Perencanaan manfaat asuransi unit link sebenarnya harus dilakukan sebelum anda membeli asuransi, atau bisa juga pada saat anda menerima proposal penawaran asuransi dari agen asuransi anda. Pada saat anda berminat membeli asuransi itulah anda harus merencanakan manfaat asuransi sebelum menandatangani Surat Pengajuan Asuransi Jiwa ( SPAJ ). 

Asuransi unit link adalah jenis asuransi yang memberikan asuransi jiwa sekaligus memberikan manfaat investasi. Maka dari itu perencanaan manfaat asuransi juga dibagi menjadi 2 yaitu : perencanaan manfaat asuransi jiwa dan perencanaan manfaat investasi.

Perencanaan manfaat asuransi unit link dimaksudkan agar nasabah bisa mendapatkan manfaat asuransi yang optimal sesuai dengan profil keuangan keluarga. Hal ini juga dimaksudkan untuk menghindari pemilihan produk asuransi yang tidak sesuai dengan manfaat proteksi yang diinginkan. Mengapa ini penting? Karena kesalahan pemilihan produk akan berpotensi TIDAK TERCOVER-NYA risiko, sehingga klaim bisa ditolak. Kasus seperti inilah yang banyak terjadi di lapangan, sebenarnya ini kesalahan nasabah sendiri namun perusahaan asuransi yang disalahkan dan dianggap menipu nasabahnya.

Disamping perencanaan manfaat asuransi di atas, yang tidak kalah penting adalah perencanaan manfaat investasi pada asuransi unit link. Mengapa ini penting?  Nasabah perlu memahami kemana dananya diinvestasikan, prospektus keuntungan investasi pada masing – masing dana investasi, serta pemilihan dana investasi yang tepat, sehingga investasi akan kembali pada waktu yang tepat dan menghasilkan tingkat keuntungan seperti yang diharapkan.

Di lapangan ada banyak sekali kasus kesalahpahaman oleh nasabah asuransi unit link karena kurangnya pengetahuan tentang perencanaan manfaat asuransi. Sebuah kesalahan sendiri yang justru membuat nasabah menyalahkan perusahaan asuransinya.

Sebagai calon nasabah asuransi, anda wajib memahami apa yang menjadi kebutuhan proteksi anda, lalu memilih produk yang tepat sehingga memberikan proteksi sesuai yang diinginkan. Yang tentunya harus disesuaikan dengan kondisi keuangan anda. Disamping itu anda juga harus mendapatkan pemahaman yang cukup, bagaimana agar manfaat investasi memberikan keuntungan yang maksimal. Baca selanjutnya : panduan asuransi unit link

You May Also Like

1 Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: !