HOME
Email Autoresponder
Home » Pendidikan » Cara Mendidik Anak

Cara Mendidik Anak

Posted at April 11th, 2017 | Categorised in Pendidikan

Cara mendidik anak – Sudah menjadi harapan seluruh orang tua di dunia, memiliki anak yang dapat berbakti kepada orang tua, menghargai sesama manusia dan berguna bagi bangsa dan negara. Perkembangan kepribadian anak tidak terlepas dari peranan orang tua dalam membimbing anak serta bagaimana cara mendidik anak dengan benar dan dapat diterima dari cara berpikir si anak.

cara mendidik anak

Berikut ini adalah beberapa tips sederhana cara mendidik anak yang dalam prakteknya tentu harus dilakukan secara bijak :

  • Tetap meluangkan waktu buat anak dalam kondisi sesibuk apapun. Tentu kita semua sepakat bahwa cara mendidik anak tidak sama dengan mendidik orang dewasa karena anak mempunyai kesenangan sendiri yang harus kita berikan pengakuan. dengan pendekatan semacam ini tentunya akan lebih mudah untuk meluruskan jalan pemikiran anak.
  • Hindari ekspresi larangan terhadap anak secara spontan. hal ini dilakukan agar perasaan anak tidak terlukai. untuk menunjukkan hal – hal yang baik dan yang buruk, akan lebih bijak jika diberikan contoh di sekitar kita bahwa hal ini baik atau hal ini buruk. Mendidik anak membutuhkan kesabaran agar anak tidak mempunyai pemikiran untuk berontak.
  • Tanamkan keimanan sejak dini. Berikan cerita ringan tentang agama, tokoh agama dan Tuhan.
  • Turuti kehendak si anak dalam batas yang wajar. Berikan pengertian yang masuk akal dan berikan alternatif lain yang lebih menarik bagi anak.
  • Mengajak anak selalu dalam keadaan ceria untuk mendidik anak agar terbiasa berpikir jernih. Cara mendidik anak seperti ini akan menumbuhkan sikap positif dalam pola pikir anak.
  • Ceritakan tentang tokoh – tokoh yang sukses yang dapat menjadi teladan, berikan pengertian bahwa untuk menjadi seperti mereka harus belajar yang rajin, nurut sama orang tua dan berdo’a kepada Tuhan YME.
  • Beri pengakuan yang baik buat anak kita tercinta. Cara seperti ini akan menumbuhkan rasa tanggung jawab karena dengan diberikan sebuah penghargaan akan membuat dia lebih mudah diarahkan sehingga dia sudah tahu mana hal – hal yang yang harus dilakukan.

 

Cara mendidik anak juga sangat tergantung dari perkembangan usia si anak. Semakin besar tentunya porsi pelajaran yang harus kita sampaikan akan lebih besar, dan yang lebih penting adalah tidak memaksa anak sebagai cara untuk mendidik anak.

No comment for Cara Mendidik Anak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Related Post to Cara Mendidik Anak

perubahan kurikulum pendidikan

Perubahan Kurikulum Mempengaruhi Kualitas Pendidikan

Posted at April 11, 2017

Kurikulum pendidikan di Indonesia sebagaimana kita ketahui dari periode ke periode selalu berubah. Ini diperparah lagi dengan ketidakkonsistenan dalam penamaan jenjang... Read More

sertifikasi guru

Sertifikasi Guru Meningkatan Kualitas Pendidikan

Posted at April 11, 2017

Sertifikasi guru – Tugas kependidikan yang diemban guru bukanlah suatu jenis pekerjaan yang dapat diserahkan begitu saja pada sembarang orang untuk... Read More

guru profesional

Guru Profesional Bukan Sekedar Lulus Sertifikasi

Posted at April 11, 2017

Guru profesional. Wacana tentang profesionalisme guru kini menjadi sesuatu yang mengemuka ke ruang publik seiring dengan tuntutan untuk meningkatkan mutu pendidikan... Read More

peran komite sekolah

Fungsi Dan Peran Komite Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan

Posted at April 11, 2017

Pengertian Komite Sekolah Peran komite sekolah. Komite sekolah merupakan nama baru pengganti Badan Pembantu Penyelenggara Pendidikan (BP3). Secara substansial kedua istilah... Read More

pendidikan nasional

Kemandirian Pendidikan Nasional Melalui Research

Posted at April 11, 2017

Pendidikan nasional – Sebuah re-search merupakan modal dasar bagi siapa saja yang ingin mengutarakan suatu temuan baru ataupun pengembangan temuan yang... Read More


error: !