pengertian batu ginjal

Batu Ginjal : Definisi Dan Diet Yang Harus Dilakukan

Posted on

Definisi Batu Ginjal

Batu ginjal. Apa itu batu ginjal? Batu ginjal atau disebut juga dengan Renal Calculus adalah salah satu dari jenis penyak it ginjal yang terjadi sebagai akibat dari endapan dari garam mineral yang terkandung di dalam urin. Urin mengandung banyak garam dalam bentuk larutan yang jika mineral tersebut berlebih akan menyebabkan endapan yang kemudian menjadi padat, inilah yang dikenal dengan batu ginjal.

Batu ginjal ini diklasifikasikan menjadi batu ginjal primer dan batu ginjal sekunder. Batu ginjal primer merupakan jenis batu ginjal yang terbentuk tanpa sebeb yang jelas, seperti infeksi atau penyumbatan. Batu ginjal sekunder merupakan batu ginjal yang terbentuk setelah adanya infeksi ginjal atau kelainan.

Batu ginjal yang lebih kecil dapat keluar dengan sendirinya meski akan menimbulkan rasa sakit. Batu ginjal yang lebih besar akan memerlukan pembedahan, atau dapat dipecah menjadi bagian – bagian kecil dengan gelombang suara dalam prosedur yang disebut ultrasonic lithotripsy.

Diet Bagi Penderita Batu Ginjal

Mengatur pola makan merupakan hal yang wajib untuk mengurangi atau mencegah terbentuknya kembali batu ginjal. Berikut ini adalah Diet yang harus dilakukan bagi penderita batu ginjal :

Demikianlah pola makan atau diet sehat yang harus dilakukan oleh penderita batu ginjal. Temukan juga kumpulan artikel lainnya pada halaman berikutnya.

INFO :

Asuransi unit link menghindarkan anda dari risiko kerugian finansial akibat penyakit ginjal. Pelajari rahasia membeli asuransi prudential Indonesia unit link. Pelajari informasi selanjutnya tentang asuransi prudential.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *