Pengertian Apa Itu Domain Dan Hosting

apa itu domain

APA ITU DOMAIN DAN HOSTING

Antara domain dan hosting adalah 2 hal yang tidak dapat dipisahkan. Definisi atau pengertian apa itu domain dan hosting akan dibagi menjadi dua yaitu pengertian apa itu domain dan pengertian apa itu hosting.

 

Domain

Apa Itu domain? mungkin bagi anda yang sudah berkecimpung di dalam dunia internet sudah tidak asing lagi dengan yang namanya domain.  Domain atau nama domain atau juga disebut domain name adalah nama unik yang diberikan untuk mengidentifikasi nama server komputer seperti web server atau email server di jaringan komputer ataupun internet.

Nama domain berfungsi untuk mempermudah pengguna di internet pada saat melakukan akses ke server, selain juga dipakai untuk mengingat nama server yang dikunjungi tanpa harus mengenal deretan angka yang rumit yang dikenal sebagai alamat IP. Nama domain ini juga dikenal sebagai sebuah kesatuan dari sebuah situs web seperti contohnya “EdyUtomo.com“.

Nama domain kadang-kadang disebut pula dengan istilah URL, buat saya, untuk mempermudah memahaminya, definisi domain atau nama  domain adalah alamat website. Dengan membuka alamat website di internet, kita dapat melihat informasi yang disajikan di dalam halaman website tersebut.

Di internet, nama domain akan selalu berhubungan dengan hosting yaitu lokasi untuk menyimpan file – file yang ada pada website, sehingga dapat disajikan secara online di internet.

 

Hosting

Hosting adalah Tempat dimana anda akan menyimpan seluruh data dari Website anda,data yang disimpan dapat berupa gambar,suara,video, maupun tulisan. Jadi tempat penyimpanan/Hosting adalah sebuah Komputer yang hidup selama 24jam nonstop tanpa dimatikan, sehingga anda bisa mengakses website anda secara penuh dan terus-menerus dengan koneksi internet. Baca juga : apa itu hosting dan fungsinya

 

BAGAIMANA WEBSITE BISA ONLINE DI INTERNET?

Sudah faham kan… apa itu domain dan hosting?  Agar website dapat online dan menyajikan informasi untuk pembacanya, disamping menyiapkan domain juga harus menyewa hosting. Baik domain maupun hosting, dapat dimiliki dengan gratis bisa juga dengan berbayar. Namun keduanya tentu berbeda dari segi layanannya.

Jika domain gratis, kita hanya akan memiliki sub domain, contoh : bloganda.blogspot.com. Beda halnya jika anda membeli domain, anda akan memiliki domain pribadi, contoh : bloganda.com.

Sementara jika hosting gratis, disamping kuotanya terbatas, kita tidak mempunyai hak penuh atas pengelolaan blog tersebut, jika suatu saat dihapus pihak penyedia layanannya, kita tidak bisa apa – apa. Jika hosting berbayar, kita akan memiliki hak penuh pengelolaannya selama kita masih membayar sewa hosting. Demikianlah artikel seputar pengertian apa itu domain dan hosting.

Artikel terkait :
Cara Membuat Blog Profesional Dengan Mudah

You May Also Like

2 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: !