Menu Click to open Menus
Home » Ilmu Gizi » Unsur Unsur Zat Gizi Yang Penting Bagi Tubuh Manusia

Unsur Unsur Zat Gizi Yang Penting Bagi Tubuh Manusia

(1263 Views) April 21, 2017 12:35 am | No comment

Unsur – unsur gizi. Tubuh terdiri dari bermagai macam elemen atau organ yang semua itu penting karena memiliki fungsi dan tugas masing – masing agar tubuh menjadi sehat dan bugar.

Fungsi masing – masing organ mempunyai kaitan sehingga tidak dapat dipisahkan begitu saja. Untuk mendapatkan tubuh yang bugar dan sehat dibutuhkan unsur gizi yang cukup dan seimbang.

Berikut ini adalah unsur – unsur gizi yang dibutuhkan tubuh manusia sehingga memiliki tubuh yang sehat :

  • Karbohidrat. Ini memiliki fungsi penting di dalam tubuh, merupakan bahan bakar ( misalnya glukosa ), cadangan makanan dan materi pembangun. Kebutuhan karbohidrat masing – masing orang berbeda – beda tergantung tinggi rendahnya aktivitas yang dilakukan.
  • Protein. Unsur gizi yang pertama ini merupakan sumber energy yang penting bagi tubuh manusia yang berperan penting dalam menunjang keberadaan setiap sel bagi tubuh dan memperkuat kekebalan tubuh. Baca juga : sumber – sumber protein
  • Lemak. Unsur gizi Ini merupakan sumber energi selain karbohidrat dan protein. Dengan mengkonsumsi lemak secara berlebih maka dapat disimpan oleh tubuh sebagai cadangan energi. Cadangan lemak memang diperlukan tubuh namun jika jumlahnya terlalu banyak, maka bisa berdampak buruk yaitu munculnya gangguan kesehatan seperti penyakit jantung, ginjal, diabetes, tekanan darah tinggi dan lainnya.
  • Vitamin. Unsur gizi yang berikutnya adalah vitamin, ini merupakan molekul organic yang sangat diperlukan oleh tubuh guna proses metabolism dan pertumbuhan secara normal. Vitamin tidak dapat dihasilkan oleh tubuh dalam jumlah yang cukup, sehingga diperlukan bahan pangan untuk dikonsumsi untuk mendapatkan tambahan vitamin sehingga didapat jumlah yang cukup untuk tubuh. Terkecuali vitamin D yang dapat dibentuk dalam kulit jika mendapat sinar matahari.
  • Mineral. Untuk dapat hidup secara sehat dan tumbuh dengan baik, tubuh membutuhkan mineral , merupakan unsure gizi yang fungsi utamanya adalah : merupakan penyusun utama dari tulang dan gigi, membentuk garam – garam yang dapat larut dan mengendalikan komposisi cairan tubuh, serta turut membangun enzim dan protein.
  • Air. Ini memiliki peranan penting dalam tubuh. 65 – 70 % dari berat total tubuh terdiri atas air. Disamping itu air merupakan media berlangsungnya hampir setiap proses tubuh. Air merupakan dasar bagi cairan intra seluler dan ekstra seluler serta menjadi konstituen semua sekresi dan ekskresi pada tubuh. Lebih jauh lagi, orang yang berpuasa lama dapat bertahan hidup dari cadangan protein, lemak, karbohidrat dan nutrisi lain yang ada di dalam tubuh selama beberapa minggu, asalkan air masih ada. Sedangkan tanpa air, orang dapat meninggal dalam beberapa hari.
  • Serat dalam makanan ( dietary fiber ). Dalam membantu proses pencernaan makanan, serat memiliki fungsi yang penting diantaranya : melindungi usus besar ( kolon ) dari gangguan pencernaan seperti konstipasi, diare, juga kanker kolon. Disamping itu serat bermanfaat ntuk mencegah gangguan proses metabolisme sehingga terhindar dari kegemukan, diabetes mellitus, jantung koroner, dan batu ginjal.

INFO PENTING :
Hanya asuransi unit link yang bisa memberikan proteksi asuransi jiwa, asuransi kesehatan, dana pensiun, dan dana pendidikan … semuanya tergabung dalam 1 polis. Sebagai tulang punggung keluarga, minimal anda sendiri harus terlindungi asuransi, otomatis anda sudah merencanakan masa depan anak dan keluarga. Baca : panduan asuransi unit link

BAGIKAN ARTIKEL INI :

No comment for Unsur Unsur Zat Gizi Yang Penting Bagi Tubuh Manusia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: dilarang meng copy bro !!