Menu Click to open Menus
Home » Wordpress » Tutorial Cara Membuat Blog Di WordPress Dengan Mudah

Tutorial Cara Membuat Blog Di WordPress Dengan Mudah

(495 Views) April 29, 2017 8:30 am | No comment

Cara membuat blog di wordpressWordPress merupakan platform blog yang paling banyak digunakan. Untuk membuatnya bisa dilakukan dengan cara gratis dan bisa juga dengan cara berbayar.

Tutorial wordpress dalam artikel ini akan menjelaskan keduanya,  yaitu cara membuat blog dengan wordpress di hosting sendiri, disamping itu akan di bahas juga cara membuat website atau blog dengan wordpress gratis di wordpress.com atau id.wordpress.com( WordPress Indonesia ).

Dengan blog engine seperti wordpress ini, siapapun dapat membuat blog hanya dalam hitungan menit tanpa harus menguasai bahasa pemrograman, tanpa harus belajar HTML yang memusingkan kepala.

Tutorial wordpress ini akan membahas langkah – demi langkah sehingga bagi anda yang masih pemula dan sedang belajar membuat blog dengan wordpress, akan dengan mudah memahaminya.

A. Tutorial cara membuat blog dengan wordpress di hosting sendiri.

Dengan membuat blog di hosting milik sendiri, maka anda akan mempunyai blog atau website dengan nama domain pribadi yang sesuai dengan keinginan anda, misalnya www.situsanda.com atau nama lain yang sesuai dengan topik yang dibahas dalam blog anda.

Untuk dapat membuat blog wordpress di hosting milik sendiri ada syarat yang mutlak harus anda penuhi, yaitu anda harus sudah membeli domain dan hosting dari perusahaan yang menjual atau menyewakannya.

Berikut ini adalah langkah – langkah cara membuat blog di wordpress di hosting milik sendiri :

1. Buka cpanel hosting anda, www.situsanda.com/cpanel, setelah anda login akan muncul halaman seperti gambar di bawah ini :

cara membuat blog wordpress

2. Kemudian klik ” softaculous ” ( bertanda merah ) atau bisa juga ” fantastico ” ini tergantung dari hosting yang anda sewa. Kemudian akan muncul halaman seperti gambar di bawah ini

cara membuat blog wordpress

3. Klik ” install ” , nanti akan muncul halaman seperti gambar di bawah ini :

cara membuat blog wordpress

Jika blog anda akan diletakkan di domain utama maka kolom ” in directory ” harus anda kosongkan, sehingga alamat blog anda menjadi www.situsanda.com.

Namun jika blog anda akan diletakkan pada directory, maka kolom ” in directory ” harus anda isi dengan nama yang anda inginkan, misalnya : ” blogsaya “, sehingga alamat blog anda akan menjadi www.situsanda.com/blogsaya

Kemudian yang perlu anda isi adalah : site name, site description, yang menggambarkan topik dari blog anda.

Disamping itu yang harus anda ini adalah kolom username dan password, isi sesuai selera anda.

Setelah semuanya anda isi, kemudian klik ” install ” , dan akan muncul halaman seperti di bawah ini

cara membuat blog wordpress

Selamat..!! instalasi blog anda sudah selesai.

Pada contoh di atas saya menginstall blog wordpress di directory ” blogsaya ” , sehingga alamat blog saya adalah www.edyutomo.com/blogsaya.

Untuk membuat postingan artikel dan mengedit konfigurasi blog anda, silakan akses dashboard blog anda di alamat www.situsanda.com/wp-admin jika blog anda diletakkan di domain utama. Kalau blog anda diletakkan di directory, maka dashboard anda dapat diakses di www.situsanda.com/namabloganda/wp-admin.

Silakan coba kunjungi blog wordpress anda yang telah diinstall di hosting milik sendiri. Lihat tampilannya seperti gambar di bawah ini

cara membuat blog wordpress

Happy blogging.

B. Tutorial cara membuat blog gratis dengan wordpress.com atau id.wordpress.com ( WordPress Indonesia )

Membuat blog gratis dengan wordpress.com atau id.wordpress.com sebenarnya sama saja, yang membedakan adalah tampilan bahasanya saja, pada wordpress indonesia tampilan bahasanya adalah bahasa indonesia.

Langkah – langkah cara membuat blog dengan wordpress gratis adalah sebagai berikut :

1. Buka browser anda kunjungi id.wordpress.com, akan muncul halaman seperti gambar di bawah ini

cara membuat blog wordpress

2. Klik saja ” memulai ” akan muncul halaman seperti gambar di bawah ini

cara membuat blog wordpress

3. Isilah kolom formulir di atas, sesuaikan dengan email anda sendiri, nama pengguna, kata sandi dan alamat blog anda, kemudian klik ” buat blog “, akan muncul halaman seperti gambar di bawah ini

cara membuat blog wordpress

4. Buka email anda untuk mengaktifkan blog anda, lihat gambar di bawah ini

cara membuat blog wordpress

5. Klik saja ” aktivate blog ” untuk mengaktifkan blog anda, sehingga akan muncul halaman seperti di bawah ini

cara membuat blog wordpress

PENTING :  Setelah memiliki blog, tugas anda belum selesai. Masih ada langkah yang lebih penting lagi yaitu mengoptimalkan blog anda agar menembus halaman pertama pencarian Google, pelajari panduan sekarang … klik belajar SEO

6. Selamat..!! blog wordpress indonesia anda sudah jadi, untuk melakukan posting artikel dan pengaturan konfigurasi lainnya anda dapat mengakses dashboard anda di alamat : bloganda.wordpress.com/wp-admin


Baca juga :
Cara membuat artikel pada blog wordpress

 

BAGIKAN ARTIKEL INI :

No comment for Tutorial Cara Membuat Blog Di WordPress Dengan Mudah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: dilarang meng copy bro !!