Menu Click to open Menus
Home » Diabetes Melitus » Tipe Penyakit Diabetes Melitus

Tipe Penyakit Diabetes Melitus

(178 Views) April 16, 2017 9:04 am | No comment

Tipe diabetes. Sebagaimana kita ketahui bahwa seseorang yang mengidap penyakit diabetes dapat dilihat langsung dari peningkatan kadar gula dalam darah. Diabetes secara umum sering disebut sebagai penyakit kencing manis. Sebenarnya penyakit diabetes mellitus itu dikategorikan lagi menjadi diabetes mellitus tipe 1, diabetes mellitus tipe 2, dan diabetes mellitus gestasional . Namun sebenarnya apa yang membedakan dari kedua tipe penyakit diabetes mellitus tersebut.


Diabetes Melitus Tipe 1

Diabetes mellitus yang satu ini merupakan jenis diabetes yang tergantung pada insulin ( Insulin Dependent Diabetes Mellitus ). Ini ditandai dengan rusaknya pankreas sehingga fungsinya untuk menghasilkan insulin terganggu. Pada akhirnya pancreas tidak dapat menghasilkan insulin yang cukup, akibatnya terjadi timbunan gula pada aliran darah. Diabetes tipe 1 ini banyak ditemukan pada balita dan anak – anak remaja. Penyakit diabetes jenis ini hanya dapat diobati dengan terapi pemberian insulin yang dilakukan secara terus menerus berkesinambungan.

Diabetes Melitus Tipe 2

Ini berbeda dengan diabetes jenis pertama di atas. Ini adalah diabetes mellitus tanpa bergantung pada insulin ( Non-Insulin Dependent Diabetes Mellitus ). Diabetes melitus terjadi karena kekebalan tubuh terhadap insulin, ini ditandai dengan meningkatnya kadar insulin di dalam darah. Tubuh kebal terhadap insulin dimungkinkan karena faktor kegemukan, pola makan tidak sehat dan keturunan.


Diabetes gestasional

Diabetes mellitus ini terjadi pada wanita selama kehamilan. Pada wanita tersebut mempunyai kadar gula yang tinggi dalam darahnya, padahal dia tidak pernah menderita penyakit diabetes sebelum kehamilannya. Namun gejala diabetes ini akan hilang setelah melahirkan bayinya.

Itulah tipe – tipe penyakit diabetes mellitus yang perlu kita ketahui dan kita pelajari perbedaannya. Mudah – mudahan bermanfaat.

BAGIKAN ARTIKEL INI :

No comment for Tipe Penyakit Diabetes Melitus

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: dilarang meng copy bro !!