Menu Click to open Menus
Home » Blogging » Tips Cara Agar Website dan Blog Menjadi Responsif

Tips Cara Agar Website dan Blog Menjadi Responsif

(419 Views) April 29, 2017 7:23 am | 1 Comment

Website responsif. Memiliki blog atau website bukan merupakan hal yang baru. Begitu juga dengan pengetahuan cara membuat blog, rasanya sudah pada pinter. Tapi pernahkah terpikirkan oleh anda, bagaimana tampilan website anda, apabila diakses dari smartphone, seperti android, dan juga komputer tablet. Jika website anda tidak responsif maka jika diakses pada telepon pintar, tampilan website anda akan terpotong. Sehingga untuk melihat konten secara utuh, harus menggeser scroll ke kanan dan ke kiri.

Secara umum orang yang sedang membuka halaman website lebih suka menggulung scroll bar ke atas dan ke bawah. Akibatnya jika pengunjung website anda melihat tampilan halaman yang tidak responsif, mereka malas untuk ribet – ribet menggeser scrollbar ke kiri dan ke kanan. Dan akhirnya menutup halaman anda, untuk mencari situs yang lain yang enak dibaca.

Buat seorang pebisnis internet, kondisi yang demikian adalah hal yang sangat merugikan, karena akan kehilangan calon pembeli yang potensial. Sekarang ini pengunjung website dari smartphone menjadi penyumbang traffic atau jumlah kunjungan yang tidak sedikit.

Berikut ini adalah tampilan website yang responsif pada sebuah smartphone :

website-responsive

Sekarang bandingkan dengan tampilan website yang tidak responsif seperti gambar di bawah ini :

website-responsive

Untuk melihat konten website seutuhnya harus menggeser scrollbar ( tanda merah ) ke kiri dan ke kanan. Tentunya ini merupakan pekerjaan yang ribet. Lalu bagaimana caranya agar tampilan blog atau website menjadi responsif?

SUDAHKAH WEBSITE ANDA RESPONSIF? COBA DENGAN CARA INI

Untuk mengecek apakah website anda responsif atau tidak, caranya mudah, nggak perlu belajar HTML segala, silakan buka http://www.responsinator.com , kemudian masukkan alamat situs anda pada tempat yang telah disediakan lalu tekan ” Go “.

Kemudian akan terbukan halaman yang menunjukkan tampilan website anda pada beberapa jenis smartphone. Jika pada bagian muncul scrollbar, yang artinya, untuk melihat konten anda harus menggeser scroll ke kiri dan ke kanan, maka itulah yang disebut website yang tidak responsif. Lalu bagaimana cara membuat website agar responsif? perlukah membuat website yang baru?

Jika website atau blog anda menggunakan blogger atau blogspot, maka otomatis tampilannya sudah responsif. Jika blog anda menggunakan WordPress, maka anda harus mengganti template atau themes yang anda pakai sekarang dengan themes wordpress yang responsif. Anda dapat menemukannya dengan mudah diinternet. Cari aja di Google. Semoga bermanfaat. Penggunaan themes blog atau website yang responsif juga merupakan salah satu teknik SEO yang harus diterapkan.

Selain penggunaan themes yang tepat, untuk mengoptimalkan blog atau website pada search engine, perlu dilakukan optimasi dengan cara yang benar. Optimasi blog sebenarnya dapat dilakukan sendiri dengan mudah tanpa harus tergantung jasa SEO. Ini justru akan lebih permanen hasilnya.

Artikel terkait :

Cara Mudah No 1 Di Google Tanpa Berburu Backlink

BAGIKAN ARTIKEL INI :

1 Comment for Tips Cara Agar Website dan Blog Menjadi Responsif

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: dilarang meng copy bro !!