Menu Click to open Menus
Home » Tips Kesehatan » Senam Otak Tingkatkan Memori Daya Ingat

Senam Otak Tingkatkan Memori Daya Ingat

(645 Views) September 12, 2016 5:07 am | No comment

Senam otak. Mungkin teman – teman bertanya – Tanya, apa maksud dari senam otak. Jika dalam pengertian secara awam, senam jasmani itu dilakukan secara fisik, berbeda dengan senam otak. Senam otak merupakan tindakan yang dilakukan secara rutin dengan tujuan untuk merangsang peningkatan daya ingat atau memori pada otak. Para ahli syaraf menyatakan ada beberapa cara yang efektif untuk meningkatkan kekuatan otak. Lalu bagaimana cara melakukan senam otak?

Berikut ini adalah beberapa aktifitas senam otak yang bisa meningkatkan memori atau daya ingat anda :

1. Mempelajari satu kata baru sehari. Biasakan belajar mengingat kata, bahkan satu kata baru setiap hari. Jika cara ini terus dilakukan, anda bisa mengingat 350 kata per tahun, atau 3000 kata per decade. Ini sangat baik untuk melatih daya ingat. Karena pada umumnya, kosa kata fungsional orang dewasa rata – rata hanya sekitar 10.000 kata.

2. Bermain video game. Ketika digunakan secara bijak, video game dapat meningkatkan kepekaan indera. Ini membuat anda lebih cepat tanggap, dan merespon lebih cepat.

3. Menghargai seni. Musik meningkatkan kemampuan bahasa dan verbal , dan pelatihan music instrumental meningkatkan kekuatan otak. Memainkan alat musik juga meningkatkan kecekatan jari dan mampu meningkatkan umur panjang.

4. Menjaga berat badan ideal. Sangat penting untuk menjaga berat badan ideal anda, karena obesitas dapat menurunkan kecerdasan, ketajaman mental, kognitif fleksibilitas dan konsentrasi.

5. Berjalan. Berjalan 1 mil setiap hari akan mengurangi risiko mengalami demensia sebesar 50 %. Tapi jika anda tidak mempunyai waktu, jalan cepatlah 45 menit secara rutin tiga kali seminggu.

rahasia membeli asuransi unit link6. Menantang diri. Penelitian baru menunjukkan bahwa selalu menyajikan otak anda dengan tantangan mental yang baru seperti teka teki silang, atau mengingat daftar belanjaan ke dalam memori.

7. Konsumsi kenari dan blueberry dalam diet harian anda. Kenari mengandung omega-3 asam lemak bersama dengan sejumlah bahan kimia lainnya yang berfungsi sebagai antioksidan kuat untuk memblokir tindakan – tindakan radikal bebas yang menyebabkan kerusakan sel otak. Blueberry juga bermanfaat meningkatkan sirkuit otak.

8. Terus belajar. Cari topik yang menarik dan selalu belajar dengan tujuan meningkatkan pengetahuan. Ini akan meningkatkan memori jangka panjang dan meningkatkan penyimpanan cadangan kognitif. Cara ini bisa menjadi investasi anda agar memiliki ingatan kuat meski usia telah lanjut.

9. Beristirahat. Meluangkan waktu untuk beristirahat selama 20 menit tidur siang akan meningkatkan memori, memperbaiki suasana hati, memulihkan konsentrasi, fokus, dan meningkatkan kreatifitas.

10. Bermain. Permainan menyusun balok bisa meningkatkan keterampilan jari tangan. Permainan ini telah terbukti dapat meningkatkan kelincahan baik mental dan fisik. Selain itu, bermain sulap juga bisa merangsang sebagian besar jaringan otak.

Ternyata untuk melatih peningkatan ketajaman daya ingat atau memori otak dapat dilakukan dengan terapi sederhana secara mandiri. Langkah – langkah senam otak di atas akan terasa hasilnya jika dilakukan secara rutin dan menjadi kebiasaan. Daya ingat dan kecerdasan memang harus diasah dan dilatih sehingga akan meningkat dengan efektif tanpa obat apapun.

sumber : harian “wawasan”, 11 Pebruari 2016

BAGIKAN ARTIKEL INI :

No comment for Senam Otak Tingkatkan Memori Daya Ingat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: dilarang meng copy bro !!