Menu Click to open Menus
Home » Sakit Gigi » Sakit Gigi Geraham Karena Goyah Begini Solusi Obatnya

Sakit Gigi Geraham Karena Goyah Begini Solusi Obatnya

(1613 Views) June 23, 2017 3:48 am | 5 Comments

Sakit gigi geraham goyah. Ini membuat orang tidak berdaya karena disamping merasakan sakit, gigi geraham juga tidak mampu untuk mengunyah makanan.  Jangankan mengunyah makanan, tidak untuk mengunyah saja terasa sakit sekali, tentu ini akan menyiksa sekali.

Sakit gigi pada umumnya yang dikeluhkan adalah karena giginya berlubang, pada kenyataannya … tanpa ada lubang pada gigi juga bisa menimbulkan sakit gigi. Saya pernah mengalami sakit gigi dengan kasus seperti di atas, tidak ada yang berlubang namun gigi geraham sakit sekali, pada saat saya periksa ternyata gigi gerahan tersebut goyah atau goyang. Pada saat mengunyah makanan jika tersentuh pun terasa sakit. Lalu bagaimana cara mengobatinya?  Jika anda mengalaminya dibawah ini solusi obat sakit gigi geraham goyang .

 

CARA MENGATASI / MENGOBATI SAKIT GIGI BAGIAN GERAHAM YANG GOYAH

Untuk mengobati sakit gigi geraham goyang tersebut ternyata sederhana sekali seperti berikut ini :

  • Gosok gigi anda secara teratur
  • Gunakan obat kumur setiap setelah menggosok gigi
  • Hindari makanan atau minuman yang terlalu panas, terlalu dingin dan terlalu manis.
  • Hindari makanan yang terlalu keras.
  • Hindari makanan yang berasa asam.
  • Hindari Pemutih Gigi. Pemutih gigi biasanya mengandung zat pemutih yang merusak enamel dan akar gigi. Bahkan, kandungan kimia di dalamnya juga melemahkan jaringan yang menempel gigi dengan tulang. Oleh karena itu, untuk mencegah gigi bergoyang, sebaiknya hindari pemakaian pasta atau obat pemutih gigi.

Hanya dengan cara tersebut ternyata efektif untuk menghilangkan sakit gigi pada gigi geraham goyang tesebut. Pengalaman saya, dengan cara tersebut sakit gigi tidak terasa lagi, namun butuh proses waktu untuk gigi menjadi kuat kembali.

 

CARA MEMPERKUAT GIGI YANG GOYANG

Terkadang … walaupun  sakit gigi sudah sembuh, namun gigi tetap goyah atau goyang, anda tidak perlu khawatir … anda tidak membutuhkan obat untuk memperkuat gigi yang goyang, cara alami berikut ini efektif untuk menguatkan gigi. Berikut ini adalah beberapa tips cara alami untuk menguatkan gigi anda kembali :

  • Alat Pembersih Mulut yang Higienis. Untuk mencegah infeksi bakteri yang dapat menyebabkan gigi goyang, selalu gunakan alat pembersih mulut dan gigi yang steril. Lakukan dua kali sehari.
  • Garam dan Mustard Oil. Ramuan ini bemanfaat untuk memperkuat gusi. Campurkan satu sendok teh garam dengan sedikit minyak mustard, lalu oleskan pada gusi Anda dengan disertai pijatan lembut. Cara ini adalah salah satu pengobatan alami untuk memperkuat gigi longgar.
  • Lada Hitam dan Kunyit. Lada hitam dan kunyit membantu dalam menguatkan gusi dan mencegah gigi goyang. Buatlah pasta dari bubuk merica dan kunyit. Lalu pijatkan secara lembut pada gusi Anda. Diamkan selama 30 menit. Cara ini juga berkhasiat untuk meredakan radang gusi.
  • Garam. Larutkan garam dalam segelas air dan bilas mulut Anda larutan tersebut. Tips ini sangat efektif membunuh semua infeksi dalam mulut karena garam memiliki sifat antiseptik. Tidak hanya itu, garam juga berkhasiat untuk memperkuat gusi dan mencegah gigi bergoyang.
  • Peppermint Oil. Minyak Peppermint membantu untuk mengurangi rasa sakit dan peradangan gusi. Pijat gusi Anda secara lembut dengan minyak peppermint untuk mengobati gigi bergoyang. Selain aman, resep ini sangat efektif menyembuhkan infeksi mulut, termasuk gigi bergoyang.
  • Makanan Berkuah. Ketika mengalami gigi bergoyang, hindari mengkonsumsi makanan dengan tekstur yang keras. Usahakan untuk memilih makanan yang berkuah, seperti sayur bayam. Cara ini dapat mengurangi rasa sakit dan peradangan pada gigi dan gusi.
  • Sayuran Hijau. Cara lain untuk mengobati gigi bergoyang secara alami yaitu dengan memperbanyak konsumsi sayuran hijau. Sayur mayur berkhasiat untuk meningkatkan kekebalan tubuh sehingga berguna untuk melawan infeksi.
  • Minyak Cengkeh. Minyak cengkeh terbukti sangat mujarab dalam meredakan nyeri gigi dan radang gusi. Selain itu, minyak cengkeh juga bemanfaat untuk memperkuat gusi. Pijat gusi menggunakan minyak cengkeh untuk meredakan peradangan dan nyeri secara alami.
  • Hindari Buah-Buahan Asam. Asupan buah-buahan asam secara berlebihan seperti lemon dapat merusak enamel gigi dan memperkuat akar gigi sehingga dapat mencegah dan menyembuhkan gigi goyang.
  • Probiotik. Probiotik meningkatkan pertumbuhan dan populasi bakteri baik di dalam usus. Pada gilirannya, bakteri baik tersebut membantu untuk melawan dengan infeksi yang disebabkan oleh bakteri berbahaya dengan meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda. Adapun sumber probiotik yaitu yoghurt.

Sakit gigi bisa disebabkan berbagai hal, namun salah satunya adalah bakteri yang bersarang pada mulut kita. Menjaga kesehatan gigi dan mulut adalah langkah tepat untuk mencegah timbulnya sakit gigi.

Baca juga :
Cara Mengobati Sakit Gigi Berlubang Paling Ampuh

BAGIKAN ARTIKEL INI :

5 Comments for Sakit Gigi Geraham Karena Goyah Begini Solusi Obatnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: dilarang meng copy bro !!