Menu Click to open Menus
Home » Peluang Usaha » Prosedur Pengurusan Izin Usaha Makanan SSP-IRT

Prosedur Pengurusan Izin Usaha Makanan SSP-IRT

(555 Views) April 27, 2017 12:41 am | No comment

Izin usaha makanan SSP-IRT. Produk makanan yang akan dijual di pasaran wajib untuk memiliki izin dari DepartemenKesehatan atau Badan Pengawas Obat dan Makanan ( BPOM ) di daerah setempat.

Hal tersebut dimaksudkan untuk melindungi konsumen agar makanan yang dijual merupakan makanan yang aman dikonsumsi oleh konsumen. Makanan dikatakan aman untuk dikonsumsi jika makanan tersebut bebas dari zat – zat yang berbahaya bagi kesehatan tubuh, seperti zat pewarna kain itu tidak diperbolehkan untuk digunakan sebagai pewarna makanan. Kadar pengawet makanan juga perlu diperhatikan agar tidak berlebihan dan membahayakan bagi kesehatan tubuh.

BPOM menetapkan standar penggunaan bahan – bahan pengawet, zat pemanis buatan dan lainnya sehingga industri makanan dapat terjamin keamanannya dan tidak merugikan konsumen. Itulah perlunya mengurus izin usaha makanan. Berikut ini adalah prosedur langkah – langkah cara pengurusan izin usaha makanan dari BPOM :

  • Datang ke BPOM Depkes setempat, kemudian mengisi formulir pengajuan izin usaha makanan untuk mendapatkan Sertifikat Produk Pangan Industri Rumah Tangga ( SPP-IRT ).
  • Setelah mendaftar anda akan mendapatkan penyuluhan mengenai keamanan pangan dan segala sesuatunya.
  • Setelah itu pihak BPOM akan melakukan survei tempat produksi makanan yang akan dijual, memeriksa bahan – bahan apa saja yang digunakan dalam pembuatan produk makanan yang akan dijual, memeriksa kebersihan tempat produksi dan lain sebagainya.
  • Setelah hasil survei dari pihak BPOM menyatakan produk makanan yang akan dijual adalah aman untuk dikonsumsi, maka BPOM akan mengeluarkan SPP-IRT kepada pemilik usaha.
  • Nomor dari SPP-IRT perlu dicantumkan di kemasan agar konsumen yakin bahwa produk yang dibeli merupakan produk yang sudah lulus uji dari BPOM, sehingga aman untuk dikonsumsi.

Demikianlah prosedur pengurusan izin usaha makanan yang perlu dimiliki setiap pelaku usaha makanan. Anda memiliki usaha di bidang penjualan makanan? sudah punya izin BPOM? jika belum, anda dapat mendaftarkan diri sekarang. Atau, jika anda masih mencari ide peluang usaha, anda dapat mencatat prosedur pengurusan izin usaha makan tersebut, siapa tahu nanti dibutuhkan.

BAGIKAN ARTIKEL INI :

No comment for Prosedur Pengurusan Izin Usaha Makanan SSP-IRT

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: dilarang meng copy bro !!