Menu Click to open Menus
Home » Asuransi » Pilih Mana, Asuransi Kesehatan, Unit Link Atau BPJS

Pilih Mana, Asuransi Kesehatan, Unit Link Atau BPJS

(16 Views) April 22, 2017 8:35 am | No comment

Lebih bagus mana, asuransi unit link atau BPJS kesehatan? Itulah pertanyaan yang sering diajukan banyak orang. Mempunyai kondisi badan yang selalu sehat merupakan keinginan setiap orang, namun datangnya penyakit akan sewaktu – waktu datang tanpa dapat dicegah walaupun tidak diinginkan.

Tidak ada orang yang kebal penyakit sehingga tidak akan pernah sakit, sehingga risiko sakit dapat menimpa siapapun, kapanpun, dan dalam kondisi apapun. Dengan latar belakang itu program jaminan kesehatan sangat dibutuhkan semua orang. Program jaminan kesehatan dapat kita temui dalam bentuk : asuran si kesehatan, asuransi unit link, dan BPJS kesehatan yang diluncurkan pemerintah.

Dari ketiga model jaminan kesehatan, manakah yang lebih baik kita pilih? soal baik atau buruknya, sebenarnya ketiga program tersebut semuanya baik. Tapi kalau untuk memilih, tentunya harus dipertimbangkan mengenai plus minus dari masing – masing pprogram jaminan kesehatan tersebut.

Asuransi kesehatan dan asuransi unit link menawarkan manfaat yang kurang lebih sama namun pada asuransi unit link seperti asuransi Prudential mempunyai manfaat tambahan berupa investasi. Sedangkan untuk BPJS kesehatan, program pemerintah ini juga memberikan jaminan pengobatan jika peserta mengalami sakit dan harus berobat. BPJS kesehatan dapat mengcover seluruh lapisan masyarakat dalam kategori kelas yang berbeda. Bagi rakyat miskin dapat memperoleh jaminan ini tanpa harus membayar iuran bulanan.

Asuransi unit link, sebagai contoh adalah Prudential Indonesia memberikan manfaat paling lengkap, dalam satu polis sudah mencakup asuransi jiwa, asuransi kesehatan dan manfaat investasi. Dari manfaat investasi, akan terkumpul saldo nilai tunai yang dapat digunakan sebagai dana pendidikan, dana pensiun atau jaminan hari tua, untuk itu nasabah dibebankan premi setiap bulannya. Jika terjadi risiko sakit, seluruh pengobatan yang ditanggung, akan menjadi tanggung jawab perusahaan asuransi. Jika nasabah meninggal, seluruh uang pertanggungan dan saldo nilai tunai akan dibayarkan oleh perusahaan asuransi.

Disamping memiliki plusnya, BPJS kesehatan juga ada kekurangannya, yaitu iuran yang dibayarkan oleh peserta setiap bulannya tidak ada manfaat investasinya, jadi iuran bulanan tersebut tidak dapat diuangkan. Tidak dapat langsung diklaim pada setiap rumah sakit, artinya : sebelumnya harus mendapatkan rujukan dari dokter yang ditunjuk. Peserta harus menyesuaikan jumlah iuran bulanan jika pemerintah menaikkan jumlah iuran bulanan tersebut.

Dari plus dan minus program kesehatan di atas kita dapat membuat pertimbangan untuk disesuaikan kondisi dari kita sendiri, terutama kondisi keuangan keluarga. Jika kita ingin mendapatkan jaminan pengobatan dengan premi yang murah sekali, akan lebih baik jika memilih BPJS kesehatan. namun begitu, kekurangannya yaitu iuran tidak dapat membentuk saldo tabungan, walaupun tidak ada klaim pengobatan.

Lain halnya dengan asuransi unit link, jika secara keuangan anda sanggup membayar premi bulanan selama kontrak asuransi, akan lebih baik jika memilih asuransi unit link, karena disamping memberikan jaminan pengobatan, juga akan memberikan santunan kepada ahli waris jika tertanggung meninggal. Disamping itu, dari premi yang dibayarkan setiap bulan, akan terbentuk saldo nilai tunai ( tabungan hasil investasi ), yang jumlahnya akan terus bertambah walaupun masa pembayaran premi telah selesai.

BAGIKAN ARTIKEL INI :

No comment for Pilih Mana, Asuransi Kesehatan, Unit Link Atau BPJS

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: dilarang meng copy bro !!