Menu Click to open Menus
Home » Penyakit Jantung » Penyebab Penyakit Jantung Yang Tidak Disadari

Penyebab Penyakit Jantung Yang Tidak Disadari

(159 Views) April 20, 2017 2:00 am | No comment

Penyebab penyakit jantung banyak dikatakan orang sebagai faktor keturunan. Itu mungkin ada benarya juga, namun telah terbukti secara medis, bahwa penyakit jantung banyak disebabkan oleh gaya hidup yang tidak sehat.

Organ jantung yang tidak sehat akan sangat sensitif terhadap makanan yang mengandung bahan yang merusak kesehatan jantung itu sendiri. Sebenarnya banyak sekali makanan yang ki ta konsumsi sehari – hari, yang karena ketidaktahuan kita, tetap kita konsumsi. Padahbal makanan tersebut merupakan penyebab penyakit jantung, yang seharusnya kita hindari.

Berikut ini adalah beberapa faktor penyebab penyakit jantung, yang mungkin saja diantara adalah merupakan kebiasaan anda, diantaranya :

  • Asap rokok. Bahaya asap rokok bagi penderita penyakit jantung adalah : mempercepat pembekuan darah, mengakibatkan pengendapan lemak pada dinding saluran darah, mengurangi pasokan darah ke jantung, degup jantungnya meningkat, dan tekanan darahnya juga meningkat.
  • Kurang olah raga. Olah raga penting untuk menguatkan jantung dan untuk memperbaiki aliran darah ke jantung. Jika tubuh kurang olah raga maka organ – organ lainnya termasuk jantung tidak dapat bekerja dengan sempurna.
  • Darah tinggi. Penyebab penyakit jantung yang satu ini dapat menimbulkan penyempitan saluran darah, sehingga jantung harus bekerja lebih keras untuk mengalirkan darah melalui saluran yang sempit itu. Dengan demikian jika tekanan darah semakin tinggi maka risiko akan serangan penyakit jantung juga lebih besar.
  • Diabetes melitus. Jika seseorang menderita penyakit kencing manis, maka besar kemungkinan akan terjadi kerusakan pada organ tubuh yang lain termasuk jantung. Jadi kencing manis juga termasuk penyebab penyakit jantung.
  • Kandungan lemak yang tinggi. Jenis makanan yang kandungan lemaknya tinggi seperti : mentega, minyak sapi dan daging berlemak lebih berisiko terkena penyakit jantung.
  • Makanan yang mengandung kolesterol. Cumi, udang, kepiting, otak sapi, daging kambing, daging berlemak, organ dalam hewan, bebek, belut, kuning telur, susu sapi, kulit ayam, makanan kemasan olahan daging ayam. Ini merupakan penyebab penyakit jantung yang umum terjadi. Sebenarnya kolesterol dibutuhkan tubuh untuk membuat hormone dan vitamin D yang dapat diproduksi oleh hati. Namun jika kita terlalu banyak mengkonsumsi makanan berlemak jenuh berkadar tinggi, maka hati akan memproduksi kolesterol lebih banyak lagi, sehingga merugikan kesehatan.

Setelah mengetahui beberapa penyebab penyakit jantung, ada baiknya juga jika kita mengetahui jenis makanan yang baik untuk menjaga kesehatan jantung. Berikut ini adalah jenis makanan yang baik untuk menjaga kesehatan jantung anda:

  • Sayuran berdaun. Bayam, pok choy, lobak, fenugreek, dan selada, sayuran ini adalah beberapa contoh jenis sayur yang dapat mengurangi penyakit jantung dan kanker. Sebab sayuran ini rendah lemak, kalori dan tingggi serat. Selain itu juga mengandung asam folat, magnesium, kalsium, kalium dan mineral untuk fungsi optimal jantung. Menurut penelitian, konsumsi satu porsi sayuran berdaun dapat menurunkan risiko penyakit jantung sebesar 11 persen.
  • Oat. Oat adalah salah satu menu pilihan sehat yang baik di pagi hari. Makanan ini tidak hanya membuat perut kenyang dan energik tetapi juga menjadi makanan sehat untuk jantung. Mengandung beta glucan, serat mudah larut dalam tubuh yang membantu menurunkan kolesterol terutama LDL dalam tubuh.
  • Gandum murni. Gandum sangat baik terhaap jantung karena mengandung serat alami, vitamin E, zat besi, magnesium dan antioksidan.
  • Protein kedelai. Kedelai merupakan makanan pengganti yang baik untuk daging merah yang tinggi lemak dan mampu meningkatkan kolesterol jahat dan lemak jenuh pada jantung.
  • Minyak zaitun. Mengkonsumsinya secara rutin dapat menurunkan ion LDL dalam tubuh. Minyak zaitun adalah salah satu minyak yang sehat untuk jantung. Minyak zaitun dengan jenis Extra Virgin lebih banyak mangandung polifenol dibandingkan jenis lainnya.
  • Tomat. Tomat merupakan sumber vitamin yang berfungsi untuk membersihkan darah. Vitamin K dalam tomat berfungsi untuk mencegah terjadinya pendarahan. Akan lebih baik jika dikonsumsi pada saat segar.
  • Apel. Konsumsi satu buah apel per hari akan membantu mencegah terjadinya pembekuan darah.
  • Almond. Mengandung vitamin B17, E dan mineral seperti magnesium, zat besi, dan merupakan sumber lemak tak jenuh tunggal yang baik dalam tubuh.
  • Anggur merah. Mengkonsumsinya dalam jumlah yang tidak berlebih dapat berdampak positif pada kesehatan jantung karena mengandung antioksidan yang disebut dengan resvaratrol. Di samping itu anggur merah juga mengandung flavonoid.
  • Cokelat. Cokelat yang baik adalah cokelat yang mengandung sedikit lemak dan tinggi cocoa. Cokelat hitam atau dark chocolate adalah jenis cokelat yang biasa dikonsumsi sehari-hari. Mengkonsumsi sekitar 150 kalori cokelat yang mengandung 60 persen kandungan cocoa bisa menjadi bagian diet sehat untuk para penderita penyakit jantung.

Mengetahui penyebab penyakit jantung merupakan cara untuk dapat mencegah penyakit jantung. Contoh dalam hal makan, sebaiknya kita menghindari jenis makanan yang tinggi kadar kolesterolnya untuk mengurangi risiko terkena penyakit jantung, belum lagi sekarang ini banyak ditemukan kasus – kasus jenis penyakit jantung yang lain.

Jika anda merasakan adanya gejala penyakit jantung, ada baiknya menghindari berbagai faktor penyebab penyakit jantung, dan yang lebih penting adalah pemeriksaan teratur sebagai salah satu tindakan pencegahan penyakit jantung.

INFO :

Asuransi unit link menghindarkan anda dari risiko kerugian finansial akibat penyakit jantung. Pelajari rahasia membeli asuransi prudential Indonesia unit link. Pelajari informasi selanjutnya tentang asuransi prudential.

BAGIKAN ARTIKEL INI :

No comment for Penyebab Penyakit Jantung Yang Tidak Disadari

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: dilarang meng copy bro !!