Menu Click to open Menus
Home » Kolesterol » Penyebab Kolesterol Tinggi Yang Populer

Penyebab Kolesterol Tinggi Yang Populer

(386 Views) April 18, 2017 2:56 am | No comment

Penyebab kolesterol tinggi. Ada banyak hal yang dapat menjadi penyebab penyakit tertentu termasuk penyakit kolesterol tinggi. Makanan yang kita konsumsi sehari – hari dapat menjadi sumber nutrisi yang baik namun dapat pula menjadi sumber penyebab timbulnya penyakit, termasuk kolesterol tinggi.

Faktor gaya hidup yang tidak sehat menjadi salah satu penyebab terbesar timbulnya berbagai penyakit. Mengkonsumsi makanan yang mengandung kolesterol tinggi dan kurangnya aktifitas atau olah raga menjadi penyebab teratas timbulnya penyakit kolesterol, namun banyak juga hal – hal yang dapat menjadi penyebab kolesterol tinggi.

Berikut ini adalah beberapa faktor penyebab kolesterol tinggi yang harus kita ketahui agar dapat kita hindari :

  • Pola Makan. Makanan yang kita konsumsi sehari – hari dapat menjadi pemicu penyakit kolesterol jika mengandung kolesterol jahat antara lain : daging merah, otak, seafood, susu hewani, kuning telur, mentega, keju.
  • Berat badan berlebih. Kelebihan berat badan dapat menjadi faktor risiko penyakit tertentu termasuk kolesterol. Kelebihan berat badan dapat meningkatkan trigliserida dan menurunkan HDL (kolesterol baik).
  • Kurang beraktifitas atau kurang olahraga. Kurang gerak, malas-malasan, tidur, seharian di depan televisi atau komputer akan menaikkan level LDL atau kolesterol jahat dan menurunkan HDL atau kolesterol baik.
  • Usia dan Jenis Kelamin. Saat usia seseorang masuk di angka 20 tahun, secara alami level kolesterol akan mulai naik sedikit demi sedikit (karena itu harus Anda jaga). Pada pria, jika pola hidup baik, maka kolesterol akan mulai stabil di usia 50 tahun. Sedangkan pada wanita, kolesterol cenderung stabil hingga menopause. Setelah menopause, level kolesterol bisa meningkat sebanyak pria.
  • Tidak pernah cek kesehatan. Pemeriksaan dokter merupakan salah satu tindakan pencegahan untuk memastikan kadar kolesterol normal. Tidak adanya pemeriksaan medis akan meningkatkan risiko penyakit kolesterol.
  • Riwayat Keluarga. Ini merupakan salah satu faktor penyebab tetapi tidak selalu. Jika keluarga memiliki kolesterol tinggi, ada kemungkinan besar Anda akan mengalami hal yang sama.
  • Kebiasaan Merokok. Anda pasti sudah hafal tentang bahaya merokok. Merokok akan menurunkan kadar kolesterol baik, sehingga kolesterol jahat akan meningkat, sehingga menjadi penyebab kolesterol tinggi.

Demikianlah beberapa hal yang dapat menjadi penyebab kolesterol tinggi. Pelajari juga tentang gejala kolesterol tinggi dan bagaimana cara menurunkan kolesterol.

INFO :

Asuransi unit link menghindarkan anda dari risiko kerugian finansial akibat penyakit kolesterol dan penyakit lainnya. Pelajari rahasia membeli asuransi prudential Indonesia unit link. Pelajari informasi selanjutnya tentang asuransi prudential.

BAGIKAN ARTIKEL INI :

No comment for Penyebab Kolesterol Tinggi Yang Populer

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: dilarang meng copy bro !!