Menu Click to open Menus
Home » Diabetes Melitus » Penyebab Diabetes Banyak Orang Tidak Menyadari

Penyebab Diabetes Banyak Orang Tidak Menyadari

(44 Views) April 16, 2017 8:54 am | No comment

Penyebab diabetes secara umum telah diketahui banyak orang adalah karena sering mengkonsumsi makanan yang mengandung banyak gula. Hal tersebut tidak berlebihan, pada kenyatannya pada penderita diabetes ditemukan level atau kadar gula yang tinggi. Mungkin di antara teman – teman banyak yang suka dengan makanan yang rasanya manis, hati – hati ya dengan risiko diabetes melitus.

Secara lebih rinci penyebab diabetes akan diuraikan pada bagian di bawah ini, dengan begitu kita dapat mempelajari apa saja yang perlu kita hindari agar dapat terhindar dari risiko penyakit diabetes. Ok, langsung saja kita simak beberapa penyebab diabetes antara lain :

  • Terlalu banyak mengkonsumsi karbohidrat. Seperti kita ketahui bahwa tubuh mempunyai kemampuan yang terbatas dalam mengolah makanan yang kita konsumsi. Jika kita terlalu mengkonsumsi banyak makanan yang mengandung karbohidrat, maka tubuh akan menyimpannya dalam bentuk gula dalam darah ( glikogen ). Maka jika ini berlangsung setiap hari, akan terjadi penumpukan glikogen dalam tubuh, yang akan menjadi pemicu awal timbulnya gejala diabetes. Dan ini adalah penyebab diabetes yang populer.
  • Banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung gula. Banyak sekali makanan atau minuman manis yang memang mengandung banyak gula, sementara kita tidak tahu takarannya. Secara kronologis, akan terjadi penumpukan gula berlebih, seperti poin pertama di atas. Jadi wajar jika ini dikatakan sebagai salah satu penyebab diabetes.
  • Kurang tidur. Tubuh yang sistem kekebalannya lemah akan mudah terserang berbagai penyakit. Kurang tidur menyebabkan berkurangnya sistem kekebalan tubuh. Dengan adanya faktor penyebab lainnya, maka kurang tidur dapat mempermudah timbulnya penyakit diabetes.
  • Merokok dan minuman beralkohol. Secara tidak langsung, ini menjadi penyebab diabetes. Aktifitas merokok dan minuman beralkohol ini lambat laun akan merusak kelenjar pankreas dimana hormon insulin itu diproduksi, maka dengan terganggunya produksi hormon insulin akan memicu timbulnya penyakit diabetes.
  • Kurangnya aktifitas fisik dan kurang olah raga. Ini juga merupakan pemicu adanya gejala diabetes.
  • Faktor keturunan. Untuk penyebab diabetes yang satu ini tidak bisa kita hindari, namun risiko itu bisa kita minimalkan dengan menerapkan pola hidup sehat dan melakukan pemeriksaan dokter secara berkala untuk memastikan kondisi kadar gula, dan kemungkinan adanya penyakit yang lain.


Rupanya makanan bukan satu – satunya menjadi penyebab diabetes, ada banyak hal lain yang perlu kita waspadai karena secara tidak langsung dapat memicu serangan diabetes. Ini bisa menjadi bahan koreksi untuk kita semua agar kita dapat hidup sehat.

BAGIKAN ARTIKEL INI :

No comment for Penyebab Diabetes Banyak Orang Tidak Menyadari

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: dilarang meng copy bro !!