Menu Click to open Menus
TRENDING
Home » Tips » Nyeri Dada Penyakit Jantung Atau Gerd

Nyeri Dada Penyakit Jantung Atau Gerd

(2633 Views) April 13, 2016 3:15 am | Published by | No comment

Penyakit jantung adalah Penyakit jantung adalah suatu kondisi dimana fungsi jantung tidak dapat bekerja sebagaimana semestinya, ini terjadi karena suplay darah ke otot – otot jantung tersumbat. Penyakit jantung merupakan salah satu pembunuh peringkat teratas di Indonesia atau bahkan di dunia.

Fungsi – fungsi organ jantung yang tidak dapat bekerja sebagaimana mestinya dapat mengakibatkan serangan jantung.  Serangan jantung adalah penyakit jantung yang mematikan.  Kondisi ini biasanya terjadi mendadak, disamping karena terhambatnya suplay darah ke otot – otot jantung terhambat, bisa juga dikarenakan penggunaan obat  yang mengandung Phenol Propano Alanin (ppa) yang berlebihan.

Menurut penelitian, orang yang mengkonsumsi makanan cepat saji ( junk food ), makanan yang digoreng juga beresiko terkena penyakit jantung. aneka ragam cemilan dan daging. Hati – hati jika selama ini anda gemar mengkonsumsi makanan tersebut.

Serangan jantung atau penyakit jantung mempunyai gejala yang khas yaitu biasanya sesak dada.  Namun pada kenyatannya, gejala seperti  itu  merupakan  tanda – tanda penyakit lain walaupun gejala yang dirasakannya mirip.  Gejala  seperti itu juga dirsakan oleh penderita  penyakit  Gastroesophageal Reflux Disease (GERD).

Penyakit Gastroesophageal Reflux Disease (GERD) terjadi karena asam lambung mengalir keluar sebagai akibat lemahnya lingkaran otot yang merupakan pembatas antara esofagus dan lambung, kondisi inilah yang menyebabkan sesak dada, berbeda dengan gejala penyakit jantung.

Perbedaan yang khusus antara penyakit jantung dengan GERD adalah  serangan jantung menjalar pertama kali di bagian tubuh sebelah kiri, baik punggung atau leher,  sedangkan gejala sesak dada pada penyakit GERD  akan menjalar ke seluruh tubuh.

Perbedaan lain antara gejala penyakit jantung dengan penyakit GERD adalah gejala lanjutan yang terjadi selain sesak dada.  Pada penyakit GERD sering disertai  rasa panas dan terbakar dari dalam dan mulut terasa pahit, sedangkan pada gejala penyakit jantung, tanda – tanda seperti itu tidak dirasakan.

Untuk mengobati penyakit GERD,  obat yang diberikan biasanya adalah obat penurun asam lambung dari jenis omeprazol atau ranitidin. Selain itu penderita diharapkan memperhatikan asupan dengan menghindari daging merah, coklat, dan keju yang bisa memicu asam lambung.

Penyakit  GERD tidak hanya menyebabkan nyeri dada. Penyakit GERD yang tidak segera diobati bisa menyebar ke gigi dan menyebabkan erosi dental, sampai tenggorokan kemudian memicu faringitis kronis, atau di paru-paru menimbulkan fibrosis paru idiopatik.

Demikianlah perbedaan penyakit jantung dengan GERD yang mungkin gejala awalnya mirip sekali namun setelah kita mempelajari keduanya, ternyata merupakan gejala penyakit yang berbeda. 

INFO :

Asuransi unit link menghindarkan anda dari risiko kerugian finansial akibat penyakit jantung. Pelajari rahasia membeli asuransi prudential Indonesia unit link. Pelajari informasi selanjutnya tentang asuransi prudential.

No comment for Nyeri Dada Penyakit Jantung Atau Gerd

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!