Menu Click to open Menus
TRENDING
Home » Tips » Mengenal Penyakit Jantung

Mengenal Penyakit Jantung

(731 Views) April 13, 2016 3:11 am | Published by | 1 Comment

Penyakit jantung adalah suatu kondisi dimana jantung tidak  dapat melaksanakan fungsinya dengan baik. Penyakit jantung dapat berupa otot jantung yang lemah yang merupakan kelainan sejak lahir dan atau adanya celah antara serambi kiri dan serambi kanan. Hal ini disebabkan karena tidak sempurnanya pembentukan lapisan yanag memisahkan antara serambi kanan dan serambi kiri, saat penderita masih berada di dalam kandungan. Akibat lebih jauh adalah menyebabkan darah bersih dan darah kotor bercampur.

Penyakit jantung merupakan salah satu pembunuh peringkat teratas di Indonesia atau bahkan di dunia. Gejala penyakit jantung yang tidak dipedulikan sejak awal membuat organ jantung semakin rusak berakibat fatal tidak dapat melaksakan tugasnya dengan sempurna.

Dari sekian banyaknya penderita penyakit jantung di Indonesia, penyebabnya didominasi oleh karena pola makan dan gaya hidup yang tidak sehat. Aneka jenis makanan dan berbagai produk kemasan ternyata mengandung bahan yang tidak bersahabat dengan organ jantung, sehingga dalam rentang waktu tertentu membuat fungsi jantung menjadi terganggu, yang pada akhirnya mengakibatkan penyakit jantung.

Sebenarnya pengertian penyakit jantung dan serangan jantung itu berbeda.  Kalau penyakit jantung kondisinya adalah organ jantung masih dapat bekerja tetapi tidak sempurna. Sedangkan serangan jantung atau yang biasa disebut sebagai gagal jantung adalah sebuah kondisi yang  biasanya mendadak, dimana jantung sama sekali tidak dapat berfungsi.

Terhambatnya suplai darah ke otot-otot jantung menjadi penyebab utama dari gagal jantung. Ini terjadi  karena pembuluh-pembuluh darah yang biasanya mengalirkan darah ke otot-otot jantung tersebut tersumbat atau mengeras, bisa dikarenakan oleh lemak dan kolesterol, bisa juga dikarenakan oleh karena zat-zat kimia seperti penggunaan obat yang berlebihan yang mengandung Phenol Propano Alanin (ppa) yang banyak ditemui dalam obat-obatan yang biasanya dikonsumsi.

 

FAKTOR RISIKO PENYAKIT JANTUNG

Berikut ini adalah suatu kondisi dimana seseorang dapat berpotensi terkena penyakit jantung :

  • Pria berusia 45 tahun ke atas. Untuk mencegah timbulnya penyakit jantung, pria dengan usia kisaran tersebut harus melakukan tindakan pencegahan yang diperlukan.
  • Bagi wanita, memasuki usia 55 tahun atau mengalami menopause dini ( sebagai akibat operasi ).
  • Wanita mulai menyusul pria dalam hal risiko penyakit jantung setelah mengalami menopause.
  • Riwayat penyakit jantung dalam keluarga.
  • Riwayat serangan jantung di dalam keluarga sering merupakan akibat dari profil kolesterol yang tidak normal.
  • Diabetes. Jika seseorang menderita diabetes mellitus, maka besar kemungkinan akan terserang penyakit jantung.
  • Merokok. Kebiasaan merokok sangat mendukung datangnya penyakit jantung.
  • Tekanan darah tinggi  ( hipertensi ).
  • Kegemukan (obesitas).
  • Obesitas tengah (perut buncit) adalah bentuk dari kegemukan cenderung memiliki risiko tinggi terhadap penyakit jantung.
  • Gaya hidup yang tidak sehat
  • Stress.

 

BAGAIMANA  MENGURANGI RISIKO PENYAKIT JANTUNG

Tindakan positif berikut ini akan membantu anda dalam mencegah datangnya penyakit jantung :

  • Berhenti merokok, karena itu merupakan kebiasaan buruk yang berisiko mendatangkan penyakit mematikan seperti penyakit jantung, stroke dan kanker.
  • Mengkonsumsi makanan yang sehat, hindari bahan makanan yang mengandung kolesterol tinggi yang merupakan salah satu penyebab utama dari proses penyumbatan arteri, yang mengakibatkan penyakit jantung.
  • Olahraga teratur dan selalu menjaga berat badan proporsional.
  • Secara rutin  memeriksa tekanan darah agar tahu perkembangannya, sehingga apabila terjadi kondisi yang serius anda dapat menanganinya lebih dini.
  • Melakukan aktifitas fisik yang bermanfaat dan istirahat yang cukup.

Tidak ada penyakit yang tidak bisa diobati, termasuk penyakit jantung. Pemeriksaan yang teratur merupakan salah satu usaha untuk  mencegah penyakit jantung yang tepat karena dengan begitu dapat diketahui perkembangan kesehatan dan untuk memastikan bahwa tidak ada masalah dengan organ – organ pada tubuh kita.  Demikianlah sekilas tentang penyakit jantung, mudah – mudahan kumpulan artikel di atas bermanfaat.

INFO :

Asuransi unit link menghindarkan anda dari risiko kerugian finansial akibat penyakit jantung. Pelajari rahasia membeli asuransi prudential Indonesia unit link. Pelajari informasi selanjutnya tentang asuransi prudential.

1 Comment for Mengenal Penyakit Jantung

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!