Menu Click to open Menus
TRENDING
Home » Penyebab » Gagal Ginjal Pengertian Dan Penyebabnya

Gagal Ginjal Pengertian Dan Penyebabnya

(957 Views) April 12, 2016 3:01 am | Published by | No comment

Pengertian Gagal Ginjal

Gagal ginjal merupakan istilah yang sudah tidak asing lagi di telinga kita.  Gagal ginjal merupakan salah satu penyakit berat yang banyak ditemukan di republik ini. Penyakit  yang timbul karena adanya kerusakan pada organ ginjal ini tidak jarang mengakibatkan kematian.

Namun sebenarnya apa yang disebut dengan penyakit gagal ginjal. Dalam dunia kedokteran, gagal ginjal adalah suatu kondisi dimana ginjal sudah tidak berfungsi lagi, sehingga sisa metabolisme yang tidak  dapat dikeluarkan tubuh akan menjadi racun bagi tubuh kita sendiri.  Sebagai kita ketahui bahwa ginjal merupakan  alat untuk membuang sampah sisa metabolisme yang terjadi pada tubuh manusia.

Menurut kejadiannya, gagal ginjal dapat dibagi menjadi 2 yaitu : gagal ginjal akut dan gagal ginjal kronik. Gagal ginjal akut  dapat muncul secara tiba – tiba dalam  hitungan hari atau minggu. Sedangkan gagal ginjal kronik  timbul perlahan secara menahun.

Gagal ginjal akut masih dapat disembuhkan jika dilakukan pengobatan secara tepat. Sedangkan gagal ginjal kronik tidak dapat disembuhkan dan harus menjalani pengobatan seumur hidup.

Gagal ginjal akut dapat disebabkan oleh :

  • Peristiwa yang terjadi secara akut seperti penyumbatan total saluran ginjal oleh batu.
  • Kekurangan cairan pada diare yang tidak segera diatasi.
  • Kekurangan darah pada orang luka  dan operasi.
  • Infeksi berat serta keracunan obat dan zat kimia tertentu.

Gagal ginjal kronik biasanya disebabkan oleh penyakit yang sudah lama diidap oleh ginjal. Pada gagal ginjal kronik, darah menjadi lebih asam dibandingkan dengan biasanya dan dapat terjadi hilangnya kalsium dalam tulang. Juga dapat mengakibatkan kerusakan syaraf.

Gagal ginjal akut yang tidak segera ditangani dengan pengobatan yang tepat akan berubah menjadi gagal ginjal kronik.

 

Penyebab Gagal Ginjal Akut

Gagal ginjal akut disebabkan oleh beberapa faktor yang dikelompokkan menjadi 3 golongan yaitu : penyebab prerenal, penyebab renal (ginjal), dan juga penyebab postrenal.

Untuk penyebab karena faktor prerenal ini, maka gagal ginjal bisa disebabkan karena :

  • Dehidrasi karena kehilangan cairan, misalnya karena muntah-muntah, diare, berkeringat banyak dan demam.
  • Hipovolemia (volume darah yang kurang), misalnya karena perdarahan yang hebat bisa karena akibat kecelakaan, perdarahan post partum atau perdarahan akibat yang lainnya.
  • Pemberian obat-obatan, contohnya adalah pemberian obat diuretic (pelancar kencing) yang menyebabkan pengeluaran cairan berlebihan berupa urin sehingga menyebabkan tubuh yang kekurangan akan air.
  • Dehidrasi karena kurangnya asupan cairan.
  • Gangguan aliran darah ke ginjal yang disebabkan sumbatan pada pembuluh darah ginjal.

 

Penyebab gagal ginjal karena faktor renal sendiri adalah :

  • Sepsis.  Ini akan menyebabkan sistem imun tubuh berlebihan karena terjadi infeksi sehingga menyebabkan peradangan dan merusak ginjal.
  • Obat-obatan yang toksik terhadap ginjal.
  • Peradangan akut pada glomerulus, penyakit lupus eritematosus sistemik, Wegener’s granulomatosis, dan Goodpasture syndrome.

 

Gagal ginjal karena faktor postrenal. Penyebab ini karena adanya faktor yang menyebabkan aliran urin dari ginjal mengalami gangguan. Dan penyebabnya antara lain :

  • Sumbatan saluran kemih (ureter atau kandung kencing) menyebabkan aliran urin berbalik arah ke ginjal. Jika tekanan semakin tinggi maka dapat menyebabkan kerusakan ginjal dan ginjal menjadi tidak berfungsi lagi dan akhirnya terjadilah gagal ginjal.
  • Pembesaran prostat atau kanker prostat dapat menghambat uretra (bagian dari saluran kemih) dan menghambat pengosongan kandung kencing. Dengan terhambatnya proses pengosongan kandung kemih ini akan bisa memicu terjadinya gagal ginjal
  • Tumor di perut yang menekan serta menyumbat ureter.
  • Batu ginjal.

 

Pengobatan gagal ginjal

Gagal ginjal dapat diobati dengan dimulai dengan pembatasan cairan. Selain itu mengurangi makanan yang mengandung protein, garam dan fosfat. Bila tidak dapat diatasi secara konservatif, maka harus dilakukan dengan cuci darah ( dialysis ).

Pada gagal ginjal kronik umumnya harus dilakukan cuci darah seumur hidup atau menjalani transplantasi ginjal.  Anda bisa bayangkan berapa biaya pengobatan penyakit ginjal, jika harus melakukan cuci darah seumur hidup. jangan lupa, temukan kumpulan artikel lainnya pada halaman selanjutnya.

 

INFO :

Asuransi unit link menghindarkan anda dari risiko kerugian finansial akibat penyakit ginjal. Pelajari rahasia membeli asuransi prudential Indonesia unit link. Pelajari informasi selanjutnya tentang asuransi prudential.

No comment for Gagal Ginjal Pengertian Dan Penyebabnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: dilarang menyalin broooww !!!