Menu Click to open Menus
Home » Peluang Usaha » Pentingnya Memiliki NPWP Bagi UKM

Pentingnya Memiliki NPWP Bagi UKM

(533 Views) January 8, 2017 10:00 am | No comment

Jika kita mendengar NPWP ( Nomor Pokok Wajib Pajak ) tentunya pembahasannya tidak akan jauh dengan masalah perpajakan. Yaaa memang sebagai warga negara kita mempunyai kewajiban untuk menyetor pajak atas penghasilan yang kita dapat dari pekerjaan atau hasil usaha. Ini adalah bukti nyata partisipasi masyarakat dalam pembangunan.

Bagi yang bekerja sebagai karyawan atau PNS biasanya mereka sudah memiliki NPWP, lalu untuk pelaku usaha seperti UKM perlukah memiliki NPWP. Sebenarnya membayar pajak adalah kewajiban setiap warga negara yang memiliki penghasilan, yang oleh undang – undang ditetapkan sebagai obyek pajak, dan itu adalah termasuk UKM ( Usaha Kecil Menengah ). Mungkin dalam pemikiran teman – teman sekalian akan timbul pertanyaan … berarti setelah memiliki NPWP harus bayar pajak dong?  

Memang betul… tapi ternyata saat ini NPWP adalah termasuk barang penting yang harus dimiliki. Tidak heran jika di setiap Kantor Pelayanan Pajak ditemui antrian panjang untuk membuat NPWP. Lalu apa pentingnya memiliki NPWP?

NPWP ternyata sudah menjadi identitas penting, berbagai bank sudah menetapkan NPWP sebagai salah satu persyaratan standar dalam administrasi, misalnya permohonan kredit. Tidak hanya itu dalam hal anda ingin membuat kartu kredit, pasti tercantum NPWP sebagai persyaratannya. Dalam hal berhubungan dengan bank, memiliki NPWP akan lebih dipercaya bank. Logikanya … jika anda memiliki NPWP maka bank akan percaya bahwa adalah orang yang memiliki usaha yang jelas dan alamat yang jelas. Ini adalah salah satu poin yang akan mempermudah dalam permohonan kredit bank. Selain sebagai persyaratan administratif, NPWP juga merupakan identitas diri selain KTP yang berlaku di mana saja.

Pengalaman saya membuat NPWP, ternyata mudah sekali … cukup foto copy KTP dan surat keterangan usaha dari desa dan ditandatangani oleh camat, lalu pergi ke KPP setempat, isi formulir, tunggu antrian, selesai. Cukup setengah jam jadi.

Jika saat ini anda adalah seorang pelaku wirausaha maka tidak ada salahnya membuat NPWP. Disamping itu untuk kelengkapan identitas usaha dan surat ijin usaha anda juga harus memiliki SIUP. Keduanya penting sekali buat pelaku usaha.

Artikel terkait :
Cara Mudah Membuat Kartu Kredit Limit Tinggi

BAGIKAN ARTIKEL INI :

No comment for Pentingnya Memiliki NPWP Bagi UKM

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: dilarang meng copy bro !!