Menu Click to open Menus
Home » Ilmu Gizi » Pengertian, Fungsi Dan Sumber Sumber Karbohidrat

Pengertian, Fungsi Dan Sumber Sumber Karbohidrat

(682 Views) April 21, 2017 12:20 am | No comment

Dalam ilmu kesehatan tentunya telinga kita tidak asing lagi dengan istilah karbohidrat, yang kita kenal sebagai salah satu unsur gizi yang dibutuhkan oleh manusia. Karbohidrat bersama – sama dengan unsur gizi yang lain memiliki peranan penting dalam membentuk tubuh yang sehat.

PENGERTIAN KARBOHIDRAT

Pada bahasan ilmu gizi telah sedikit disinggung tentang karbohidrat. Sebelum membahas karbohidrat lebih jauh, sebenarnya apa sih yang disebut dengan karbohidrat itu? Karbohidrat atau sakarida adalah merupakan unsur gizi yang berupa segolongan besar senyawa organik yang berperan sebagai bahan bakar, cadangan makanan, dan materi pembangun pada tubuh manusia.

Mengingat pentingnya peranan karbohidat dalam tubuh manusia, sudah selayaknya jika kebutuhan akan asupan karbohidrat ini terpenuhi dengan baik.

FUNGSI KARBOHIDRAT DALAM TUBUH MANUSIA

Berdasarkan pengertian karbohidrat di atas, maka fungsi karbohidrat dapat diuraikan : sebagai bahan bakar ( misalnya glukosa ), sebagai cadangan makanan ( misalnya pati pada tumbuhan dan glikogen pada hewan ) dan sebagai materi pembangun ( misalnya selulosa pada tumbuhan serta kitin pada hewan dan jamur ).

SUMBER – SUMBER KARBOHIDRAT

Berikut ini adalah sumber – sumber karbohidrat yang perlu diketahui :

  • Glukosa : dibuat dari pati dan ditemukan pada sebagian buah, misalnya buah anggur.
  • Fruktosa : ditemukan di dalam madu dan buah – buahan.
  • Sukrosa : gula pasir yang biasa kita pakai, yang diperoleh dari tanaman tebu.
  • Laktosa : gula yang ditemukan did lam susu.
  • Galaktosa : tidak terdapat secara alami, tetapi dihasilkan melalui proses pencernaan laktosa.
  • Maltosa : ditemukan pada biji yang berkecambah.
  • Starch ( pati ) : ditemukan pada semua jenis biji – bijian, buah – buahan mentah, sayuran, misalnya kentang, kacang polong dan buncis.
  • Glikogen : hewan menyimpan karbohidrat dalam bentuk glikogen pada hati dan ototnya.
  • Selulosa : ditemukan dalam serealia, sayuran dan buah – buahan yang dikenal sebagai serat.

 

JENIS MAKANAN SUMBER KARBOHIDRAT UTAMA

Berikut ini adalah beberapa jenis makanan yang merupakan sumber karbohidrat utama :

  • Jagung. Jagung merupakan makanan pokok sumber karbohidrat untuk daerah Madura dan Nusa Tenggara Timur. Rasanya yang manis membuat banyak orang yang menyukainya. Memiliki kandungan asam folat dan serat yang baik untuk tubuh. Pada daerah-daerah tertentu, jagung dibuat menjadi nasi jagung. Dengan cara praktis Anda dapat mencoba memakannya dengan cara direbus atau dibakar.
  • Singkong dan ubi jalar. Singkong dan ubi jalar juga menjadi salah satu makanan pokok di Indonesia. Sebagai sumber karbohidrat, singkong dan ubi jalar  ini dapat menjadi makanan yang mengenyangkan. Biasa disajikan dengan dibuat menjadi tiwul, digoreng atau direbus.
  • Kentang rebus. Makanan sumber karbohidrat yang satu ini memang tidak diragukan lagi. Kandungan pati yang tinggi menyebabkan makanan ini menimbulkan rasa kenyang dan juga menghasilkan kalori yang cukup besar. Oleh karena itu tak heran jika sebagian orang dapat menahan lapar hingga siang hanya dengan sarapan kentang.
  • Beras Merah. Kandungan tinggi seratnya yang membuat nasi merah dianggap sebagai sumber karbohidrat yang baik dan sehat. Nasi merah juga mengandung magnesium, zat besi, vitamin B, vitamin B2, vitamin B3 dan vitamin B6. Beras merah juga bisa mengurangi kolesterol jahat “LDL” tanpa mengurangi kolesterol baik “HDL”. Makan dua porsi atau lebih beras merah juga mengurangi resiko diabetes.
  • Ubi Jalar. Ubi jalar adalah sumber karbohidrat yang sehat untuk penderita sakit maag, diabetes, masalah berat badan dan radang sendi. Nutrisi yang terkandung di dalamnya adalah serat, mangan, tembaga, potasium, zat besi, vitamin A, vitamin C dan vitamin B6. Ubi jalar juga kaya akan beta-karoten yang merupakan antoiksidan yang banyak ditemukan pada sayuran berdaun hijau.
  • Sagu. Sagu menjadi makanan pokok bagi penduduk di daerah Maluku atau Papua. Tanaman sagu biasa tumbuh di daerah rawa-rawa di daerah Indonesia Timur dan jarang ditemukan di daerah Barat Indonesia. Bentuknya seperti bubuk yang kemudian akan diolah. Masyarakat Indonesia Timur ini mengolah sagu menjadi bentuk seperti bubur yang lengket yang disebut papeda yang biasa disantap dengan ikan kuah kuning.
  • Roti Gandum Utuh. Ada banyak roti gandum yang dijual di pasaran. Tapi apakah itu benar-benar gandum utuh yang kaya serat? Belum tentu. Jangan hanya percaya dengan label ‘whole wheat bread’ di kemasan. Lihat juga daftar bahan-bahannya. Jika tertulis tepung terigu, sirup jagung, gula fruktosa atau pengembang/perasa buatan, sebaiknya jangan membelinya.
  • Kacang Polong. Seperti halnya kacang, kacang polong juga jenis karbohidrat sehat yang proses pencernaannya lambat sehingga sangat baik dikonsumsi oleh orang yang tidak dapat memproses gula dengan baik. Kacang polong mengandung vitamin K, mangan, vitamin C dan tinggi serat.
  • Kacang-Kacangan. Kacang-kacangan seperti kacang merah, kacang hijau, buncis, kacang panjang, kedelai dan polong mengenyangkan perut dengan segera, tapi bisa bertahan dalam waktu lama. Kacang dan polong kaya akan folic acid, serat, vitamin, protein juga karbohidrat kompleks. Pastikan Anda menggunakan bahan yang segar dan tanpa pengawet. Bukan yang sudah diolah dalam kaleng atau kemasan beku.

Kebutuhan karbohidrat pada masing – masing orang berbeda – beda, tergantung pada aktivitas yang dilakukan. Bagi orang dewasa yang bekerja tidak terlalu berat membutuhkan karbohidrat antara 8 – 10 gram per kilogram berat badan. Sehingga pada orang yang aktivitasnya lebih berat, kebutuhan karbohidratnya lebih besar dari itu.

BAGIKAN ARTIKEL INI :

No comment for Pengertian, Fungsi Dan Sumber Sumber Karbohidrat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: dilarang meng copy bro !!