Menu Click to open Menus
Home » Hipertensi » Pengertian Apa Itu Hipertensi Atau Tekanan Darah Tinggi

Pengertian Apa Itu Hipertensi Atau Tekanan Darah Tinggi

(569 Views) April 20, 2017 9:31 am | No comment

PENGERTIAN HIPERTENSI

Hipertensi atau tekanan darah tinggi adalah suatu keadaan dimana seseorang mengalami peningkatan tekanan darah di atas normal yang ditunjukkan oleh angkasistolik ( bagian atas ) dan diastolik ( bagian bawah ) pada pemeriksaan tensi darah menggunakan alat pengukur tekanan darah.

Jenis penyakit ini mungkin tidak asing lagi di telinga kita. Apalagi kalau kita sedang berobat ke dokter, bisa dipastikan langkah pertama yang dokter lakukan adalah memeriksa tekanan darah pasien. Teman – teman mungkin ada yang mengidap penyakit tekanan darah tinggi ( hipertensi ) ? . Mempelajari profil dan pengertian penyakit hipertensi ini mungkin akan lebih jelas.

Tekanan darah yang tinggi merupakan salah satu faktor risiko penyakit stroke, penyakit serangan jantung dan merupakan penyebab utama gagal jantung kronis.

 

MACAM HIPERTENSI

Kalau di atas kita sudah mempelajari tentang definisi hipertensi, berikut ini kita ulas mengenai macam hipertensi. Berdasarkan penyebabnya, hipertensi atau tekanan darah tinggi dibagai menjadi 2 jenis, yaitu :

  1. Hipertensi primer. Hipertensi yang belum atau tidak diketahui penyebabnya. Kurang lebih 90 % dari seluruh hipertensi )
  2. Hipertensi sekunder. Hipertensi yang disebabkan adanya penyakit lain. Sekitar 5% sampai 10 % penyebab hipertensi jenis ini adalah pe nyakit ginjal. Sekitar 1 – 2 % penyebabnya adalah kelainan hormonal atau pemakaian obat tertentu, misalnya pil KB.

 

KLASIFIKASI TEKANAN DARAH PADA ORANG DEWASA

Mungkin teman – teman berpikir sebenarnya bagaimana patokan tingkat tekanan darah, normalkah tekanan darah kita ? nah berikut ini adalah klasifikasi tekanan darah untuk mengetahui seberapa normal tekanan darah kita. Simak kategori berikut ini :

  • Normal : Sistolik < 120 mmHg, Diastolik < 80 mmHg,
  • Pre-Jipertensi : Sistolik 120 – 139 mmHg, Diastolik 80 – 89 mmHg
  • Hipertensi stadium I : Sistolik 140 – 159 mmHg, Diastolik 90 – 99 mmHg
  • Hipertensi stadium 2 ( berbahaya ) : Sistolik >= 160 mmHg, Diastolik >= 100 mmHg.

Demikian definisi dan macam hipertensi, setelah mengetahui kriteria di atas, tentunya kita sudah mengetahui kondisi tekanan darah kita, sehingga dapat membuat kita disiplin untuk periksa ke dokter. Dengan demikian penyakit hipertensi atau tekanan darah tinggi dapat dikendalikan.

INFO : Hipertensi atau tekanan darah tinggi merupakan risiko yang dapat mengancam seluruh keuangan dan asset anda, serta kelangsungan hidup keluarga dan pendidikan anak. Membeli polis asuransi unit link adalah pilihan bijaksana, karena anda adalah TULANG PUNGGUNG KELUARGA anda.

Pelajari tutorial RAHASIA MEMBELI ASURANSI UNIT LINK sebelum mengambil keputusan. Download tutorial asuransi unit link di sini.

BAGIKAN ARTIKEL INI :

No comment for Pengertian Apa Itu Hipertensi Atau Tekanan Darah Tinggi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: dilarang meng copy bro !!