Menu Click to open Menus
Home » Ilmu Gizi » Pelajari Ilmu Gizi Terapkan Gaya Hidup Sehat

Pelajari Ilmu Gizi Terapkan Gaya Hidup Sehat

(300 Views) April 21, 2017 12:17 am | No comment

PENGERTIAN GIZI

Ilmu gizi. Apakah yang dipelajari dalam ilmu gizi. Berbicara tentang kesehatan manusia tidak terlepas dengan yang namanya gizi. Gizi yang seimbang sangat dibutuhkan untuk mendapatkan tubuh yang sehat.

Apakah yang disebut dengan GIZI? Gizi adalah elemen yang terdapat di dalam makanan serta dapat dimanfaatkan secara langsung oleh tubuh, seperti : karbohidrat, protein, lemak, protein, vitamin, mineral, dan air.

Ilmu gizi sebenarnya sangat penting diketahui dalam hubungannya dengan menjaga kesehatan, untuk itu ilmu gizi juga dipelajari di bangku sekolah.

UNSUR – UNSUR GIZI

Dalam ilmu gizi juga dikenal istilah nutrisi. Nutrisi adalah zat gizi yang merupakan setiap zat yang dicerna, diserap, dan digunakan untuk mendukung sistem kerj a dari fungsi organ – organ tubuh.

Berikut adalah unsur – unsur gizi yang harus dipenuhi dalam tubuh manusia :

  • Karbohidrat. Merupakan segolongan besar senyawa organik yang berfungsi sebagai bahan bakar, cadangan makanan, dan sebagai materi pembangun.
  • Protein. Merupakan struktur kompleks yang terbuat dari asam – asam amino yang berperan penting dalam menunjang keberadaan setiap sel tubuh dan memperkuat kekebalan tubuh.
  • Lemak. Merupakan sumber energi selain karbohidrat dan protein, yang terbentuk dari 95 % dari asam lemak dan gliserol. Oleh karena itu dengan adanya cadangan lemak, maka penggunaan protein sebagai energy dapat dihemat.
  • Vitamin. Merupakan suatu molekul organik yang sangat diperlukan oleh tubuh guna proses metabolisme dan pertumbuhan secara normal. Vitamin tidak dapat dihasilkan oleh tubuh dalam jumlah yang cukup, oleh karena ituvitamin harus diperoleh dari bahan pangan yang dikonsumsi. Kecuali vitamin D yang dapat dibentuk dalam kulit jika mendapat sinar matahari.
  • Mineral. Sekitar 96 % dari bahan makanan terdiri dari bahan organik dan air, sisanya adalah unsur – unsur mineral.
  • Air. Sekitar 65 % dari berat total tubuh manusia terdiri atas air. Air memegang peranan penting di dalam tubuh manusia, karena merupakan media berlangsungnya setiap proses dalam tubuh manusia. Hasil – hasil pencernaan akan diserap ke dalam tubuh lewat cairan dan disebarluaskan di dalam darah serta cairan limfa.
  • Serat. Serat merupakan pelengkap dari unsur gizi di atas yang juga mempunyai peranan penting, seperti : melindungi usus besar dari gangguan pencernaan, serta mencegah terjadinya kegemukan, diabetes mellitus, jantung koroner dan batu ginjal.

Demikianlah gambaran secara umum tentang unsur gizi yang harus dipenuhi untuk dapat mempunyai tubuh yang sehat. Mengenai gambaran detailnya dapat anda lihat pada halaman artikel gizi selanjutnya.

Artikel lainnya :

Asuransi Prudential Indonesia unit link memberi jaminan finansial akibat sakit
Tutorial RAHASIA MEMBELI ASURANSI UNIT LINK
Apa itu penyakit diabetes melitus
Mengenal penyakit jantung
Penyakit kolesterol : pengertian, jenis dan komplikasinya

Cara mengatasi keputihan obat keputihan asuransi prudential prudential indonesia

BAGIKAN ARTIKEL INI :
Tags: , ,
Categorised in:

No comment for Pelajari Ilmu Gizi Terapkan Gaya Hidup Sehat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: dilarang meng copy bro !!