22 -December -2014 - 11:08

 


Mengenal Obyek Wisata

Bedugul Bali



Bedugul Bali. Mungkin banyak diantara teman - teman sudah mendengar obyek wisata ini. Bedugul merupakan salah satu obyek wisata di Bali yang memiliki pemandangan alam yang indah dan sejuk, dengan  obyek wisata utamanya adalah Danau Bratan yang berada di puncak bukit. Keindahan Danau Bratan di Bedugul Bali menjadi lebih lengkap dengan berdirinya Pura Ulun Danu, tempat dimana masyarakat berdo'a sebelum dan sesudah musim tanam.

Bedugul Bali berjarak sekitar 50 km dari Denpasar, lokasi ini sangat mudah dijangkau. Perjalanan ke Bedugul Bali sangat menyenangkan karena pemandangan alamnya yang indah dan jalannya yang mulus melingkar - lingkar. Pada satu sisi terlihat pemandangan sawah yang bertingkat - tingkat seperti tangga dan di bagian lain terhampar lembah menghijau. Bedugul Bali merupakan obyek wisata pegunungan dengan ketinggian antara 1200 - 1450 m di atas permukaan laut. Kawasan wisata Bedugul Bali adalah salah satu tempat wisata yang paling banyak dikunjungi oleh wisatawan, khususnya pada waktu  liburan sekolah pengunjung bisa mencapai 5000 orang per hari.

Bedugul Bali juga terkenal dengan terdapatnya Kebun Raya Eka Karya dan lapangan golf Bali Handara yang melengkapi keindahan pemandangan kawasan wisata Bedugul Bali. Kebun Raya Eka Karya luasnya sekitar 155 ha memiliki koleksi tanaman dari berbagai negara. Di sini juga terdapat koleksi 3230 jenis anggrek, aneka tanaman kaktus. Apabila teman - teman mengunjungi pulau Bali, rasanya tidak rugi bila singgah juga di Bedugul membuktikan keindahan tempat wisata ini.


Pura indah di Bedugul Bali

Pura Ulun Danu namanya. Pura Ulun Danu didirikan pada awal abad ke-17, menjadi salah satu pusat kunjungan wisatawan. Masyarakat Bali menganggap pura yang berdiri di pinggir Danau Bratan ini sebagai tempat memohon keselamatan dan kesuburan. Pura Ulun Danu sangat indah dan tenang dengan latar belakang tebing gunung yang kadang - kadang diselimuti oleh kabut. Pada hari tertentu  terutama saat festival piodalan,  umat Hindu dari seluruh Bali banyak yang datang ke Pura ini. Pada saat upacara Piodalan terdapat ritual penenggelaman berbagai binatang yang masih muda disertai sesajen ke dalam danau. korban binatang ini untuk menunjukkan rasa bakti kepada Dewi Ulun Danu yang dipercaya memberi kemakmuran kepada masyarakat Bali lewat hasil pertaniannya.

Asyik bukan, yang ditawarkan dengan berkunjung ke Bedugul Bali, sekali berkunjung ke Bedugul akan menyaksikan tiga tempat wisata sekaligus yaitu Danau Bratan, Kebun Raya Eka karya dan Pura Ulun Danu. Yuuuk kita Ke Bedugul Bali.

--------

Kumpulan artikel terkait :

Tempat wisata di Bali




Sumber : Pulau Bali - Ratna Titisari
 
Joomla SEO powered by JoomSEF