Menu Click to open Menus
Home » Asuransi » Mengukur Tingkat Kesehatan Keuangan Perusahaan

Mengukur Tingkat Kesehatan Keuangan Perusahaan

(811 Views) April 22, 2017 9:18 am | No comment

METODE YANG BAGUS UNTUK MENGUKUR TINGKAT KESEHATAN PERUSAHAAN ASURANSI

Bagi masyarakat awam mungkin tidak pernah terpikirkan untuk menganalisa keuangan perusahaan asuransi, dalam hal memilih atau menyeleksi perusahaan asuransi mana yang layak dipilih.

Untuk mengukur tingkat kesehatan keuangan atau solvabilitas perusahaan asuransi sebenarnya ada banyak sekali indikator yang dapat dipakai sebagai bahan pertimbangan. Namun dari sekian banyak parameter tersebut cukup bagi kita untuk memahami satu saja tolok ukur dan itu sudah mewakili kinerja perusahaan secara keseluruhan. Sebut saja namanya adalah RISK BASED CAPITAL RATIO ( RBC ).

Untuk mengukur tingkat kesehatan keuangan perusahaan asuransi atau tingkat solvabilitas dapat dilihat dari Risk Based Capital Rasio ( RBC ), yang merupakan rasio perbandingan antara jumlah asset perusahaan dengan jumlah total klaim asuransi.

Pemerintah menetapkan bahwa perusahaan asuransi wajib memiliki RBC minimal 120 %, artinya apabila seluruh nasabah mengajukan klaim maka perusahaan asuransi dapat memenuhi seluruh kewajibannya dan masih mempunyai cadangan sebesar 20 %.

Bagaimana dengan asuransi Prudential? dari hasil audit, tingkat RBC PT. Prudential Life Assurance ( Prudential Indonesia ) menunjukkan angka sebesar 766 %, suatu prestasi perusahaan asuransi yang membanggakan. Artinya apabila seluruh nasabah mengajukan klaim, maka perusahaan memiliki cadangan sebesar 7,6 kali lipat.

Suatu angka yang jauh melebihi ketentuan pemerintah Republik Indonesia. Bukan itu saja, tingkat RBC yang dicapai oleh Prudential Indonesia dari tahun ke tahun selalu mengalami kenaikan, itu berarti kinerja perusahaan berjalan dengan baik sekali.

INFO : Ada banyak hal yang wajib anda pelajari sebelum mengambil keputusan membeli asuransi unit link, baca :  RAHASIA MEMBELI ASURANSI UNIT LINK.

BAGIKAN ARTIKEL INI :

No comment for Mengukur Tingkat Kesehatan Keuangan Perusahaan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: dilarang meng copy bro !!