Menu Click to open Menus
Home » Tips Kesehatan » Mengenal Bagian – Bagian Jantung Manusia

Mengenal Bagian – Bagian Jantung Manusia

(3598 Views) October 13, 2016 9:05 am | No comment

Bagian – bagian jantung.  Jantung adalah organ pada manusia yang sangat vital. Tanpa jantung, manusia tidak dapat hidup karena jantung bertugas memompa darah ke seluruh tubuh. Ibarat alat transportasi, darah bertugas membawa nutrisi Jantung dan pembuluh darah membentuk sistem kardiovaskular ( jantung dan pembuluh darah ).

Pada saat berdenyut setiap ruang jantung mengendur dan terisi darah (disebut diastol). Selanjutnya jantung berkontraksi dan memompa darah keluar dari ruang jantung (disebut sistol). Kedua serambi mengendur dan berkontraksi secara bersamaan, dan kedua bilik juga mengendur dan berkontraksi secara bersamaan.

Darah yang kehabisan oksigen dan mengandung banyak karbondioksida (darah kotor) dari seluruh tubuh mengalir melalui dua vena berbesar (vena kava) menuju ke dalam atrium kanan. Setelah atrium kanan terisi darah, ia akan mendorong darah ke dalam ventrikel kanan melalui katup trikuspidalis.
Darah dari ventrikel kanan akan dipompa melalui katup pulmoner ke dalam arteri pulmonalis menuju ke paru-paru. Darah akan mengalir melalui pembuluh yang sangat kecil (pembuluh kapiler) yang mengelilingi kantong udara di paru-paru, menyerap oksigen, melepaskan karbondioksida dan selanjutnya dialirkan kembali ke jantung.

Darah yang kaya akan oksigen mengalir di dalam vena pulmonalis menuju ke atrium kiri. Peredaran darah di antara bagian kanan jantung, paru-paru dan atrium kiri disebut sirkulasi pulmoner karena darah dialirkan ke paru-paru. Darah dalam atrium kiri akan didorong menuju ventrikel kiri melalui katup bikuspidalis/mitral, yang selanjutnya akan memompa darah bersih ini melewati katup aorta masuk ke dalam aorta (arteri terbesar dalam tubuh). Darah kaya oksigen ini disirkulasikan ke seluruh tubuh, kecuali paru-paru. dan sebagainya. Dari peranan bagian – bagian jantung tersebut dapat dikatakan bahwa masing – masing bagian memiliki peranan penting yang menjadi satu kesatuan dalam mendukung kerja jantung.

Untuk memberikan gambaran yang jelas tentang bagian – bagian jantung pada manusia, berikut ini adalah gambar jantung manusia dan pada bagian bawahnya saya berikan keterangan masing – masing bagian – bagian jantung beserta fungsinya.

bagian bagian jantung

 

Simak bagian – bagian jantung berikut ini :

  • Pulmonary Trunk.  Ini adalah bagian atau organ jantung yang merupakan pembuluh darah besar yang membawa darah kotor dari ventrikel kanan ke arteri pulmonalis. Arteri pulmonalis dibagi menjadi 2 yaitu kanan dan kiri yang membawa darah kotor dari pulmonary trunk ke kedua paru-paru.
  • Katup pulmonal. Bagian dari jantung yang merupakan katup jantung yang memungkinkan darah dari tubuh kembali ke paru-paru untuk oksigenasi. Katup pulmonal adalah katup yang memisahkan ventrikel kanan dengan arteri pulmonal. Seperti katup aorta, katup pulmonal juga terdiri dari 3 daun katup yang berbentuk menyerupai bulan sabit atau semilunar, sehingga disebut juga katup semilunaris.
  • Vena Cava Superior. Berbeda dengan Organ atau bagian jantung sebelumnya, Vena Cava Superior (pembuluh balik besar atas) adalah pembuluh darah yang menerima darah dari kepala dan kedua tangan. Darah yang dibawa oleh pembuluh darah ini juga mengandung banyak CO2.
  • Arteri pulmonalis adalah salah satu dari dua pembuluh bercabang dari batang paru yang merupakan bagian integral dari anatomi jantung utuh dan merupakan pembuluh yang mengangkut darah de-oksigen ke paru-paru yang berasal dari ventrikel kanan.
  • Vena Pulmonalis. Bagian dari organ jantung berikutnya adalah vena pulmonalis,  adalah vena yang membawa darah dari paru-paru dan menuangkannya ke atrium kiri jantung. Vena pulmonalis utama muncul dari paru-paru dan bercabang ke dalam vena paru kanan dan kiri. Vena pulmonalis kanan mengumpulkan darah dari paru-paru kanan dan sebaliknya. Salah satu karakteristik khusus dari vena ini adalah bahwa pembuluh darah paru adalah satu-satunya vena yang menjalankan fungsi pengangkutan oksigen darah. Darah beredar ke seluruh tubuh kita melalui vena dan arteri dan urutan normal adalah bahwa darah yang mengandung oksigen diangkut dari jantung melalui arteri dan darah de-oksigen dibawa menuju jantung melalui vena. Namun sistem vena pulmonalis bekerja secara berbeda. Dalam sistem ini, darah de-oksigen diangkut ke paru-paru melalui arteri sedangkan; darah beroksigen diangkut dengan bantuan vena ke jantung. Hal ini membuat vena paru-satu-satunya vena untuk mengangkut darah beroksigen. Ketika darah masuk ke jantung, itu mengalami serangkaian langkah. Pertama, jantung menerima darah dari vena kava superior dan inferior dalam ruangan disebut atrium bagian kanan. Setelah ini darah dari atrium kanan mengalir ke ventrikel kanan. Ventrikel kanan kemudian berkontraksi untuk meneruskan darah melalui arteri paru-paru dalam paru-paru. Dari paru-paru, darah mengalir ke atrium kiri melalui vena pulmonalis. Akhirnya, darah di atrium kiri dilewatkan ke ventrikel kiri dan dipompa ke aorta yang memasok ke seluruh tubuh.   Apa fungsinya?
    Fungsi yang paling penting dari vena pulmonalis adalah untuk mengangkut darah yang kaya oksigen ke jantung. Setelah darah bergerak ke berbagai bagian tubuh kita melalui arteri, ia kehilangan oksigen dan berubah menjadi darah de-oksigen. Tubuh kita tidak bisa hidup dan tumbuh tanpa oksigen karena jaringan hidup untuk melakukanproses meemrlukan bantuan oksigen ini. Vena pulmonalis melakukan fungsi penting membawa darah beroksigen ke atrium kiri. Kemudian vena ini adalah sangat penting karena tanpa itu kita tidak akan mampu bertahan hidup di luar beberapa menit. Vena pulmonalis telah dikatakan memegang kunci untuk berfungsinya sistem peredaran darah dan jantung kita.
  • Atrium Kanan. Atrium kanan adalah titik tempat berhenti pertama bagi darah yang berasal dari tubuh. Darah telah habis oksigen oleh tubuh dan membutuhkan re-oksigenasi oleh paru-paru. Katup atrium kanan itu terbuka, dan darah mengalir. Katup pertama menutup, membuka lain, dan darah bergerak ke ventrikel kanan.
  • Atrium Kiri. Setelah darah sepenuhnya mengandung oksigen, bergerak kembali ke jantung dan berkumpul di atrium kiri. Atrium kiri darah meyimpan untuk satu detak jantung sebelum katup membuka dan membiarkan darah beroksigen mengalir ke dalam ventrikel kiri yang akan dipompa kembali ke dalam tubuh.
  • Katup Trikuspid. Katup trikuspid adalah katup yang memisahkan atrium kanan dengan ventrikel kanan. Sesuai namanya katup trikuspid terdiri dari 3 daun katup.
  • Ventrikel Kanan. Ventrikel merupakan bagian dari jantung yang berfungsi untuk memompa darah ke seluruh tubuh. Ventrikel kanan: Menerima darah dari atrium kanan dan memompanya ke arteri pulmonalis utama. Arteri pulmonalis utama memanjang dari ventrikel kanan dan bercabang ke arteri paru kiri dan kanan, yang memperpanjang ke paru-paru. Di sini darah yang kurang oksigen mengambil oksigen dan dikembalikan ke jantung melalui vena paru.
  • Ventrikel Kiri. Ventrikel kiri: Menerima darah dari atrium kiri dan memompanya ke aorta. Aorta membawa dan mendistribusikan darah yang kaya oksigen ke seluruh tubuh.
  • Vena Cava Inferior. Vena cava inferior (pembuluh balik besar bawah) adalah pembuluh darah yang menerima darah dari badan dan kedua kaki. Darah yang dibawa oleh pembuluh darah jenis ini mengandung banyak CO2.
  • Descending Aorta. Aorta menurun adalah bagian dari aorta, arteri terbesar dalam tubuh. Aorta turun adalah bagian dari aorta awal di arch aortic yang berjalan melalui dada dan perut. Menurun aorta dibagi menjadi dua bagian, toraks dan perut, dalam korespondensi dengan dua rongga besar batang di mana itu terletak.
  • Aorta. Aorta adalah arteri terbesar dalam badan manusia. Bersumber dari bilik kiri jantung dan membawa darah beroksigen kepada semua bagian tubuh dalam peredaran sistemik.
  • Katup Aorta. Katup aorta adalah pintu utama jantung antara ventrikel kiri dan aorta. Katup aorta dapat dipengaruhi oleh berbagai masalah yang membuat katup bocor (regurgitasi atau tidak cukup) atau sebagian tertutup (pulmonalis).
  • Katup Mitral. Bagian dari organ jantung yang satu ini merupakan  salah satu katup jantung yang memisahkan serambi kiri dan bilik kiri. Pada fungsi utamanya, katup mitral akan terbuka dan tertutup secara sempurna saat bilik kiri memompa darah ke seluruh tubuh sehingga tidak ada darah yang kembali masuk (regurgitasi) ke serambi kiri.

INFO : Hidup sehat juga harus dilengkapi dengan perlindungan secara finansial jika terjadi risiko, karena masa depan keluarga bergantung pada kepala keluarga. Dapatkan asuransi jiwa, asuransi kesehatan dan jaminan hari tua dalam 1 polis. klik Rahasia Membeli Asuransi Unit Link

Itulah bagian – bagian jantung yang wajib kita pelajari. Mengetahui bagaimana bagian – bagian jantung beserta fungsinya akan membuat kita memahami betapa pentingnya organ jantung bagi tibuh kita. Sehingga sudah selayaknya kita menjaga kesehatan agar jantung dapat bekerja dengan baik, dengan begitu tubuh kita akan terjaga kesehatannya juga.

Baca juga : 
Mengenal apa itu penyakit jantung

BAGIKAN ARTIKEL INI :

No comment for Mengenal Bagian – Bagian Jantung Manusia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: dilarang meng copy bro !!