Menu Click to open Menus
Home » Ilmu Gizi » Manfaat Serat Makanan Dalam Mencegah Penyakit

Manfaat Serat Makanan Dalam Mencegah Penyakit

(373 Views) April 21, 2017 12:32 am | No comment

Pada artikel ilmu gizi tentang serat makanan, telah kita singgung sebelumnya. Makanan berserat sangat baik dikonsumsi karena memberikan manfaat yang besar terutama dalam melancarkan pencernaan. Disamping itu serat makanan ternyata juga bermanfaat untuk mencegah berbagai macam penyakit.

Berikut ini adalah manfaat serat makanan dalam mencegah berbagai macam penyakit secara alami :

  • Mencegah sembelit. Sembelit adalah suatu kondisi dimana seseorang mengalami kesulitan dalam mengeluarkan kotoran atau feses dari tubuhnya. Serat memiliki kemampuan dalam menyerap air ketika melewati saluran pencernaan, sehingga dapat membuat feses menjadi lunak.
  • Membantu menurunkan kadar kolesterol dan mencegah jantung koroner. Makanan berserat dapat mengikat kolesterol di dalam makanan, sehingga secara otomatis akan mengurangi tumpukan kolesterol di dalam darah. Dengan demikian akan mengurangi risiko penyakit jantung koroner.
  • Mencegah kanker usus. Mencegah bertumpuknya kotoran yang terlalu lama di dalam tubuh, sehingga mencegah berkembangnya bakteri jahat di dalam dinding usus dan terhindar dari risiko kanker usus.
  • Membantu menurunkan berat badan. Makanan berserat tinggi biasanya memberikan rasa kenyang dan rendah lemak sehingga dapat mengurangi penumpukan lemak dan kalori berlebih di dalam tubuh.
  • Menjaga kadar gula darah agar tetap stabil. Makanan yang kaya serat pada umumnya mengandung karbohidrat kompleks, yang membutuhkan waktu yang lama untuk diserao ke dalam sistem tubuh. Sehingga membantu menghindari terjadinya peningkatan kadar gula yang drastis . Artinya kadar gula darah tetap terjaga dan stabil dan mengurangi risiko penyakit diabetes melitus.
BAGIKAN ARTIKEL INI :

No comment for Manfaat Serat Makanan Dalam Mencegah Penyakit

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: dilarang meng copy bro !!