Menu Click to open Menus
Home » Manfaat Dan Khasiat » Manfaat Khasiat Minum Jamu Kunir ( Kunyit ) Asam Bagi Wanita

Manfaat Khasiat Minum Jamu Kunir ( Kunyit ) Asam Bagi Wanita

(5009 Views) October 3, 2016 3:59 am | No comment

Manfaat kunyit asam. Sebagai orang Indonesia tentunya kita tidak akan asing lagi dengan tanaman herbal, karena itu merupakan salah satu kekayaan alam tak ternilai dan daya tarik Indonesia di mata internasional. Salah satu yang populer adalah kunyit atau kunir, . Di kalangan wanita, kunyit atau dalam bahasa jawa disebut kunir pasti sudah sangat dikenal sebagai jamu kunyit asam untuk kecantikan ataupun untuk pengobatan penyakit dalam. Setelah pada postingan sebelumnya saya menulis tentang manfaat kunyit untuk wajah, kali ini yang akan saya ulas adalah manfaat jamu kunyit asam bagi wanita.

Kunyit mempunyai berbagai nama daerah yang berbeda-beda diantaranya Sumatera: Kakunye (Enggano), Kunyet (Adoh), Kuning (Gayo), Kunyet (Alas), Hunik (Batak), Odil (Simalur), Undre, (Nias), Kunyit (Lampung), Kunyit (Melayu). Jawa: Kunyir (Sunda), Kunir (Jawa Tengah), Temo koneng (Madura). Sebenarnya antara kunir dan kunyit itu adalah tanaman yang sama, begitu juga dengan asam dan asem, yang berbeda hanya dalam penyebutannya saja. Sebelum kita membahas tetang manfaat kunir asem atau kunyit asam, berikut ini saya jelaskan kandungan yang terdapat pada kunyit atau kunir sehingga kunyit mempunyai manfaat yang nyata bagi kesehatan wanita.

Kandungan zat-zat kimia yang terdapat dalam rimpang kunyit adalah sebagai berikut :

  • zat warna kurkuminoid yang merupakan suatu senyawa diarilheptanoid 3-4% yang terdiri dari Curcumin, dihidrokurkumin, desmetoksikurkumin dan bisdesmetoksikurkumin.
  • Minyak atsiri 2-5% yang terdiri dari seskuiterpen dan turunan fenilpropana turmeron (aril-turmeron, alpha turmeron dan beta turmeron), kurlon kurkumol, atlanton, bisabolen, seskuifellandren, zingiberin, aril kurkumen, humulen.
  • Arabinosa, fruktosa, glukosa, pati, tanin dan dammar.
  • Mineral yaitu magnesium besi, mangan, kalsium, natrium, kalium, timbal, seng, kobalt, aluminium dan bismuth.

 

MANFAAT KHASIAT KUNYIT ASAM BAGI WANITA

Dalam dunia kesehatan wanita ramuan kunyit dikenal dengan sebutan jamu kunyit asam atau jamu kunir asem. Untuk mendapatkan khasiat yang efektif jamu kunyit asam biasanya diminum sehari – hari. Berikut ini adalah beberapa manfaat minum jamu kunyit asam bagi wanita :

  • Membersihkan organ kewanitaan. Salah satu masalah yang dialami wanita adalah adanya jamur yan ada di organ kewanitaan yang dapat menimbulkan masalah serius. Ramuan alami yang dibuat dari kunyit asam dinilai efektif untuk membersihkan daerah kewanitaan dari jamur yang menjadi penyebab utama dari keputihan. Anda yang saat ini tengah memiliki masalah keputihan disarankan untuk mengkonsumsi jamu kunyit asam.
  • Meringankan rasa sakit saat datang bulan. Manfaat minum jamu kunyit asam untuk wanita selain membersihkan daerah kewanitaan adalah meringankan rasa nyeri disaat datang bulan. Beberapa wanita mengalami perubahan hormon yang unik disaat sedang datang bulan, di satu sisi ada yang lebih mudah marah, di sisi lainnya beberapa wanita mengeluh rasa sakit yang sangat tidak nyaman disaat sedang datang bulan.
  • Rasa sakit saat datang bulan merupakan hal yang normal karena datang bulan merupakan fase pengeluaran kotoran dari dalam tubuh berupa darah kotor, namun rasa sakit yang membuat wanita kehilangan kesadaran diri saat datang bulan bisa menjadi gejala kanker serviks atau kanker rahim. Untuk mengatasi rasa tidak nyaman disaat Anda sedang datang bulan, biasakanlah untuk minum jamu kunyit asam yang hangat secara teratur sehingga manfaat jamu kunyit asam dapat dirasakan.
  • Mengatasi masalah datang bulan yang tidak teratur.  Salah satu masalah internal yang seringkali dialami para wanita terkait datang bulan adalah waktu datang bulan yang tidak teratur, hal ini mungkin tidak menjadi masalah dan bukanlah penyakit yang mematikan namun bisa juga berbahaya karena kita tidak mengetahui dengan pasti kapan waktu yang tepat datang bulan datang, karena tidak menutup kemungkinan jika datang bulan yang tidak teratur tersebut disebabkan oleh penyakit tertentu.
  • Mengatasi bau badan. Manfaat jamu kunyit asam bagi wanita yang seringkali tidak percaya diri dengan bau badannya adalah mengatasi bau badan. Khasiat alami dari ramuan jamu ini adalah membuat tubuh selalu segar disaat datang bulan datang, membuat darah haid keluar dengan lebih lancar dan tidak berbau anyir, secara tidak langsung, jamu kunyit asam yang Anda konsumsi akan membantu Anda untuk terhidar dari masalah bau badan. Jadi, daripada menggunakan deodorant yang terbuat dari bahan kimia akan lebih baik jika Anda mengkonsumsi obat herbal alami yang bisa mencegah bau badan ini, minum secara teratur untuk hasil maksimal.

CARA MEMBUAT JAMU KUNYIT ASAM

Bahan :

1/2 Kg Kunyit
1/4 Gula jawa
1/2 Kg asam jawa
2 Liter Air
garam sebanyak Sepucuk Sendok teh

Cara Membuat jamu kunyit asam :

  • Bersihkan kunyit lalu diparut atau blender. Kemudian kunyit yang telah halus di saring dan diambil sari / airnya.
  • Rebus air perasan kunyit dengan menambahkan asam, gula dan garam sampai campuran benar-benar mendidih (sambil di aduk-aduk).
  • Bila telah mendidih, angkat dan dinginkan.
  • Jamu kunyit asem siap untuk diminum, bisa juga ditambahkan es batu.
  • Bisa juga ditambah madu agar rasanya lebih enak.

 

MANFAAT KHASIAT KUNYIT UNTUK KESEHATAN LAINNYA

Sebenarnya manfaat kunyit asam tidak terbatas untuk kesehatan kewanitaan, lebih jauh dari itu, jamu kunyit asam juga memiliki manfaat dan khasiat dalam pengobatan lainnya seperti di bawah ini :

  • Meredakan sakit perut. Rasa mulas atau sakit perut dapat hilang dengan mengosumsi kunyit? Berdasarkan sebuah penelitian tahun 1989, suplemen yang berasal dari kunyit ternyata lebih efektif untuk mengatasi perut mulas dan gejala gangguan pencernaan seperti penyakit maag.
  • Mencegah serangan jantung. Kunyit mengandung kurkumin. Zat inilah yang dinilai ada di balik banyaknya manfaat kunyit bagi kesehatan. Sebuah studi tahun 2012 meneliti kandungan kurkumin pada kunyit yang dinilai mampu mencegah serangan jantung.
  • Mencegah diabetes. Berdasarkan hasil studi 2012, meminum kapsul kurkumin juga dinyatakan dapat menunda seseorang pradiabetes menjadi diabetes tipe 2. Lebih dari sembilan bulan, peserta penelitian diberikan suplemen kurkumin atau kapsul plasebo. Hasilnya, hanya lebih dari 16 persen dari orang yang mengosumsi pil plasebo didiagnosis dengan diabetes tipe 2.
  • Melawan kanker. Khasiat kunyit dapat menyembuhkan kanker bukan hal yang baru kita dengar. Pelitian terhadap hewan telah menunjukkan bahwa kandungan kurkumin pada kunyit dapat memerangi penyakit kanker.
    Kurkumin dapat mengganggu pertumbuhan atau perkembangan sel kanker. Kurkumin juga dipercaya dapat mencegah penyebaran sel kanker. Menurut American Cancer Society, kurkumin bahkan mampu membunuh sel-sel kanker, mengecilkan tumor, serta meningkatkan efek kemoterapi pada hewan. Namun, penelitian pada manusia masih tahap awal.
  • Melindungi fungsi otak. Dalam penelitian terbaru, peneliti menemukan ar-turmeron atau turmeron aromatik yang juga terdapat pada kunyit dapat membantu perbaikan sel-sel batang di otak. Studi ini meneliti efek ar-turmeron pada tikus terhadap suatu sel punca yang juga ditemukan dalam otak orang dewasa. Sel punca ini berkaitan dengan pemulihan penyakit neurodegenerative seperti stroke dan alzheimer. Temuan ini menunjukkan, ar-turmeron berpotensi menjadi obat untuk penyakit yang menyerang otak itu. Studi terbaru pun menunjukkan bahwa konsumsi kunyit dapat meningkatkan ingatan pasien alzheimer.
  • Mengurangi nyeri sendi. Manfaat kunyit juga telah diteliti terhadap seseorang yang mengalami nyeri sendi. Peneliti menemukan bahwa manfaat suplemen dari ekstrak kunyit sama dengan obat ibuprofren yang dapat mengurangi nyeri pada sendi penderita osteoarthritis lutut.
  • Kunyit memutihkan gigi. Kunyit memiliki sifat astringent, yang berarti dapat mengencangkan gusi dan menghilangkan plak dari gigi Anda. Kunyit juga bersifat abrasif (kasar) seperti baking soda, sehingga dapat membantu untuk memoles gigi dan membersihkan kotoran. Campur dua bagian bubuk kunyit dengan satu bagian minyak kelapa dan satu bagian baking soda sampai mengental seperti pasta. Gunakan untuk menggosok gigi selama dua menit, kemudian bilas.

Demikianlah manfaat kunyit asam, dengan uraian di atas tentu sudah jelas apa manfaat kunir asam bagi tubuh.  Jika kunyit yang merupakan bahan alami memiliki begitu banyak manfaat, maka tidak berlebihan jika kita membiasakan untuk mengkonsumsinya.

Artikel terkait :

Cara Mudah Mengatasi Keputihan

BAGIKAN ARTIKEL INI :

No comment for Manfaat Khasiat Minum Jamu Kunir ( Kunyit ) Asam Bagi Wanita

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: dilarang meng copy bro !!