Menu Click to open Menus
Home » Manfaat Dan Khasiat » Manfaat Jeruk Nipis Mencegah Batu Ginjal

Manfaat Jeruk Nipis Mencegah Batu Ginjal

(1245 Views) September 3, 2016 6:43 am | No comment

Manfaat Jeruk nipis. Bagi kita semua mungkin sudah familiar dengan buah ini untuk mengobati jerawat, padahal jeruk nipis juga memiliki khasiat untuk mencegah batu ginjal. Ini merupakan salah satu penyakit ginjal yang populer.

Jeruk nipis dapat mencegah timbulnya batu ginjal dan kekambuhan batu ginjal, khususnya batu ginjal kalsium idiopatik. Pada penelitian, laki – laki yang diteliti terdapat batu ginjal dan pada perempuan tidak ada batu ginjal sama sekali. Setelah ditelusuri, ternyata si perempuan tesebut suka mengkonsumsi jeruk nipis yang ditujukan untuk melangsingkan tubuh.

Hasil penelitian lebih lanjut, jeruk nipis mengandung sitrat yang tinggi yang dapat mencegah terjadinya batu ginjal. Pasalnya, penderita batu ginjal memiliki kadar sitrat yang rendah.

Jeruk nipis lokal memiliki kandungan sitrat 10 kali lebih besar ketimbang jeruk keprok. Sedangkan dibandingkan dengan jeruk manis,jeruk nipis mempunyai kandungan sitrat enam kali lebih tinggi. Jeruk nipis lokal memiliki kandungan sitrat sebesar 55,6 gram/kg, jeruk keprok 5,4 gram/kg dan jeruk manis mencapai 8,75 gram/kg.

Mengkonsumsi jeruk nipis setiap hari berdampak baik bagi kesehatan ginjal anda. Biasanya sitrat di dalam air kemih pada penderita batu ginjal paling rendah pada malam hari dan menjelang pagi hari. Jadi pemberian jeruk nipis menjadi lebih bagus hasilnya bila dikonsumsi sesaat sesudah makan malam.

rahasia membeli asuransi unit linkCara mengkonsumsinya mudah, peras 2 buah jeruk nipis berukuran sekitar 4,5 cm yang diencerkan dalam 2 gelas air. Minumlah pada malam hari sesaat sesudah makan malam.

Mengingat jenis batu ginjal idiopatik ditemukan pada 80 persen penderita batu ginjal, maka pencegahan batu ginjal jenis ini sangat penting. Yaitu dengan cara membatasi mengkonsumsi garam atau makanan yang asin, mengkonsumsi masukan kalsium yang cukup dan protein rendah fosfat.

Dengan cara makan seperti itu diharapkan dapat menurunkan atau mencegah terjadinya batu ginjal sehingga ginjal anda akan tetap terjaga, dengan kata lain fungsi ginjal akan dapat bekerja dengan baik dan terhindar dari penyakit ginjal lainnya. Demikianlah sekilas ulasan manfaat jeruk nipis untuk mencegah batu ginjal.

BAGIKAN ARTIKEL INI :

No comment for Manfaat Jeruk Nipis Mencegah Batu Ginjal

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: dilarang meng copy bro !!