Menu Click to open Menus
Home » Diabetes Melitus » Makanan Untuk Penderita Diabetes

Makanan Untuk Penderita Diabetes

(411 Views) April 16, 2017 8:59 am | No comment

Makanan untuk penderita diabetes. Penyakit ini memang tidak langsung membuat penderitanya meninggal, namun kondisi penyakit yang terus memburuk akan mendekatkan pederitanya kepada kematian. Disamping itu, penyakit diabetes melitus akan menimbulkan komplikasi penyakit lain yang dapat memperparah kondisi penderita.

Salah satu cara dalam mengobati penderita diabetes mellitus adalah dengan memberikan nutrisi yang tepat. Sebagaimana kita ketahui, penyakit diabetes adalah penyakit yang tidak bisa disembuhkan namun dapat dikendalikan. Pemberian nutrisi atau makanan yang tepat untuk penderita diabetes dapat mengendalikan penyakit diabetes ini.

Memberikan nutrisi yang tepat merupakan salah satu solusi untuk membuat kadar gula menjadi terkendali. Nutrisi atau makanan untuk penderita diabetes merupakan cara alamiah agar kondisi kesehatan membaik, disamping itu ada juga obat diabetes tradisional yang diakui secara luas dapat membantu pengobatan penyakit diabetes mellitus. Lalu makanan apakah yang tepat untuk penderita diabetes?

Berikut ini adalah beberapa jenis makanan untuk penderita diabetes yang aman untuk dikonsumsi, sehingga dapat menjaga kadar gula agar tetap terkendali :

Karbohidrat yang sehat. Sumber makanan untuk penderita diabetes yang tetap diperlukan. Seorang penderita diabetes, dianjurkan mengkonsumsi karbohidrat berserat seperti : beras merah, gandum atau oat, sorgum, sayuran, dan kacang – kacangan. Kurangi nasi putih yang kaya akan karbohidrat.

  • Sayuran yang kaya vitamin dan serat. Ini merupakan makanan untuk penderita diabetes yang sangat dianjurkan. Sayuran yang baik untuk dikonsumsi adalah buncis, brokoli, dan bayam.
  • Makanan yang kaya akan serat. Ini dapat ditemukan pada buah, kacang – kacangan dan ikan laut. Makanan berserat tinggi ampuh untuk menurunkan kadar kolesterol dan kadar gula dalam darah.
  • Tetap mengkonsumsi lemak baik, ini akan mengatur kadar kolesterol jahat. Lemak baik dapat ditemukan pada minyak zaitun, ikan salmon dan kacang – kacangan.
  • Buah – buahan. Jenis buah – buahan yang termasuk ke dalam makanan yang baik untuk penderita diabetes adalah papaya, apel, jeruk, pir, kedondong, tomat, salak dan jambu merah. Dan HINDARI buah mangga pisang dan anggur, ini bias memperburuk kondisi penyakit diabetes.
  • Susu. Penderita diabetes tipe-2 bisa mengkonsumsi susu 2 kali sehari. Susu merupakan kombinasi tepat karbohidrat dan protein yang mampu mengontrol kadar gula dalam darah.
  • Bumbu. Jenis bumbu yang baik dikonsumsi untuk penderita diabetes adalah bawang merah dan bawang putih, ini terbukti menurunkan kadar lemak dan glukosa dalam darah.

Bahan makanan di atas sepertinya sederhana sekali, namun efektif dalam membantu pengobatan diabetes. Jika anda merasakan adanya gejala diabetes, tidak ada salahnya membiasakan mengkonsumsi bahan – bahan di atas. Dengan mengkonsumsi jenis sumber makanan di atas dapat membantu dalam pengobatan penyakit diabetes, karena mengandung bahan aktif yang membantu menjaga kadar gula darah menjadi normal, sehingga ini merupakan makanan untuk penderita diabetes yang sangat dianjurkan.

BAGIKAN ARTIKEL INI :

No comment for Makanan Untuk Penderita Diabetes

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: dilarang meng copy bro !!