Menu Click to open Menus
Home » Kolesterol » Makanan Penurun Kolesterol Yang Efektif

Makanan Penurun Kolesterol Yang Efektif

(397 Views) April 18, 2017 2:37 am | No comment

Makanan penurun kolesterol. Cara untuk mengendalikan kadar kolesterol adalah dengan membatasi konsumsi makanan atau minuman yang mengandung kolesterol, disamping itu juga banyak mengkonsumsi makanan penurun kolesterol.

Disamping berbagai makanan yang merupakan pantangan penyakit kolesterol, banyak juga makanan yang dianjurakan, sebagai makanan penurun kolesterol secara alami. Dengan diet yang tepat dan konsumsi makanan yang tepat maka kadar kolesterol dapat dijaga pada level normal tanpa harus minum obat kolesterol.

Berikut ini adalah jenis makanan atau minuman yang dimaksud sebagai makanan penurun kolesterol :

  1. Ikan dan omega 3. Selain dikenal sebagai makanan penurun kolesterol, ikan dan omega 3 dapat menurunkan risiko penyakit jantung, mengurangi risiko pengentalan darah dan juga bisa menurunkan tekanan darah.
  2. Kayu manis. Dengan hanya mengkonsumsi ½ sendok the kayu manis sehari, bisa mengurangi kadar gula darah pada penderita diabetes mellitus tipe 2. Selain itu kayu manis juga telah terbukti secara efektif makanan penurun kadar trigliserida, LDL, dan kadar kolesterol total di dalam tubuh.
  3. Kacang – kacangan. Direkomendasikan sebagai makanan penurun kolesterol karena kacang – kacangan seperti kenari dan almond, mengandung asam lemak omega 3. Disamping itu kacang – kacangan ini juga dapat mengurangi risiko penyakit jantung.
  4. Buah dan sayuran. Kadar kolesterol yang tinggi sangat dianjurkan mengkonsumsi buah dan sayuran. Namun perlu diingat, buah dan sayuran yang disarankan sebagai makanan penurun kolesterol adalah buah dan sayuran yang kaya akan serat dan pectin. Termasuk di dalamnya adalah : apel, anggur, apricot, kol, bawang putih, dan ubi jalar.
  5. Anggur merah. Kandungan anti oksidannya yang tinggi, anggur merah berperan dalam membantu meningkatkan kadar HDL atau kolesterol baik dalam darah.
  6. Jus lemon. Ini juga termasuk minuman sebagai penurun kolesterol disamping berbagai jenis makanan penurun kolesterol di atas. Kandungan limonoids di dalam lemon menurunkan kadar kolesterol jahat. Disamping itu lemon mengandung vitamin C yang merupakan antioksidan yang kuat. Jus lemon yang dikonsumsi selama 30 hari berturut – turut dapat menurunkan kadar kolesterol jahat secara signifikan.
  7. Teh. Mengandung komponen bioaktif yang dapat mencegah percepatan oksidasi kolesterol jahat ( LDL ). Mengkonsumsi teh dalam jumlah yang wajar setiap hari dapat mengurangi risiko terjadinya penyumbatan pembuluh darah. Minuman ini akan melengkapi manfaat makanan penurun kolesterol di atas.

Makanan dan minuman penurun kolesterol di atas sangat baik dikonsumsi, disamping pengobatan yang dilakukan, ini akan mempercepat proses penyembuhan karena dibantu kandungan alami tersebut yang secara jangka panjang sangat membantu dalam menjaga kadar kolesterol dalam darah. Yang lebih penting adalah pemeriksaan dokter secara teratur, ini akan mencegah gejal a kolesterol berkembang lebih buruk.

INFO :

Asuransi unit link menghindarkan anda dari risiko kerugian finansial akibat kolesterol dan penyakit lainnya. Pelajari rahasia membeli asuransi prudential Indonesia unit link. Pelajari informasi selanjutnya tentang asuransi prudential.

BAGIKAN ARTIKEL INI :

No comment for Makanan Penurun Kolesterol Yang Efektif

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: dilarang meng copy bro !!