Menu Click to open Menus
Home » Pendidikan » Bagaimana Cara Mengantisipasi Mahalnya Biaya Pendidikan

Bagaimana Cara Mengantisipasi Mahalnya Biaya Pendidikan

(751 Views) April 11, 2017 9:47 am | No comment

Mahalnya biaya pendidikan. Seiring dengan meningkatnya harga – harga barang yang berarti turunnya nilai uang rupanya juga sangat berpengaruh pada dunia pendidikan. Biaya pendidikan pada masing – masing sekolah dan perguruan tinggi jumlahnya bervariasi, namun kenaikan biaya pendidikan merupakan hal yang pasti.

mahalnya biaya pendidikan

Inflasi merupakan salah satu faktor penyumbang mahalnya biaya pendidikan di Indonesia. Jika kita menengok ke tahun – tahun lalu, tentunya biaya pendidikan akan lebih kecil dari tahun ini, yang berarti merupakan pelajaran bagi kita untuk memperhitungkan tingkat inflasi dan kenaikan biaya pendidikan anak dalam membuat perencanaan keuangan untuk keluarga.

Akibat mahalnya biaya pendidikan, sekarang ini dan banyaknya masyarakat yang berada dibawah garis kemiskinan tidak begitu peduli atau tidak memperhatikan pentingnya pendidikan bagi sang buah hatinya karena memang untuk makan sehari – hari aja susah. Sehingga tidak jarang pendidikan anak putus, anak tersebut hanya mendapat pendidikan sampai pada jenjang sekolah menengah pertama atau sekolah menengah atas. Padahal pemerintah ingin menuntaskan wajib belajar sembilan tahun. Jika masalah ini tidak mendapat perhatian maka program tersebut tidak akan terealisasi.

Mahalnya biaya pendidikan di Indonesia perlu di antisipasi dengan membuat perencanaan keuangan yang lebih akurat dengan memperhitungkan faktor – faktor seperti biaya pendidikan sekarang, tingkat inflasi, usia anak sekarang, dan pada tahun ke berapa biaya tersebut dikeluarkan.

Ini sangat penting untuk menetukan jumlah biaya pendidikan yang harus dikeluarkan pada waktunya nanti. Dengan demikian setiap keluarga dapat mulai merencanakan berapa uang yang harus ditabungkan mulai sekarang untuk mengantisipasi mahalnya biaya pendidikan di Indonesia.

 

ASURANSI PENDIDIKAN SOLUSI PERENCANAAN KEUANGAN UNTUK PENDIDIKAN

Pendidikan di Indonesia masih merupakan investasi yang mahal namun harus tetap dipikirkan demi mewujudkan cita – cita anak,  sehingga diperlukan perencanaan keuangan misalnya asuransi pendidikan yang harus mulai dipersiapkan sejak sekarang.

Tanggung jawab orang tua sangatlah berat karena harus membiayai anak sejak dia lahir sampai ke jenjang yang lebih tinggi. Dengan adanya asuransi pendidikan maka kita dapat mengantisipasi semakin mahalnya biaya pendidikan tinggi di Indonesia. Namun begitu kita perlu menyeleksi … asuransi pendidikan seperti apa yang tepat untuk putra – puteri kita.

Lalu asuransi pendidikan seperti apa yang baik?

Asuransi pendidikan yang baik adalah disamping dapat memproyeksikan dana pendidikan yang cukup untuk pendidikan tinggi, juga dapat melindungi keluarga secara finansial jika kepala keluarga mengalami risiko. Jadi kemungkinan terjadi risiko yang dapat menghanguskan keuangan juga diperhitungkan, sehingga dana pendidikan tetap aman, tidak terganggu walaupun ada risiko yang menimpa kepala keluarga. Dengan demikian asuransi pendidikan dapat mengantisipasi semakin mahalnya biaya pendidikan tinggi di Indonesia.

Artikel terkait :

Perhitungan Asuransi Pendidikan Prudential

BAGIKAN ARTIKEL INI :

No comment for Bagaimana Cara Mengantisipasi Mahalnya Biaya Pendidikan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: dilarang meng copy bro !!