Menu Click to open Menus
Home » Ilmu Gizi » Macam Penyakit Akibat Kekurangan Vitamin A, D, E, K

Macam Penyakit Akibat Kekurangan Vitamin A, D, E, K

(211 Views) November 16, 2017 4:17 am | No comment

Akibat kekurangan vitamin ADEK. Berikut ini adalah masalah atau penyakit yang timbul akibat kekurangan vitamin ADEK.

Sebagaimana kita ketahui, vitamin A, D, E, K sangat dibutuhkan oleh tubuh. Jenis vitamin tersebut merupakan bagian dari kebutuhan nutrisi yang harus dipenuhi agar tubuh sehat. Pada pelajaran sekolah … Vitamin A, D, E, K merupakan salah satu unsur zat gisi seimbang yang diperlukan tubuh manusia. Sebagai kebutuhan, jika vitamin tersebut tidak dipenuhi tentu akan berakibat buruk pada kesehatan, seperti timbulnya berbagai macam penyakit. Lalu apa sih akibat kekurangan vitamin ADEK ?

Kondisi tubuh akibat kekurangan vitamin ADEK tidak serta merta akan langsung mengakibatkan penyakit tertentu. Dalam jangka waktu tertentu … jika tubuh kekurangan vitamin ADEK, akan membuat kondisi tubuh menjadi tidak seimbang dan fungsi organ – organ tubuh bekerja dengan tidak maksimal. Inilah yang menjadi cikal bakal masalah atau penyakit pada masing – masing organ tubuh manusia.

Akibat kekurangan vitamin A, D, E, K tentu akan menimbulkan berbagai macam masalah kesehatan, untuk itu di bawah ini akan diuraikan satu per satu secara berurutan :

1. Akibat Kekurangan Vitamin A.
Vitamin A merupakan senyawa yang sangat penting untuk menjaga fungsi sistem kekebalan tubuh kita. Adapun makanan yang mengandung vitamin A berasal dari sayur-sayuran (terutama sayuran yang berwarna hijau dan kuning), buah yang mengandung vitamin A terutama yang berwarna merah dan kuning yang biasa dijadikan bahan masker alami seperti wortel, pepaya, pisang, dan lain sebagainya), ikan, dan berbagai jenis produk susu. Vitamin A memiliki nama biokimia retinol. Menurut kamus kesehatan, vitamin A merupakan vitamin larut lemak yang disintesis dari beta karoten yang ada dalam tubuh. Vitamin A memiliki sifat antioksidan.

Berikut ini adalah masalah atau penyakit akibat kekurangan vitamin A :

  • Gangguan Pada Penglihatan (Mata) seperti : Katarak, Rabun senja, Xeropthalmia (kelainan yang terjadi pada selaput lendir dan selaput bening pada mata yang menyebabkan mata menjadi kering).
  • Timbulnya permasalahan pada kulit seperti : Regenerasi kulit yang terganggu sehingga kulit akan menjadi kering dan kasar, Luka sulit sembuh, Iritasi kulit. Baca : jenis kulit wajah
  • Menghambat Pertumbuhan
    Meningkatkan Resiko Kelainan Pada Janin
    Terganggunya Sistem Imunitas

Vitamin A memiliki kaitan yang erat dengan sistem imun dalam tubuh, di mana vitamin A berperan penting dalam proses pembentukan sel T. Ketika tubuh kekurangan vitamin A, maka otomatis sistem imune dalam tubuh juga akan terganggu (mengalami penurunan), dan jika hal itu terjadi, maka seseorang akan lebih rentan terhadap ancaman berbagai penyakit, seperti flu, demam, batuk, pusing, dan penyakit kronis lainnya.

 

2. Akibat Kekurangan Vitamin D .

Ini merupakan golongan vitamin yang dapat terlarut dalam lemak prohormon. Banyak peranan jenis vitamin ini bagi tubuh kita, terutama bagi kesehatan tulang dan gigi. Adapun sumber dari Vitamin D adalah seperti sinar matahari pagi, buah-buahan dan sayur-sayuran seperti tomat, stroberry, jeruk, brokoli, dan lain sebagainya. Di bawah ini adalah masalah atau penyakit akibat kekurangan vitamin D :

  • Osteoporosis. Ini adalah salah satu jenis penyakit yang terjadi akibat tubuh kekurangan vitamin D, di mana akan terjadi berbagai masalah terutama pada tulang, seperti pengeroposan, serta kepadatan dan kualitas tulang akan berkurang. Dan apabila hal ini terjadi , maka potensi untuk seseorang mengalami patah tulang akan semakin meningkat.
  • Diabetes. Secara tidak langsung, vitamin D berkaitan erat dengan diabetes. Keterkaitan tersebut adalah bahwa vitamin D dapat membantu meningkatkan hormon Insulin dan membuat hormon tersebut lebih peka terhadap glukosa dalam tubuh, sehingga kadar gula dalam darah akan mudah dikontrol.
  • Multiple Sclerosis. Kekurangan Vitamin D juga berkaitan erat dengan keberadaan penyakit yang menyerang sistem imune tubuh kita yang disebut sebagai multiple sclerosis. Ini adalah salah satu jenis penyakit sistem syaraf yang disebabkan oleh kerusakan pada selubung myelin sel saraf. Penyakit ini dapat menyebabkan terjadinya kelumpuhan. Pada kebanyakan kasus, multiple Sclerosis biasanya menyerang anak-anak yang kekurangan vitamin D.
  • Rheumatoid Arthritis. Ini merupakan jenis penyakit yang terjadi akibat pelunakan pada tulang karena tubuh kekurangan kalsium maupun vitamin D. Dalam banyak kasus, penyakit ini banyak menimpa anak-anak, bayi, maupun pada wanita yang tidak terkena paparan sinar matahari, sehingga penyerapan vitamin D melalui kulit menjadi kurang aktif.
  • Parkinson. Dalam banyak kejadian, parkinson merupakan penyakit gangguan motorik yang banyak dialami pada orang tua. Lalu apa hubungan antara kekurangan vitamin D dan parkinson? Ketika usia semakin bertambah maka pembentukan vitamin D yang berasal dari sinar matahari juga akan ikut berkurang. Sehingga pada akhirnya tubuh akan kekurangan vitamin D.
  • Alzheimer. Kekurangan Vitamin D juga berpengaruh besar terhadap penyakit Alzheimer yang merupakan suatu penyakit yang membuat sel otak mengecil dan mengkerut. Penyakit ini mirip dengan kepikunan, dan pada umumnya alzheimer menimpa mereka yang telah berusia tua atau usia 60 tahun ke atas. Untuk mengatasi penyakit ini ( meskipun sulit karena faktor usia) biasanya dokter akan menyarankan untuk memberi pasien asupan vitamin D dan E.

 

3. Akibat Kekurangan Vitamin E

Vitamin E adalah salah satu antioksidan bagi tubuh yang mampu mencegah pengaruh radikal bebas yang merusak DNA dan sel-sel dalam tubuh. Vitamin E merupakan vitamin essential yang tidak bisa diproduksi oleh tubuh kita, melainkan oleh berbagai sumber makanan seperti buah-buahan dan sayur-sayuran termasuk biji bunga matahari, strawberri, kacang-kacangan, pisang, ubi, asparagus, dan buncis. Di bawah ini adalah masalah atau penyakit akibat kekurangan vitamin E :

  • Kerusakan Pada Sistem Saraf dan Otot. Kerusakan sistem saraf dan otot terjadi karena terjadinya kerusakan pada sel-sel darah merah yang salah satu penyebabknya adalah karena tubuh kekurangan asupan vitamin E. Jika seseorang mengalami kondisi ini, maka besar kemungkinan ia akan mengalami kesulitan ketika berjalan serta timbulnya rasa nyeri pada otot dan betis.
  • Kanker. Jika defisiensi vitamin E terus berkelanjutan, maka kemungkinan resiko timbulnya kanker akan semakin meningkat. Kanker tersebut biasanya menyerang payudara, saluran pencernakan, serta paru-paru.
  • Bayi Lahir Premature. Salah satu penyebab terjadinya bayi lahir prematur adalah karena asupan vitamin E yang kurang selama kehamilan. Bahkan jika bayi lahir premature dengan cadangan vitamin E yang sangat sedikit di dalam tubuhnya dapat mengakibatkan gangguan penglihatan pada bayi tersebut.
  • Gangguan Pertumbuhan Pada Anak-Anak. Anak-anak yang mengalami defisiensi vitamin E akan menyebabkan terjadinya gangguan pada tumbuh kembangnya, seperti penurunan refleks, kelemahan otot, terganggunya penyerapan usus, serta potensi terjadinya penyakit kelainan saraf.
  • Infertilitas. Defisiensi vitamin E dalam tubuh juga telah dikaitkan dengan kehadiran gangguan pada sistem reproduksi, baik pada pria maupun wanita, seperti infertilitas serta kemandulan.
  • Gangguan Penglihatan. Gangguan penglihatan seperti terjadinya katarak juga menjadi salah satu dampak buruk dari kurangnya asupan vitamin E yang diterima oleh tubuh. Oleh karena itu, jangan tunda lagi untuk memenuhi asupan takoferol tersebut.

 

4. Akibat Kekurangan Vitamin K

Ini merupakan sekelompok hidrofobik dan lipofilik yang yang diperlukan bagi modifikasi pascatranslasi dari berbagai macam protein, seperti pada proses pembekuan darah. Vitamin K memiliki sifat tahan panas, tetapi ia akan segera mengalami kerusakan ketika terkena senyawa asam, basa, maupun sinar matahari. Vitamin K normalnya diproduksi oleh bakteri yang ada di dalam saluran pencernakan manusia. Selain itu, vitamin K juga bisa didapatkan dari beberapa sumber makanan seperti bayam, kol, brokoli, katuk, kacang polong, daun bawang, mentimun, selada, dan lain sebagainya. Defisiensi vitamin K bisa menyebabkan :

  • Gangguan Pada Janin. Salah satu asupan vitamin yang harus selalu tercukupi selama masa kehamilan adalah vitamin K, di mana apabila tubuh kekurangan vitamin ini maka akan mengganggu perkembangan janin di dalam kandungan. Selain itu, kekurangan vitamin K juga akan meningkatkan potensi terjadinya perdarahan pada wanita hamil.
  • Hemoragik Pada Bayi Yang Baru Lahir. Apabila selama masa kehamilan, calon ibu kurang mendapatkan asupan vitamin K, maka hal itu bisa berpotensi terhadap peningkatan resiko hemoragik pada bayi setelah ia dilahirkan. Hemoragik adalah suatu penyakit yang menyebabkan terganggunya proses pembekuan darah terutama pada jaringan organ dalam si bayi. Kondisi ini pada umumnya ditandai dengan adanya darah pada lubang dubur si bayi.
  • Terganggunya Proses Pembekuan Darah. Saat tubuh mengalami defisiensi vitamin K, hal ini bisa berpotensi terganggunya proses pembekuan darah, sehingga darah akan tetap encer. Jadi ketika seseorang yang kekurangan vitamin K terluka, maka darah yang mengalir dari lukanya tersebut akan sulit untuk dihentikan.
  • Penurunan Kepadatan Tulang. Salah satu peranan penting vitamin K dalam tubuh kita adalah membantu proses penyerapan kalsium. Artinya, apabila tubuh kita kekurangan vitamin K, potensi resiko terjadinya tulang keropos akibat kepadatan tulang yang menurun akan lebih meningkat.
  • Memperburuk Kondisi Kanker. Vitamin K adalah salah satu jenis vitamin yang mampu menekan pertumbuhan kanker dalam tubuh kita. Artinya, vitamin K merupakan salah satu alternative yang dapat digunakan dalam pengobatan atau terapi penyakit kanker. Jika seorang pasien memiliki asupan yang kurang akan vitamin K, maka potensi kekambuhan akan penyakit berbahaya tersebut akan meningkat, meskipun pasien tersebut dinyatakan telah sembuh sebelumnya.
BAGIKAN ARTIKEL INI :

No comment for Macam Penyakit Akibat Kekurangan Vitamin A, D, E, K

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: dilarang meng copy bro !!