Menu Click to open Menus
TRENDING
Home » Tips » Penyakit Kolesterol Pengertian Jenis Dan Komplikasinya

Penyakit Kolesterol Pengertian Jenis Dan Komplikasinya

(2337 Views) April 14, 2016 3:03 am | Published by | 1 Comment

Apa Itu Penyakit Kolesterol

Penyakit kolesterol.  Nama penyakit ini mungkin tidak asing lagi di telinga kita.  Penyakit kolesterol merupakan suatu kondisi dimana kadar kolesterol di dalam tubuh manusia melebihi batas normal, sehingga kelebihan kolesterol ini akan menempel pada pembuluh darah.  Akibat lebih lanjut adalah aliran darah yang melewati pembuluh darah menjadi tidak lancar atau tersumbat.

Dengan tidak lancarnya aliran darah tersebut, oksigen yang dibawa darah untuk mensuplai jantung dan otak menjadi lebih sedikit, sehingga tidak dapat memenuhi kebutuhan total oksigen, inilah yang dapat mengakibatkan penyakit jantung koroner.  Ternyata penyakit kolesterol juga memicu timbulnya komplikasi penyakit lain.

Jenis – Jenis  Kolesterol

Setelah kita mengetahui apa itu penyakit kolesterol, sekarang kita akan membahas tentang jenis – jenis kolesterol. Kolesterol terbagi menjadi beberapa jenis berikut ini :

  1. Kolesterol LDL ( Low Density Lipoprotein ).  Kolesterol LDL ini sangat berbahaya. Penyakit kolesterol  yang ditandai dengan kadar LDL tinggi ini dapat menyebabkan pengendapan kolesterol dalam pembuluh darah. Kolesterol LDL ini juga merupakan faktor risiko utama penyakit jantung koroner.
  2. Kolesterol HDL ( High Density Lipoprotein ).  HDL mencegah kondisi penyakit kolesterol seperti di atas. HDL mencegah pengendapan kolesterol pada pembuluh darah dan melindunginya dari terbentuknya plak pada dinding pembuluh darah.
  3. Trigliserida.  Ini merupakan sejenis lemak di dalam darah dan organ lainnya yang juga merupakan penyebab penyakit kolesterol, karena meningkatkan kadar kolesterol di dalam tubuh. Hal yang dapat memicu trigliserida ini adalah faktor kegemukan, konsumsi alcohol, gula dan makanan berlemak. Trigliserida dapat diatasi dengan diet rendah karbohidrat.

 

Penyakit Kolesterol Memicu Penyakit Lain

Penyakit kolesterol yang ditandai dengan tingginya kadar kolesterol di atas ambang batas normal ternyata dapat juga memicu penyakit lain. Berikut ini adalah beberapa gangguan kesehatan lainnya jika kadar kolesterol dalam darah meningkat tidak terkendali :

  1. Familial Hypercholesterolemia  ( FH ). Kadar kolesterol pada penyakit ini tidak bisa dikendalikan lagi. FH merupakan penyakit bawaan, penyakit ini timbul karena kedua orang tua mengidap FH akibat  kolesterol tinggi tersebut.
  2. Xanthomas.  Penyakit kolestero tinggi ini  muncul ditandai dengan adanya benjolan kuning kemerahan pada tubuh. Ternyata penyakit kolesterol memicu penyakit aneh ini.
  3. Gagal jantung.  Ada banyak kasus penyakit kolesterol  menyebabkan  terjadinya gagal jantung. Ini terjadi karena kolesterol menyumbat pembuluh darah arteri dan menghalangi aliran oksigen. Komplikasi lain yang mungkin adalah stroke.
  4. Rendah kolesterol.  Jika penyakit kolesterol di atas sangat mematikan karena tingginya kadar kolesterol. Rendah  kolesterol pun dapat mengakibatkan kematian, karena kadar kolesterol terlalu rendah dibanding dengan kadar kolesterol normal.
  5. Penyakit stroke.

Di atas adalah sekilas uraian tentang penyakit kolesterol, dimana gejala kolesterol tersebut ditandai dengan kadar kolesterol dalam darah terlalu tinggi. Pelajari juga penyebab kolesterol. Ada beberapa jenis makanan penurun kolesterol yang secara ilmu kedokteran direkomendasikan sebagai cara menurunkan kolesterol dengan alami. 

l

INFO :

Asuransi unit link menghindarkan anda dari risiko kerugian finansial akibat penyakit kolesterol dan penyakit lainnya. Pelajari rahasia membeli asuransi  prudential Indonesia unit link. Pelajari informasi selanjutnya tentang  asuransi prudential.

 

 

1 Comment for Penyakit Kolesterol Pengertian Jenis Dan Komplikasinya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *