Menu Click to open Menus
Home » Manfaat Khasiat » Khasiat Manfaat Tomat Untuk Kecantikan Dan Kesehatan Lengkap

Khasiat Manfaat Tomat Untuk Kecantikan Dan Kesehatan Lengkap

(257 Views) October 18, 2017 3:14 am | No comment

Manfaat tomat. Manfaat khasiat tomat untuk kesehatan dan kecantikan yang wajib anda tahu.

Manfaat tomat sebenarnya begitu banyak, baik untuk kesehatan maupun untuk kecantikan wajah. Biasanya jika kita membicarakan tentang khasiat atau manfaat tomat selalu dikaitkan dengan perawatan wajah berupa masker wajah alami lalu yang dibahas kemudian adalah cara membuat masker wajah dari tomat. Padahal manfaat buah tomat tidak terbatas pada perawatan kulit wajah. Ada banyak sekali manfaat tomat untuk kesehatan dan pengobatan secara umum.

Banyak literatur dan ahli ilmu gizi yang mengungkapkan tentang manfaat tomat jika sering dikonsumsi, namun kadang kita tidak mempedulikannya karena pada umumnya orang tidak begitu telaten untuk mengkonsumsi buah tomat, kecuali bagi mereka yang memang penggemar buah tomat.

Khasiat atau manfaat tomat untuk kesehatan maupun untuk kecantikan tidak terlepas dari kandungan gizi dan senyawa bermanfaat pada setiap buah tomat. lalu apa sih kandungan buah tomat sehingga memiliki manfaat yang besar baik dalam kesehatan secara umum.

Buah Tomat mengandung berbagai Vitamin, Mineral dan senyawa tumbuhan. Senyawa Tumbuhan yang sangat bermanfaat bagi kesehatan yang terkandung dalam buah tomat adalah seperti Likopen, Beta-Karoten, Naringenin dan Asam Glorogenik.

Berikut ini adalah kandungan Vitamin dan Mineral dalam setiap 100gram tomat :

Kalori  18 kal
Karbohidrat  3,9g
Air  95%
Protein  0,9g
Gula  2,6g
Serat  1,2g
Lemak  0,2g
Vitamin A  42µg
Vitamin C  13,7mg
Vitamin D  0µg
Vitamin E  0,54mg
Vitamin K  7,9µg
Vitamin B1 (Thiamine)  0,04mg
Vitamin B2 (Riboflavin)  0,02mg
Vitamin B3 (Niacin)  0,59mg
Vitamin B5  0,09mg
Vitamin B6 (Pyridoxine)  0,08mg
Vitamin B9 (Folat)  15µg
Vitamin B12  0µg
Cholin  6.7mg
Kalsium  10mg
Zat Besi  0,27mg
Magnesium  11mg
Fosfor  24mg
Potassium (Kalium)  237mg
Sodium  5mg
Seng (Zinc)  0,17mg
Tembaga (Copper)  0,06mg
Manganese  0,11mg
Selenium  0µg

 

KHASIAT / MANFAAT TOMAT

Ada banyak manfaat tomat yang akan saya bagikan berikut ini, di sini dikategorikan menjadi :
1. Manfaat tomat untuk kecantikan kulit wajah
2. Manfaat tomat untuk kesehatan dan pengobatan

 

MANFAAT TOMAT UNTUK KULIT WAJAH

Manfaat tomat untuk wajah tidak diragukan lagi. Untuk memiliki wajah cantik ternyata tidak harus menyediakan anggaran jutaan rupiah, ada cara perawatan wajah alami dengan memanfaatkan buah tomat. Tidak hanya itu, tomat juga dapat mengatasi permasalahan pada kulit wajah. Berikut ini adalah manfaat tomat untuk kulit wajah :

1. Tomat bermanfaat sebagai Tabir Surya.
Panasnya sinar matahari dapat menyebabkan kulit wajah terbakar hingga meradang, jika hal ini dibiarkan dalam waktu lama maka dapat merusak kesehatan kulit wajah. Manfaat buah tomat dapat melindungi wajah anda, ternyata buah segar ini mampu melindungi kulit dari panasnya sengatan matahari.

  • Berikut cara penggunaannya:
    Siapkan satu buah tomat merah segar dan yogurt.
  • Bersihkan tomat dengan air bersih untuk menghilangkan pestisida pada kulitnya.
  • Haluskan tomat dengan menggunakan blender.
    Tambahkan yogurt pada tomat yang telah dihaluskan, kemudian aduk sampai merata.
  • Oleskan pada seluruh wajah dan leher. Diamkan selama 15 menit.
  • Bersihkan dengan air bersih dan keringkan dengan handuk halus. Lakukan perawatan ini secara rutin.

 

2. Tomat bermanfaat melembabkan dan Mencerahkan Kulit Wajah.
Manfaat tomat untuk melembabkan wajah sudah banyak dibuktikan. Kandungan vitamin C dan E pada buah tomat sangat efektif untuk kesehatan kulit wajah, selain itu kandungan antiseptic pada buah ini juga sangat efektif untuk membunuh kuman pada kulit wajah. Pada umumnya buah tomat ini banyak digunakan sebagai masker wajah karena efektif dalam melembabkan dan juga mencerahkan kulit wajah.

Berikut cara penggunaannya:

  • Siapkan satu buah tomat merah yang masih segar, cuci dengan air bersih untuk menghilangkan kandungan pestisida pada kulitnya.
  • Belah tomat itu menjadi beberapa bagian.
  • Gosokkan irisan tomat secara merata pada seluruh bagian wajah hingga leher.
  • Diamkan selama 15 menit agar meresap, bilas dengan air bersih, lalu keringkan dengan handuk lembut yang bersih.

3. Tomat bermanfaat mengurangi minyak berlebih pada wajah.
Masalah kulit wajah yang banyak dialami oleh sebagian besar orang adalah masalah kulit berminyak. Kulit berminyak dapat memicu timbulnya jerawat pada wajah sehingga dapat merusak penampilan. Namun, Anda tidak perlu khawatir karena kelebihan minyak pada wajah dapat diatasi dengan buah tomat. Untuk mendapatkan manfaat tomat tersebut, berikut ini cara membuatnya :

Berikut cara penggunaannya:

  • Siapkan satu buah tomat merah segar dan satu buah mentimun segar ukuran kecil.
  • Bersihkan keduanya dengan air bersih untuk menghilangkan pestisida pada kulitnya. Lalu, haluskan keduanya dengan blender.
  • Oleskan secara merata campuran tomat dan mentimun itu pada bagian seluruh wajah hingga leher, diamkan selama 30 menit.
  • Bersihkan dengan air dingin lalu keringkan dengan handuk halus. Lakukan perawatan ini setiap hari secara rutin.

4. Tomat bermanfaat untuk mengecilkan Pori-Pori Wajah
Khasiat tomat yang satu ini termasuk populer. Buah tomat efektif juga untuk mengecilkan pori-pori wajah yang membesar. Cara penggunaan buah tomat untuk mengecilkan pori-pori wajah, yaitu:

  • Bersihkan wajah dengan air hangat.
  • Belah tomat segar menjadi dua bagian. Jangan lupa sebelumnya cuci buahnya dahulu.
  • Oleskan irisan tomat pada wajah hingga merata, diamkan selama 20 menit.
  • 20 menit berlalu, baru boleh menggunakan air dingin untuk membilas wajah sampai bersih dari sisa-sisa jus tomatnya.
  • Perawatan ini disarankan untuk dilakukan setiap hari secara teratur supaya manfaatnya bisa langsung dirasakan.

5. Menghilangkan Jerawat
Khasiat atau manfaat tomat untuk menghilangkan jerawat sudah diakui luas dan menjadi solusi alternatif.
Bahan yang Perlu Disiapkan:

  • Siapkan satu buah tomat merah segar dan jeruk lemon.
  • Bersihkan keduanya dengan air bersih untuk menghilangkan pestisidanya.
  • Haluskan buah tomat itu dengan blende.
  • Tambahkan 2 sendok makan air perasan jeruk lemon, aduk hingga merata.

Cara penggunaan :

  • Cuci wajah lebih dulu supaya paling tidak kulit lebih bersih. Gunakan air hangat untuk membasuh wajah.
  • Siapkan tomat 1 buah yang bisa diblender hingga sangat halus.
  • Tuang air perasan jeruk lemon sebagai tambahannya, cukup 2 sendok makan saja.
  • Ramuan sudah jadi, silakan dioleskan ke seluruh bagian wajah seperti ketika pakai masker biasanya supaya hasilnya nanti maksimal dan merata.
  • Untuk hasil terbaik, boleh didiamkan semalaman, baru esok paginya saat bangun langsung cuci wajah dengan air hangat lalu dilanjut dengan membasuh menggunakan air dingin.

 

MANFAAT TOMAT UNTUK KESEHATAN DAN PENGOBATAN

Disamping manfaat tomat dalam perawatan kulit wajah seperti di atas, ternyata buah tomat juga efektif untuk mencegah penyakit, pengobatan dan pemeliharaan kesehatan secara umum. Untuk menggunakannya mudah saja, anda bisa membuatnya menjadi jus tomat, atau dengan mengkonsumsinya secara langsung, atau dijadikan sebagai sayuran.

Berikut ini adalah manfaat atau khasiat buah tomat untuk kesehatan :

1. Tomat bermanfaat untuk menormalkan tekanan darah.
Mengurangi asupan natrium sangat penting untuk menurunkan tekanan darah tinggi bagi penderita hipertensi, namun meningkatkan asupan kalium juga mungkin sama pentingnya karena efek vasodilatasinya. Menurut literatur, asupan kalium tinggi dikaitkan dengan penurunan risiko kematian dari semua penyebab hingga 20%. Dalam hal ini tomat juga tinggi akan kandungan kalium. Baca juga : buah obat darah tinggi

2. Tomat bermanfaat menurunkan resiko Kanker.
Karena tomat mengandung berbagai antioksidan kuat seperti vitamin C dan likopen, maka sering makan tomat bisa membantu mencegah pembentukan radikal bebas yang telah diketahui bisa menyebabkan kanker, termasuk jenis yang paling umum yaitu kanker prostat, dan kanker kolorektal(kanker usus). Likopen dalam tomat dikaitkan menurunkan resiko kanker prostat, sementara betakaroten yang tinggi pada tomat dikaitkan dengan pencegahan kanker kolorektal. Menurut American Cancer Society , beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa orang dengan diet kaya tomat mungkin memiliki risiko lebih rendah terhadap jenis kanker tertentu, terutama kanker prostat, kanker paru, dan kanker kolorektal. Penelitian lebih lanjut berbasis manusia masih diperlukan untuk mengetahui apa sebenarnya peran likopen dalam pencegahan atau pengobatan kanker.

3. Tomat bermanfaat menyehatkan jantung.
Serat, kalium, vitamin C, dan, kolin adalah senyawa yang ditemukan dalam jumlah cukup baik pada buah tomat, dan semuanya sangat diperlukan untuk mendukung  kesehatan jantung. Baca juga : obat penyakit jantung

4. Tomat bermanfaat mencegah sembelit.
Sembelit adalah kondisi yang sangat menyiksa, dan jika sering terjadi bahkan bisa meningkatkan resiko kanker usus. Makan makanan yang tinggi kandungan air dan serat seperti halnya tomat bisa membantu untuk terhidrasi dan melancarkan BAB. Serat sangat penting untuk meminimalkan kejadian sembelit dan mengeluarkan seluruh feses tanpa tersisa.

5. Tomat bermanfaat mengendalikan kadar gula pada penderita diabetes.
Penelitian telah menunjukkan bahwa penderita diabetes tipe dengan diet tinggi serat memiliki kadar glukosa darah yang rendah, dan pada diabetes tipe 2 mungkin mendapatkan manfaat untuk kadar gula darah, lipid, dan kadar insulin. Secangkir tomat menyediakan sekitar 2 gram serat.

7. Tomat bermanfaat meremajakan Kulit.
Keberadaan Kolagen(zat yang mendukung kulit), keberadaannya sangat bergantung pada vitamin C. Hal ini karena vitamin C adalah nutrisi penting yang bekerja dalam tubuh sebagai antioksidan, yang berguna untuk mencegah kerusakan kulit akibat panas matahari, polusi, kerutan, dan secara keseluruhan meningkatkan tekstur kulit.

8. Manfaat bagi kehamilan.
Tomat mengandung folat, dimana nutrisi yang bernama folat ini sangat terutama bagi wanita hamil. Hal ini berguna untuk melindungi janin dari resiko cacat tabung saraf.

9. Mengurangi risiko penyakit stroke
Sebuah studi di Finlandia menyebutkan bahwa mengonsumsi banyak likopen dari tomat sangat terkait dengan penurunan risiko stroke hingga 65 persen.

10. Menyehatkan mata
Penderita mata minus sering disarankan untuk konsumsi buah tomat agar minusnya tidak bertambah. Tahukah alasannya? Tomat sudah dikenali banyak orang sebagai buah yang mampu menyehatkan mata karena di dalamnya terdapat kandungan vitamin A yang banyak, ditambah dengan sejumlah nutrisi lain seperti niacin, thiamine, dan asam folat. Antara satu dengan yang lain bekerja sama untuk menyembuhkan gangguan kesehatan pada mata.

11. Menurunkan risiko serangan jantung
Khasiat ini baru terbukti pada tikus. Tikus yang diberikan likopen memiliki tekanan darah yang lebih bagus dan memiliki lebih sedikit jaringan yang rusak, setelah terkena serangan jantung. Sayangnya, studi yang melibatkan manusia belum dilakukan. Untuk studi yang melibatkan manusia, likopen dipercaya dapat meningkatkan harapan hidup penderita gagal jantung. Namun seperti penyakit lainnya, diperlukan bukti ilmiah lebih kuat mengenai hal ini.

12. Menurunkan kolesterol
Jus tomat diduga mampu mengurangi kolesterol jahat sebanyak 10 persen. Syaratnya cukup dengan mengonsumsi 25 miligram likopen per hari. Hanya saja karena studi ini masih terbilang baru, maka hasilnya pun masih membutuhkan penelitian lebih mendalam.

13. Meminimalisasi risiko kanker prostat
Konsumsi 10 porsi tomat atau lebih dalam seminggu diduga mampu memangkas risiko terkena kanker prostat hingga 18 persen. Hal ini diperkirakan karena likopen adalah antioksidan yang melindungi sel dari kerusakan.Jika Anda ingin mengonsumsi jus tomat sesuai anjuran ini, pastikan juga untuk menjalani gaya hidup sehat, seperti olahraga secara teratur dan hentikan kebiasaan merokok.

Terkait :
Manfaat lidah buaya untuk kesehatan

BAGIKAN ARTIKEL INI :

No comment for Khasiat Manfaat Tomat Untuk Kecantikan Dan Kesehatan Lengkap

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: dilarang meng copy bro !!