Menu Click to open Menus
Home » Penyakit Jantung » Jenis Penyakit Jantung Yang Wajib Anda Ketahui

Jenis Penyakit Jantung Yang Wajib Anda Ketahui

(233 Views) April 20, 2017 1:58 am | No comment

Jenis penyakit jantung ada banyak macamnya. Para penderitanya sering kali terkena lebih dari satu gangguan ( komplikasi ). Berikut ini adalah beberapa jenis penyakit jantung yang sering dijumpai di sekitar kita, seperti berikut ini :

1. Aterosklerosis. Penyakit jantung yang terjadi sebagai akibat dari penebalan dinding arteri sebelah dalam karena endapan plak ( lemak, kolesterol, dan buangan sel lainnya) sehingga menghambat dan menyumbat pasokan darah ke sel – sel otot. Aterosklerosis dapat terjadi pada bagian seluruh tubuh.

Salah satu gejala penyakit jantung aterosklerosis adalah angina pektoris, yaitu rasa nyeri atau tidak enak di daerah jantung dan dada karena berkurangnya pasokan darah ke otot jantung.

2. Jantung koroner ( coronary artery disease ) atau penyakit jantung iskemik. Penyakit jantung ini terjadi apabila aterosklerosis terjadi pada dinding artery jantung, maka dari itu disebut penyakit jantung koroner atau penyakit jantung iskemik.

3. Infark miokard akut. Penyakit jantung yang terjadi karena adanya kematian otot jantung, sebagai akibat dari penyumbatan pada arteri koroner. Otot – otot jantung yang tidak disuplai darah akan mengalami kerusakan atau kematian mendadak.

4. Kardiomiopati. Penyakit jantung yang terjadi karena adanya kerusakan atau gangguan otot jantung sehingga menyebabkan dinding – dinding jantung tidak bergerak sempurna dalam menyedot dan memompa darah.

5. Arritmia. Penyakit jantung yang terjadi karena irama jantung tidak normal. Hal ini disebabkan oleh gangguan rangsang dan penghantaran rangsang jantung ringan maupun berat.

6. Gagal jantung kongestif. Penyakit jantung yang terjadi karena ketidakmampuan jantung untuk memompa darah secara efektif ke seluruh tubuh. Jantung dikatakan gagal bukan karena berhenti bekerja, namun karena tidak memompa sekuat yang seharusnya. Akibatnya, darah bisa berbalik ke paru – paru dan bagian tubuh lainnya.

Fibrilasi atrial. Penyakit jantung ini terjadi karena adanya gangguan ritme listik jantung yang mengganggu atrial. Gangguan impuls listrik ini menyebabkan kontraksi otot jantung tidak beraturan dan memompa darah secara tidak efisien. Akibatnya, atrium jantung tidak sepenuhnya mengosongkan darah menuju ke serambi ( ventrikel ).

7. Inflamasi jantung. Penyakit jantung ini terjadi karena racun atau infeksi. Inflamasi jantung dapat terjadi pada dinding jantung ( miokarditis ), selaput yang menyelimuti jantung ( perikarditis ), atau bagian dalam ( endokarditis ).

8. Penyakit jantung rematik. Penyakit jantung ini terjadi karna adanya kerusakan pada katup jantung karena demam rematik yang disebabkan oleh bakteri streptokokos.

9. Kelainan katup jantung. Penyakit jantung yang terjadi karena terganggunya aliran darah dalam jantung. Hal ini disebabkan oleh adanya kelainan pada katup jantung, misalnya : pengecilan ( stenosis ), kebocoran ( regurgiasai ), atau tidak menutup dengan sempurna ( prolepsis ). Kelainan katup jantung dapat terjadi sebagai bawaan sejak lahir, maupun karena infeksi dan efek samping dari pengobatan.

Demikianlah jenis – jenis penyakit jantung, jika anda adalah penderita penyakit jantung, mungkin salah satu jenis penyakit jantung di atas sesuai dengan gejala penyakit jantung yang anda alami.

INFO :

Asuransi unit link menghindarkan anda dari risiko kerugian finansial akibat penyakit jantung. Pelajari rahasia membeli asuransi prudential Indonesia unit link. Pelajari informasi selanjutnya tentang asuransi prudential.

BAGIKAN ARTIKEL INI :

No comment for Jenis Penyakit Jantung Yang Wajib Anda Ketahui

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: dilarang meng copy bro !!