Menu Click to open Menus
Home » Stroke » Jenis Cara Terapi Untuk Mengobati Penyakit Stroke

Jenis Cara Terapi Untuk Mengobati Penyakit Stroke

(256 Views) April 18, 2017 6:41 am | No comment

Jenis terapi penyakit stroke. Penyakit stroke adalah salah satu penyakit berat yang popular di Indonesia bahkan di dunia. Dewasa ini penyakit stroke bukan lagi identik dengan usia tua, ternyata orang – orang usia muda yang masih produktif juga potensial terserang stroke, apalagi termasuk dalam kategori kondisi pada faktor risiko stroke. Stroke itu sendiri sebenarnya ada fase dan tikatannya, sehingga berbeda pula tingkatan cara terapi dan pengobatan stroke.

Pada saat orang terserang stroke, maka akan terjadi kerusakan fungsi otot dan syaraf, jika tidak dipulihkan akan terjadi kecacatan fisik secara permanen. Untuk memulihkannya perlu dilakukan terapi untuk mengembalikan fungsi otot – otot dan syaraf yang telah rusak. Ada beberapa jenis terapi yang dikenal luas untuk memulihkan kondisi pasca terserang stroke :

  • Terapi basic : fisioterapi, yaitu melatih otot motorik yang tidak dapat berfungsi dengan baik agar tidak mengalami atropi ( penyusutan ), mengoptimalkan fungsi otot, serta merangsang perbaikan syaraf.
  • Terapi verbal. Terapi ini bertujuan mengembalikan kemampuan berbicara yang terganggu atau tidak dapat berbicara dengan baik setelah terserang stroke.
  • ADL ( Activities Daily Living ). Melatih kemampuan untuk melakukan aktifitas pribadi sehari – hari seperti : mengancingkan baju, membuka celana, menyisir rambut, dan lainnya.
  • Terapi air ( Hidroterapi ). Terapi ini dilakukan untuk melatih motorik dengan berbagai gerakan – gerakan yang dilakukan di dalam air atau kolam renang.
  • Terapi social. Melatih kemampuan untuk berinteraksi dengan orang lain.
  • Terapi music. Terapi ini dilakukan untuk mendapatkan kembali ingatan verbalnya yang terganggu setelah terkena serangan stroke.

Dibutuhkan penangan yang cepat dan tepat untuk mengobati penyakit stroke agar penyakit ini lebih mudah perawatannya. Ada beberapa gejala atau tanda stroke yang khas yang perlu anda konsultasikan dengan dokter, ini adalah tindakan cerdas agar kondisi yang lebih buruk dapat diantisipasi dengan baik.

BAGIKAN ARTIKEL INI :

No comment for Jenis Cara Terapi Untuk Mengobati Penyakit Stroke

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: dilarang meng copy bro !!